SOSIALISASI TENTANG PENGEMBANGAN UMKM SECARA DIGITAL MELALUI E-COMMERCE KEPADA PARA PELAKU UMKM DI DESA DANGIN PURI KELOD

Putu Eva Ditayani Antari, I Wayan Ardita

Abstract


Pemanfaatan E-commerce menjadi strategi yang efektif dalam meningkatkan daya saing UMKM di era digital. Namun, masih banyak pelaku UMKM yang belum memahami manfaat serta cara mengoptimalkan penggunaan platform digital dalam bisnis mereka. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi dan pelatihan mengenai penggunaan E-commerce bagi UMKM agar mereka dapat memasarkan produk secara lebih luas dan meningkatkan penjualan. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini meliputi seminar, workshop interaktif, dan pendampingan teknis. Materi yang diberikan mencakup pengenalan E-commerce, strategi pemasaran digital, serta praktik langsung dalam pembuatan toko online di berbagai platform. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman peserta mengenai E-commerce, dengan beberapa UMKM berhasil membuat toko online dan menerapkan strategi digital marketing. Kesimpulannya, sosialisasi ini memberikan dampak positif dalam meningkatkan literasi digital UMKM, namun masih dibutuhkan pendampingan lanjutan untuk memastikan keberlanjutan implementasi E-commerce dalam bisnis mereka.


Keywords


E-commerce, UMKM, Sosialisasi, Digital Marketing, Transformasi Digital

Full Text:

PDF

References


Cisila, S. (2019). Revolusi Industri 4.0 Merupakan Peluang Dan Tantangan Bisnis Bagi Generasi Milenial Di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ekonomi Untidar, 555–563. https://jurnal.untidar.ac.id/index.php/semnasfe/article/view/2111

Indonesia, Y. (2023). 7 tantangan utama pelaku UMKM dalam mengembangkan usaha di era digital. YUKK Payment Gateway.

Jeffri, M., Chandra, A., & Nengsih, M. K. (2024). Pelatihan Manajemen Strategi Dan Organisasi Bisnis Pada UMKM Makanan Khas Bengkulu “ Kue Bay Tat Rieka II ” Di Kota Bengkulu. 3(2), 57–61.

Ludbiyanto, O. X., & Pratiwi, T. K. (2023). Pentingnya Manajemen Pemasaran bagi Pelaku UMKM di Kelurahan Wonorejo, Kecamatan Rungkut, Kota Surabaya. Jurnal Masyarakat Mengabdi Nusantara, 2(3), 30–36.

M. Amir Nasution. (2019). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Alat Kesehatan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Pt. Dyza Sejahtera Medan. Jurnal Warta Edisi 59. https://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/juwarta/article/view/353/346

Moerdijat, L. (2023). Segera atasi kendala dalam transformasi digital di sektor UMKM. Mpr.Go.Id. 17 Mucharomah, N. L. (2023). Survei: 70% UMKM lokal di Indonesia kesulitan memasarkan produk. DailySocial.

Putra, T. W. A., Solechan, A., & Hartono, B. (2023). Transformasi Digital Pada UMKM Dalam Meningkatkan Daya Saing Pasar. Jurnal Informatika Upgris, 9(1), 7–12. https://doi.org/10.26877/jiu.v9i1.15096

Ramli, R. R., & Ika, A. (2022). Hasil riset Tunjukan Baru 20 Persen. Kompas.Com.

Yusmaniarti, Nengsih, M. K., & Herfianti, M. (2023). Penguatan Kelembagaan Perkoperasian Bagi SDM Koperasi Wanita Kelompok Usaha Lemang Tapai Kota Bengkulu. Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 26–32.

Zaenal Asikin, M., & Fadilah, M. O. (2024). Masa Depan Kewirausahaan dan Inovasi: Tantangan dan Dinamika dalam Era Digital. Jurnal Syntax Admiration, 5(1), 303–310. https://doi.org/10.46799/jsa.v5i1.1023.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v8i7.2988-2994

Refbacks

  • There are currently no refbacks.