PENGUATAN MODERASI BERAGAMA BAGI MAHASISWA IAIN TERNATE DALAM MENANGKAL RADIKALISME

Mustamin Giling, Adiyana Adam, Burhan Burhan, Asmiraty Asmiraty, Asep Hedi Turmudi, Nirwan Umasugi, Muhrim Djakat

Abstract


Radikalisme di kalangan mahasiswa menjadi tantangan serius dalam menjaga harmoni sosial dan keberagaman di lingkungan akademik. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memperkuat moderasi beragama bagi mahasiswa IAIN Ternate guna menangkal paham radikal. Kegiatan ini menggunakan pendekatan Service Learning (SL) dengan dua metode utama, yaitu aksi nyata di masyarakat dan refleksi akademik. Mahasiswa terlibat dalam diskusi interaktif, lokakarya, serta kampanye moderasi beragama yang diterapkan di lingkungan kampus. Hasil evaluasi melalui pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman mahasiswa terhadap konsep moderasi beragama (dari 62% menjadi 89%), sikap toleransi (dari 70% menjadi 91%), serta kesadaran akan bahaya radikalisme (dari 58% menjadi 87%). Selain itu, kesiapan mahasiswa untuk menjadi agen moderasi beragama meningkat dari 55% menjadi 85%. Program ini menunjukkan efektivitas pendekatan SL dalam membangun pemahaman kritis dan kesadaran mahasiswa terhadap pentingnya moderasi beragama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.


Keywords


Moderasi Beragama, Radikalisme, Service Learning

Full Text:

PDF

References


Adam, A., Fitrianto, A. R., Usman, A. H., Aksan, S. M., & Zaini, M. (2024). Evaluation of the Implementation of the Annual Conference of Education Culture and Technology ( ACECT ) 2022 Using the Model Outcome-Based Evaluation ( OBE ). Education Spesialist. Journal Of Tinta Emas, 2(1), 21–26. https://doi.org/10.59535/es.v2i1.298

Adam, A., Syawal, Z., Djasman, C. H., & Akhsan, M. (2024). Evaluation of The Implementation of Community- Based Independent Curriculum in Madrasah in The City of Tidore Islands. Golden Ratio. SOCIAL SCIENCE AND EDUCATION, 4(2), 94–103. https://doi.org/https://doi.org/10.52970/grsse.v4i2.832

Adiyana. Adam, Sebe, K. M., Limatahu, K., & Jaohar, Y. (2023). Program evaluation of independent Campus learning program in IAIN Ternate Kirkpatrick Model. International Journal of Trends In Mathematics Educaton Research, 6(2), 170–176.

Agus, Nurrahma Asnawi, Adiyana Adam, A. B. S. (2023). THE INFLUENCE OF SUPERVISOR UNDERSTANDING ON IRE TEACHER PERFORMANCE IN STATE JHS IN BONE REGENCY. Didaktika Religia: Journal of Islamic Education, 11(2), 187–206.

Astuti, W. (2020). "Implementasi Model Service Learning dalam Pendidikan Moderasi Beragama." Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 5(1), 45-60.

Darmawati, D. M., Busyra, N., Latief, J., & Alimudin, M. (2024). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Canva Melalui Metode Service Learning Guru-Guru Sekolah Dasar. TAAWUN, 4(02), 253-266.

Dayu, S. P. (2025). Penguatan Pembinaan Mental Di Lingkungan Universitas Dalam Upaya Pencegahan Pengaruh Faham Radikalisme. Jurnal Education And Development, 13(1), 817-823.

Dinda permatasar, Hasriyanti Fatmona, Nazwa Yusri, Anggun Nataya idrus, Sufatri Nurlatu, Zainal Abidin Marasabessy, A. A. (2024). PELATIHAN BASIC TRAINING MENDELEY : MENINGKATKAN KETERAMPILAN REFERENSI. Martabe,Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(10), 3824–3829. https://doi.org/10.31604/jpm.v7i10.3824-3829

Haryono, E., Al Murtaqi, M. R., Izzah, A. N. L., Septian, D., & Sariman, S. (2024). Metode-Metode Pelaksanaan PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) Untuk Perguruan Tinggi. Al Fattah Ejournal Sma Al Muhammad Cepu, 5(02), 1-21.

Kamarun M Sebe, Adiyana Adam, Chaerunnisa Humairah Djasman, Sahjad M Aksan, M. J. (2024). Peningkatan Kompetensi Guru Madrasah Di Pulau Morotai Melalui Pelatihan Penulisan Karya ilmiah. Martabe,Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(7), 2592–2599. https://doi.org/10.31604/jpm.v7i7.2592-2599

Kementerian Agama RI. (2019). Moderasi Beragama. Jakarta: Kemenag RI.

Lambutu, N., Adam, Adiyana, A., & Waysamola, J. D. (2024). ANALISIS KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP PELAYANAN BAK DI KAMPUS IAIN TERNATE. Jurnal Pasifik Pendidikan, 03(32), 16–22.

Marasabessy, Z. A., Adam, A., Dufri, I., Werfewubun, J., & Silim, S. (2025). PELATIHAN PEMANFAATAN AI BAGI GURU DALAM MERANCANG MATERI AJAR BERBASIS TEKNOLOGI DI. MARTABE, 8(1), 79–93.

Pribadi, M. A., Bashar, S., Akmansyah, M., & Fauzan, A. (2023). Manajemen Strategi Pencegahan Radikalisme di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Kota Metro. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(02).

Primarni, A., & Aminah, S. (2024). Pendidikan Islam dan tantangan kontemporer: Strategi mengatasi radikalisme dan ekstremisme melalui pendidikan holistik. Jurnal Dirosah Islamiyah, 6(1), 56-69

Sutrisno, M., & Sunarto, M. (2021). "Peran Mahasiswa dalam Menangkal Radikalisme melalui Moderasi Beragama." Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 132-145.

Yusuf, A. (2018). Radikalisme di Kalangan Mahasiswa: Sebuah Tantangan bagi Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v8i5.1971-1982

Refbacks

  • There are currently no refbacks.