OPTIMALISASI PENDIDIKAN DAN KARAKTER SISWA MELALUI CERDAS CERMAT, PEMBELAJARAN MULTIDISIPLIN, DAN JUM’AT IBADAH

Ismail Ismail, Muh. Naufal Israq Ar-Rahman, Siti Hartina, Asraf Anugrah, Irwanto Ashar, Munawwara Munawwara, Rosika Indri Karadona

Abstract


Pendidikan memiliki peran penting dalam meningkatkan kecerdasan intelektual serta membentuk karakter yang kuat dan berakhlak mulia. Seiring dengan perkembangan zaman, pendekatan pendidikan perlu dioptimalkan agar siswa tidak hanya memiliki pemahaman akademik yang baik, tetapi juga mampu mengembangkan nilai-nilai moral, sosial, dan spiritual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran multidisiplin meningkatkan pemahaman siswa dengan menghubungkan berbagai bidang ilmu secara interaktif dan aplikatif. Program Jum’at Ibadah berhasil membangun kesadaran spiritual dan sikap disiplin siswa dalam menjalankan ibadah serta meningkatkan kepedulian sosial mereka. Sementara itu, Lomba Cerdas Cermat terbukti efektif dalam meningkatkan daya saing akademik siswa, keterampilan berpikir kritis, serta kepercayaan diri mereka dalam kompetisi berbasis pengetahuan. Dengan demikian, kombinasi ketiga program ini mampu menciptakan lingkungan belajar yang holistik, yang tidak hanya meningkatkan prestasi akademik siswa, tetapi juga membentuk karakter yang berintegritas, disiplin, dan memiliki kepedulian sosial yang tinggi. Implementasi metode ini diharapkan dapat menjadi strategi yang efektif dalam pengembangan pendidikan yang seimbang antara aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik.


Keywords


Pendidikan Karakter, Cerdas Cermat, Pembelajaran Multidisiplin, Jum’at Ibadah, Participatory Action Research.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, N. M., Adam, A., & Musa, M. H. (2024). Penerapan Metode Menghafal Al-Qur'an Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa Di Mtsn 3 Tidore. Jurnal Pasifik Pendidikan, 3(3), 167-174.

Ariyanti, N., Marleni, & Prasrihamni, M. (2022). Analisis Faktor Penghambat Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I di SD Negeri 10 Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 1450–1455. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/5462

Husni Fauzi, Yayan Hendayana, Nurul Rahmah, Berliana Febrianti, Adela Rizkha, Diana Noviyanti, Evi Permatasari, Arya Bayu Sayeti, Muhamad Ramdan, Maiyona Dannisya, & Alfia Dwi Cahyani. (2023). Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Kuliah Kerja Nyata (Kkn) Di Desa Srimukti Kabupaten Bekasi. SAFARI :Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(3), 155–166. https://doi.org/10.56910/safari.v3i3.722

Kartina, K., Zakariah, A., & Novita, N. (2024). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Mengembangkan Potensi Intelektual Peserta Didik. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(7), 2901-2907.

Kementrian Hukum dan HAM. (2012). UU RI No. 12/2012 tentang Pendidikan Tinggi. Undang Undang, 18.

Morales, M. P. E. (2016). Participatory action research (PAR) cum action research (AR) in teacher professional development: a literature review. International Journal of Research in Education and Science, 2(1), 156-165.

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v8i5.1963-1970

Refbacks

  • There are currently no refbacks.