PENGABDIAN MASYARAKAT DALAM PENGUATAN PENDIDIKAN KEAGAMAAN DAN SOSIAL

Fitriani Fitriani, Rahmatiah Rahmatiah, Diyan Hardianti Ilyas, Andi Sukmawati Atjo, Syamsinar Syamsinar, Nurhimaya Nurhimaya, ST Rahmawati Tamrin

Abstract


Kegiatan pengabdian masyarakat bertajuk "Sinergi Mahasiswa PIAUD Membawa Perubahan di TPQ Kampung Pemulung Biringkanaya" bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan agama bagi anak-anak di lingkungan tersebut. Program ini dilaksanakan dengan pendekatan Participatory Action Research (PAR) yang melibatkan mahasiswa, tenaga pengajar TPQ, serta masyarakat setempat. Berbagai kegiatan dilakukan, seperti pelatihan metode pembelajaran kreatif, penyediaan media pembelajaran interaktif, dan pendampingan langsung dalam proses belajar mengajar. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar santri, keterampilan mengajar guru TPQ, serta meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap pentingnya pendidikan agama. Program ini tidak hanya berdampak positif bagi anak-anak santri, tetapi juga memberikan pengalaman berharga bagi mahasiswa dalam menerapkan ilmu yang diperoleh di bangku kuliah ke dalam praktik nyata. Dengan demikian, diharapkan sinergi antara mahasiswa, tenaga pendidik, dan masyarakat dapat terus berlanjut untuk menciptakan perubahan positif yang berkelanjutan dalam pendidikan agama di Kampung Pemulung Biringkanaya.


Keywords


Pengabdian masyarakat, pendidikan agama, TPQ, metode pembelajaran, partisipasi masyarakat

Full Text:

PDF

References


Bustamam, R., Hafizzullah, H., Amril, D., Perdana, Y. I., & Dalil, F. Y. M. (2024). Pendampingan peningkatan manajemen dan kurikulum rumah tahfizh di Nagari Pasilihan Sumatera Barat. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 8(4), 4007-4020.

Murjoko, A., & Saputra, A. (2024). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT YANG BERBASIS AGAMA DAN KEARIFAN LOKAL DALAM PELAKSANAAN PKM KELOMPOK 2 DESA NAGACIPTA KECAMATAN SERANG BARU KABUPATEN BEKASI. Khazanah, 4(1), 23-36.

Nasser, A. A., Arifudin, O., Barlian, U. C., & Sauri, S. (2021). Sistem penerimaan siswa baru berbasis web dalam meningkatkan mutu siswa di era pandemi. Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, 7(1), 100-109.

Qomar, M. N., Karsono, L. D. P., Aniqoh, F. Z., Aini, C. N., & Anjani, Y. (2022). Peningkatan kualitas umkm berbasis digital dengan metode participatory action research (Par). Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 74-81.

Rahayu, A. P., Muhammad, F. R., Sabarudin, M., & Murharyana, M. (2023). MEMBANGUN KESADARAN SOSIAL MAHASISWA STAI DARUL FALAH MELALUI PARTISIPASI DALAM KEGIATAN BAKTI SOSIAL DONOR DARAH. Jurnal Al Maesarah, 2(2), 27-37.

Sari, N. F., Rambe, B. H., Ritonga, I. A., Aritonang, Y. B., & Fauziah, R. (2024). Peningkatan literasi membaca melalui kolaborasi guru, orang tua, dan siswa di SD TPI Janji Rantauprapat. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan, 4(6).

Wekke, I. S. (2022). Metode Pengabdian Masyarakat: Dari Rancangan ke Publikasi. Penerbit Adab.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v8i5.1951-1962

Refbacks

  • There are currently no refbacks.