PELATIHAN PEMASARAN PRODUK MELALUI WEBSITE GUNA MENINGKATKAN VISIBILITAS USAHA MIKRO SB GALLERY KERAJINAN SENI BUDAYA LOKAL REOG PONOROGO

Lutfy Ditya Cahyanti, Mohammad Syifa Urrosyidin, Vina Fithriana Wibisono, Khoirul Umam, Meitria Cahyani

Abstract


Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk melatih dan membina mitra Usaha Mikro Kerajinan Seni Budaya Lokal Reog Ponorogo di SB Gallery Ponorogo dalam hal pemasaran produk melalui penggunaan website. Pelatihan ini dilatarbelakangi oleh SB Gallery yang belum memiliki website untuk mengenalkan brand dan memasarkan produk kerajinan seni budaya Reog Ponorogo, serta terbatasnya keterampilan digitalisasi agar mampu meningkatkan visibilitas secara luas baik lokal maupun internasional. Metode yang diterapkan adalah pelatihan intensif kepada mitra melalui sosialisasi dan pendampingan terkait pemasaran melalui website. Lokasi pelatihan ini berada di Kelurahan Kepatihan, Kecamatan Ponorogo, Kabupaten Ponorogo. Hasil pada pengabdian ini yaitu menciptakan website resmi dengan profil usaha yang menarik melalui pelatihan pemasaran menggunakan website secara profesional dan menunjukkan adanya peningkatan visibilitas pemasaran produk kesenian reog ponorogo pada SB Gallery secara luas. Selain itu, melalui pelatihan ini, SB Gallery dapat mengenalkan brand seni kebudayaan lokal reog ponorogo dengan memasarkan produknya secara luas serta dunia digital melalui teknologi digital berbasis website.

Keywords


pelatihan; pemasaran; website; usaha mikro; reog ponorogo

Full Text:

PDF

References


Agung, I. G., Bianca, I., Saraswati, G., Ngurah, I. G., & Cahyadi, A. (2024). Pemanfaatan Google Analytics Sebagai Upaya Optimasi UX Untuk Meningkatkan Konversi Pada Website. 12(3), 605–612.

Aini, R., & Wati, F. (2023). Peran Digitalisasi dalam Pengembangan UMKM di Indonesia. JOSEE: Journal of College Student’s Intellectual, 01(02), 25–32.

Arief, S., Ahmadi, S. N., Kamaluddin, I., & Wibisono, V. F. (2024). The Entrepreneurial Practice Behavior of Chinese Group Business in Indonesia: Contextualization from Islamic Business Ethics. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 10(2), 1938–1948. https://doi.org/10.29040/jiei.v10i2.12771

Chaffey, D., & Chadwick, F. E. (2019)

. Digital Marketing (Pearson (ed.)).

Hakim, L. M. (2018). Batik Sebagai Warisan Budaya Bangsa dan Nation Brand Indonesia. Nation State Journal of International Studies, 1(1), 61–90. https://doi.org/10.24076/nsjis.2018v1i1.90

INDEF. (2024). Peran Platform Digital Terhadap Pengembangan UMKM di Indonesia.

Putra, M. Y. (2020). Responsive Web Design Menggunakan Bootstrap Dalam Merancang Layout Website. INFORMATION SYSTEM FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS : Journal of Information System, 5(1), 61–70.

Putri, V. K. M. (2025). Reog Ponorogo: Pengertian, Asal, Sejarah, Pementasan, dan Tokohnya. Kompas.Com. https://www.kompas.com/skola/read/2022/09/20/120000469/reog-ponorogo--pengertian-asal-sejarah-pementasan-dan-tokohnya?page=all

Rowles, D., & Brown, T. (2017). Building Digital Culture: A Practical Guide to Successful Digital Transformation (illustrate). Kogan Page.

Sari, W. (2018). Digital Literacy on the Searching Problem With Google. Jurnal Penelitian Pers Dan Komunikasi Pembangunan, 22(2), 135–147.

SB Gallery. (2025). Sekilas Tentang SB Gallery. Galerisb.Com. https://galerisb.com/tentang-kami/

Siska Narulita, Prihati, P., Priyambodo, A., Aditya, G., & Safari, T. (2023). Digital Marketing melalui Pemanfaatan Landing Page untuk Kelompok Usaha Kecil. Jurnal Pengabdian Masyarakat (JUDIMAS), 1(1), 7–13. https://doi.org/10.54832/judimas.v1i1.75

Susilowati, H., Ratnaningrum, R., Andriana, M., Hargyatni, T., & Sholihah, E. (2022). Kinerja Bisnis UMKM di Era Digital. CV Eureka Media Aksara.

Vafainia, S., Breugelmans, E., & Bijmolt, T. (2019). Calling Customers to Take Action: The Impact of Incentive and Customer Characteristics on Direct Mailing Effectiveness. Journal of Interactive Marketing, 45(January), 62–80. https://doi.org/10.1016/j.intmar.2018.11.003

Zenia Rabbil, M., Arwani, A., Permata Sari, I., & Sandora, N. (2023). Strategi Pemasaran Digital Untuk UMKM Bismatik Di Era E-Commerce. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 1(3), 124–134. https://doi.org/1047467/elmal.v5i11.5791




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v8i6.2637-2644

Refbacks

  • There are currently no refbacks.