LOKAKARYA GURU SDN LESANPURO 1: PENGUATAN NUMERASI DALAM PEMBELAJARAN

Intan Sari Rufiana, Slamet Arifin, Ratna Ekawati, Aynin Mashfufah, Fierda Nursitasari Amaliya, Mohammad Yusuf Randy

Abstract


Pengabdian ini menggunakan metode Participatory Action Research (PAR) yang memungkinkan keterlibatan aktif guru dalam proses lokakarya untuk memperkuat kemampuan numerasi siswa. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa seluruh tahapan kegiatan dapat diselesaikan dengan baik, dan pelaksanaan berjalan lancar. Berdasarkan angket yang diisi oleh peserta, sebanyak 58.3% menyatakan setuju dan 41.7% sangat setuju bahwa kegiatan ini efektif. Mayoritas guru mengakui pelatihan ini memperdalam pemahaman mereka dalam mengembangkan kemampuan numerasi siswa, dengan 66.7% menjawab sangat setuju dan 33.3% setuju. Sebanyak 83.3% guru sangat setuju bahwa pelatihan ini meningkatkan kompetensi mereka, sementara 16.7% menyatakan setuju. Selain itu, pemaparan materi oleh narasumber dianggap jelas oleh 58.3% guru yang menjawab setuju dan 41.7% yang sangat setuju. Pemateri juga dinilai menguasai topik dengan baik, ditunjukkan oleh 50% responden yang setuju dan 50% yang sangat setuju. Materi yang disampaikan membantu guru merancang kegiatan untuk penguatan numerasi siswa, dengan 58.3% menyatakan setuju dan 41.7% sangat setuju. Partisipasi aktif terlihat dengan 83.3% guru aktif dalam diskusi dan tanya jawab, dan sisanya menunjukkan keaktifan yang sangat tinggi.

Keywords


Participatory Action Research, Kemampuan Numerasi, Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Cornish, F., Breton, N., Moreno-tabarez, U., Delgado, J., Rua, M., Aikins, A., & Hodgetts, D. (2023). Participatory action research. 0123456789. https://doi.org/10.1038/s43586-023-00214-1

Ginsburg, L., Manly, M., & Schmitt, M. J. (2006). The Components of Numeracy. National Center for the Study of Adult Learning and Literacy, December, 1–79. http://eric.ed.gov/?id=ED495440

Hammond, L. D., Hyler, M. E., & Gardner, M. (2017). Effective Teacher Professional Development in the evolution of human and non-human animals. Learning Policy Institute, June.

Mas, S. R. (2008). Profesionalitas Guru Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Inovasi, 5(2), 1–10. https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JIN/article/view/797/74

McIntosh, A., Reys, B. J., & Reys, R. E. (1997). Number Sense: Simple Effective Number Sense Experiences in the Middle Years. Australian Council for Educational Research.

Murtafiah, W., Krisdiana, I., Fitria, R. N., Ningrum, P. P., & Subeqi, E. F. (2023). Pendampingan Guru Sekolah Dasar untuk Penguatan Literasi Numerasi Siswa melalui Proyek Kolaborasi. Jurnal Abdimas Patikala, 2(3), 694–703. https://etdci.org/journal/patikala/article/view/722/385

Nadhiroh, S., & Anshori, I. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Fitrah:Journal of Islamic Education, 4(1), 56–68. https://doi.org/https://doi.org/10.53802/fitrah.v4i1.292

Nafisa, M. D., & Fitri, R. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi di Lembaga PAUD. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 6(2), 179–188. https://doi.org/https://doi.org/10.30605/jsgp.6.2.2023.2840

Novianti, H. (2023). Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Manager Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 9(2), 350–358. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/mapen.v9i2.1130

(OECD), O. for E. C. and D. (2019). PISA 2018 Results (Volume II): Where All Students Can Succeed. OECD Publishing.

(OECD)OECD, O. for E. C. and D. (2017). PISA for Development Assessment and Analytical Framework. In OECD Publishing.

Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2020). Perbaikan Kualitas Pembelajaran melalui Pemilihan Model Pembelajaran dan Pemanfaatan Media Ajar di Sekolah Dasar Wilayah Perbatasan. Jurnal Publikasi Pendidikan, 20(2), 125–132. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/publikan.v10i2.13846

Rakhmawati, I., & Nugrahimi, Y. (2023). Penguatan Literasi Dan Numerasi Pada SDN 4 Bungur. Journal of Human and Education, 3(2), 211–217. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jh.v3i2.19

Sullivan, P. (2011). Australian Education Review Teaching Mathematics : Using research-informed strategies. In Educational Research (Vol. 84, Issue 3).

Wei, R. C., Darling-Hammond, L., Andree, A., Richardson, N., & Orphanos, S. (2009). Professional-Learning-Learning-Profession-Status-Report-Teacher-Development-Us-and-Abroad. National Staff Development Council, 139.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v8i5.1904-1911

Refbacks

  • There are currently no refbacks.