OPTIMALISASI PEMBERDAYAAN UMKM GRESIK UNITED UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS DAN SUSTAINABLE COMPETITIVE ADVANTAGE

Ziya Ibrizah, Rosyid Nurrohman, Ahmad Hidayah, Agung Prajuliyanto

Abstract


Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu faktor penting dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia, khususnya di sektor produk domestik bruto (PDB) dan penyerapan tenaga kerja. Namun, UMKM di Indonesia masih menghadapi berbagai tantangan, seperti keterbatasan modal, rendahnya kualitas produk, serta kurangnya pengetahuan dalam branding dan pemasaran digital. Gresik United, sebagai salah satu komunitas UMKM di Kabupaten Gresik, berfokus pada pengembangan usaha kecil di bidang merchandise. Berdasarkan analisis SWOT, UMKM merchandise Gresik United menghadapi tantangan dalam hal desain produk, kualitas, serta pemasaran yang kurang optimal. Kegiatan Pengabdian pada Masyarakat ini bertujuan untuk mengoptimalkan pemberdayaan UMKM Merchandise Gresik United dengan pendekatan berbasis pelatihan, workshop, dan pendampingan, yang difokuskan pada peningkatan brand awareness dan penguatan keunggulan kompetitif berkelanjutan. Metode yang digunakan meliputi survei awal, pelatihan branding dan pemasaran digital, workshop pengembangan keunggulan kompetitif, serta pendampingan implementasi strategi. Hasil dari kegiatan ini diharapkan dapat membantu UMKM Merchandise Gresik United meningkatkan daya saing mereka di pasar lokal dan nasional, sekaligus memberikan kontribusi terhadap pemberdayaan ekonomi lokal.


Keywords


UMKM, pemberdayaan, Gresik United, merchandise, brand awareness, keunggulan kompetitif

Full Text:

PDF

References


Alwie, A.F., Hendriani, S., Efni, Y., & Roesdi, R. (2023). The evaluative survey of the development of financial performances of cooperatives and micro small and medium enterprises in Riau, Indonesia. International Journal of Business Excellence, 29 (1), 31-45.

Aulia, D., Putri, S. W., Rochmah, W. Y., Nugroho, D. N., Buana, M. F., & Amin, M. Z. (2023). Pelatihan Program Re-Branding, Brand Awareness dan Digitalisasi Marketing pada UMKM PKK Kelurahan Sedati Gede. Abdi Masyarakat, 5 (1), 2609-2072.

Fitri, A. (2020). Understanding The Challenges and Opportunities of Financial Technology to Enabling Smes Potential. TECHNOBIS, 3 (1), 30-44.

Fitriawardhani, T., Nurany, F., Sodik, A., Mahabbah, A., & Ramadhani, E. J. (2024). Pemberdayaan UMKM Minuman Sehat Kampung Dukuh Pakis Melalui Digital Marketing Campaign. JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian dan Penerapan IPTEK), 8(2), 143-156.

Judijanto, L., & Nurrohman, R. TRANSFORMING THE BUSINESS WORLD: ANALYSIS OF SUSTAINABLE BUSINESS IMPLEMENTATION AND ENVIRONMENTAL, SOCIAL, GOVERNANCE (ESG) IN GAINING INVESTOR TRUST.

Judijanto, L., Nurrohman, R., & Erwin, E. (2024). A bibliometric exploration of corporate sustainable marketing: Innovation strategy and consumer engagement. West Science Social and Humanities Studies, 2 (09), 1457–1469.

Judijanto, L., Yusniar, Y., Nurrohman, R., Sudarmanto, E., & Supriatna, E. (2024). Bibliometric review on digital economy and industry convergence: The impact of digitalization on business adaptation and innovation. West Science Interdisciplinary Studies, 2 (10), 1963–1974.

Mukhtar, S., Niken, S.I., Mariani, H., Astuti, R.D. (2018). Marketing strategy analysis of micro, small and medium enterprises of culinary field in the East Bogor region. Proceedings of the 31st International Business Information Management Association Conference, IBIMA 2018: Innovation Management and Education Excellence through Vision 2020, 1429 - 1438.

Noegroho, A.B.A. & Arif, L. (2022). Collaborative Governance dalam Pengembangan UMKM Pudak di Kecamatan Gresik Kabupaten Gresik. Journal Publicuho, 5 (4), 1405-1414.

Purnawan, A. & Hartono, K. (2017). Development of UMKM through strengthening aspect of business legality (Case Study of Weaving Industry in Central Java). International Journal of Applied Business and Economic Research, 15 (24), 415-425.

Tahta, R. (2021). ANALYSIS OF COMPETITIVE ADVANTAGE IN IMPROVING THE QUALITY OF INDONESIAN MSME PRODUCTS TO FACE THE DOMINATION OF CHINESE IMPORTED PRODUCTS IN THE ASEAN CHINA FREE TRADE AREA (ACFTA). Mediasi: Journal of International Relations, 4 (2).

Utami, T., Purnomo, B., Estiana, R., Padilah, H., Harto, B., Judijanto, L., ... & Nurrohman, R. (2024). UMKM DIGITAL: Teori dan Implementasi UMKM pada Era Society 5.0. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Werastuti, D. N. S., SE, A., Putri, R. L., SE, M., Wahyono, E., & Sos, S. (2023). Pemberdayaan UMKM Berbasis Intellectual Capital dan Corporate Social Responsibility. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v8i4.1718-1728

Refbacks

  • There are currently no refbacks.