OPTIMIZATION OF BRANDING AND MARKET EXPANSION OF MSMEs SANG RAJA PISANG IN CIBELOK VILLAGE, PEMALANG

Tri Handayani, Ari Putri Haryanti, Nunung Wulan Sari, Ardha Azizah Khakim, Arief Kurniawan, Devi Nuraisyah, Ersa Aulia Oktaviana, Isnaeni Hasanah

Abstract


Salah satu unsur penting dalam kesejahteraan penduduk Indonesia adalah perekonomian. Pendongkrak ekonomi terbesar di Indonesia berasal dari sektor UMKM. Kemampuan UMKM dalam menyerap tenaga kerja yaitu sebesar 97%. Sehingga dalam hal ini, UMKM sangat berperan penting dalam meningkatkan pemerataan ekonomi, kesejahteraan masyarakat sampai dengan meningkatkan devisa negara. Namun, masih banyak hambatan yang dilalui pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya baik berasal dari faktor kompetetisi, faktor lokasi, faktor jaringan, faktor ekonomi & teknologi serta faktor finansial. Oleh karena itu, tujuan dari Tim 2 pengabdian masyarakat ITB Adias Pemalang yaitu ingin membantu memajukan sekaligus mencari solusi untuk UMKM Indonesia terutama UMKM Sang Raja Pisang yang berlokasi di Desa Cibelok, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Kami menggunakan metode observasi dan wawancara langsung kepada pemilik usaha. Dari observasi yang dilakukan tim kami, didapat permasalahan yang dihadapi UMKM Sang Raja Pisang terutama pada branding dan juga pemasarannya. Hasil evaluasi setelah kegiatan ini menunjukan bahwa adanya perubahan dalam branding meliputi pembuatan logo, stempel, banner, profil usaha, struktur organisasi, visi dan misi, link usaha, katalog produk, titik lokasi, video produksi, promosi, dan testimoni, perhitungan HPP, pembukuan sederhana serta meluasnya ekspansi pasar untuk UMKM Sang Raja Pisang disertai MoU dengan mitra usaha.


Keywords


Branding, Kewirausahaan, Pemasaran, UMKM

Full Text:

PDF

References


Adinata, Putu Yuna, A.A.Gde Bagus Udayana, and Alit Kumala Dewi. 2022. “Desain Komunikasi Visual Sebagai Media Promosi Salon Ita Lie Di Denpasar.” Amarasi: Jurnal Desain Komunikasi Visual 3(01): 75–79. doi:10.59997/amarasi.v3i01.1049.

Andiko, Javier. 2021. “Profil Usaha Dan Karakteristik Peternakan Sapi Potong Di Kota Padang (Studi Kasus : Kelompok Usaha Tani Ternak Tunas Harapan).” : 1–63.

Anita, Siska Yuli. 2022. “Analisis Strategi Bersaing Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Masa Pandemi Covid-19 Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Pada Pelaku UMKM Keripik Pisang Di Jl. ZA. Pagar Alam).” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 8(1): 352. doi:10.29040/jiei.v8i1.3912.

Aushafina, Nadhiya Hana, and Ira Wikartika. 2023. “Pendampingan Digitalisasi Marketing Desa Kebondalem Melalui Aplikasi Google Maps: Upaya Meningkatkan Pengembangan UMKM.” Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia 4(3): 477–83. doi:10.35870/jpni.v4i3.366.

Budiasih, Yanti. 2018. “Struktur Organisasi, Desain Kerja, Budaya Organisasi Dan Pengaruhnya Terhadap Produktivitas Karyawan Studi Kasus Pada PT. XX Di Jakarta.” Liquidity 1(2). doi:10.32546/lq.v1i2.139.

Chase, R. B., N. J. Aquilano, and F. R. Jacobs. 2001. 9 Operations Management for Competitive Advantage. McGraw-Hill/Irwin.

Dewi, Yuni Ratna. 2014. “Pemahaman Karyawan Terhadap Visi, Misi Dan Tujuan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), Jakarta.” Jurnal Wacana 13(3): 246–55.

Efrilia, Yurika, and Rinanda Purba. 2022. “Perancangan Dan Penyusunan Desain Buku Katalog Woopy Clothing.” Formosa Journal of Applied Sciences 1(5): 667–74. doi:10.55927/fjas.v1i5.1480.

Franzia, Elda. 2018. “Pengaruh Sinergi Foto Profil Media Jejaring Sosial Dalam Meningkatkan Personal Branding.” Panggung 28(1). doi:10.26742/panggung.v28i1.232.

Gibson, D. 2009. 46 Choice Reviews Online The Wayfinding Handbook: Information Design for Public Places. Princeton Architectural Press. doi:10.5860/choice.46-5997.

Ginting, Andi Lopa, Lilik Sulistyowati, Fauzi Hafa, and Retno Febriyastuti Widyawati. 2023. “Strategi Pemasaran Digital Produk UMKM Paguyuban Kampung Bejo Dengan Aplikasi Linktree Dan Media Sos.” JAPI (Jurnal Akses Pengabdian Indonesia) 8(2): 193–200. doi:10.33366/japi.v8i2.5041.

M.Munir. 2005. Manajemen Kemitraan: Strategi Meningkatkan Daya Saing UKM. penerbit salemba empat.

Maharani, Nabila, and Febsri Susanti. 2023. “Kualitas Produk, Testimoni, Dan Endorsment Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Produk Emina Di Transmart Padang.” Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen (JUPIMAN) 2(2): 240–59.

Martati, Indah, and Dyah Kusrihandayani. 2020. “Prosiding 4.” Identifikasi Potensi Kemandirian UMKM di Kota Samarinda Melalui Pelatihan Manajemen Usaha: 124–29.

Morissan, M.A. 2010. Komunikasi Pemasaran Jurnal Komunikasi Pemasaran Terpadu. 1st Editio. Kencana.

Muttaqien, Fauzan, Retno Cahyaningati, Via Lailatur Rizki, and Imam Abrori. 2022. “Pembukuan Sederhana Bagi UMKM.” Indonesia Berdaya 3(3): 671–80. doi:10.47679/ib.2022287.

Oscario, Angela. 2013. “Pentingnya Peran Logo Dalam Membangun Brand.” Humaniora 4(1): 191. doi:10.21512/humaniora.v4i1.3429.

Ridho, Muhammad. 2024. “The Effect of Video Publication on Public Interest in Following Sriwijaya Ranau Gran Fondo Activities in Lake Ranau.” Journal Of Social And Political Science 1.

Rose Poloian, Lynda. 2016. Retailing Principles Customer Behavior. 10th Editi. Prentice Hall. doi:10.5040/9781501304125.ch-004.

Said A. A. 2017. “Mendesain Logo 2021.” In , 3. https://journal.unusida.ac.id/index.php/jik/article/download/36/27/75#:~:text=Definisi Logo&text=Rustan (2009%3A12) dalam,yang divisualisasikan dalam logo perusahaan.

Sari, Ratna, and Fikri Hamidy. 2021. “Sistem Informasi Akuntansi Perhitungan Harga Pokok Produksi Pada Konveksi Sjm Bandar Lampung.” Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI) 2(1): 65–73. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI.

Sopamena, Ronald Fadly. 2021. “Kekuatan Hukum MoU Dari Segi Hukum Perjanjian.” Batulis Civil Law Review 2(1): 1. doi:10.47268/ballrev.v2i1.451.

Thornton, Lee. 2007. 1 Electronic News Video Production: Disciplines and Techniques. doi:10.1080/19312430709336907.

Wardhani, Nabila Putri, Henik Prayuginingsih, and Risa Martha Muliasari. 2023. “Analisis Usahatani Pisang Agung Di Kabupaten Lumajang.” AgriAnalitics Journal E 1(2): 3026–1899.

Widjaja, Gunawan. 2017. “The Application and Implementation of " Mou " in Indonesian.” International Journal of Business, Economics and Law 13(4 (August)): 60–64.

Zuliyati, Zuliyati, and Wiwit Agus Triyanto. 2021. “Stampel Flash Bagi UMKM Percetakan.” Muria Jurnal Layanan Masyarakat 3(2)




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v8i4.1673-1683

Refbacks

  • There are currently no refbacks.