EDUKASI TENTANG PAJAK REKLAME KEPADA PELAKU USAHA UNTUK MENINGKATKAN PENERIMAAN PAJAK DAERAH KOTA SURABAYA
Abstract
Pajak merupakan sumber utama pendanaan pemerintah untuk melaksanakan pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pajak reklame, sebagai bagian dari Pendapatan Asli Daerah (PAD), memiliki peran penting dalam mendukung pembangunan Kota Surabaya. Namun rendahnya kesadaran dan pemahaman pelaku usaha terhadap reklame pajak sering menjadi kendala, seperti adanya reklame pembohong, reklame tidak terdaftar dan tunggakan pajak. Hambatan ini menghambat peningkatan penerimaan pajak yang seharusnya dapat memberikan kontribusi besar pada pembangunan kota. Sebagai solusinya, program edukasi tentang reklame pajak diterapkan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman pelaku usaha mengenai pentingnya pajak. Edukasi ini dilakukan secara langsung sehingga pelaku usaha memahami kewajiban mereka dan menyadari manfaat nyata pajak, seperti perbaikan infrastruktur dan peningkatan layanan publik. Pendidikan yang konsisten mampu mengatasi tantangan seperti kekurangan informasi dan rendahnya kepercayaan terhadap pemerintah. Akibatnya, kehadiran pelaku usaha dalam membayar pajak reklame meningkat, yang berdampak positif pada penerimaan PAD. Dengan penerimaan pajak yang lebih optimal, pemerintah dapat menyediakan fasilitas dan infrastruktur yang lebih baik untuk masyarakat. Selain itu, edukasi ini menciptakan sinergi antara pemerintah dan pelaku usaha, mendukung pembangunan kota yang berkelanjutan, tata kota yang lebih tertib, dan kesejahteraan masyarakat Surabaya. Edukasi pajak reklame terbukti menjadi langkah strategi dalam pengelolaan pajak daerah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adha, R., Pohan, R., & Aslami, N. (2023). Analisis Penerimaan Pajak Reklame Guna Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (Studi Kasus Badan Pendapatan Daerah Kota Medan). Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(12), 137–142.
Amri Amrulloh. (2022). Peningkatan Peran Pajak Dalam Pembangunan Nasional Melalui Implementasi Tax Amnesty. Jurnal Hukum Bisnis, 11, 201–206.
Asiah, S. T. (2016). Efektivitas Kinerja Guru. Tadbir : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4, 1–11.
Aulia, G., Rahmah Fahriati, A., Okta Ratnaningtyas, T., Meitania Utami, S., Dwi Pratiwi, R., Adi Ismaya, N., Purnama Sari, F., Monja, T., Kania Rahsa Puji, L., & Ayu Sabrina, P. (2021). Covid-19 Prevention Education With The Health Protocol Of 5m And The Importance Of Multivitamins During Covid-19 Pandemic. In Jurnal Abdi Masyarakat (Vol. 2, Issue 1).
Azizah, N., & Fauzany, R. (2021). Hubungan Komunikasi Informal Dengan Efektivitas Kerja Karyawan Pada Bagian Pengembangan Karir Karyawan Biro Kepegawaian Sekretariat Daerah Propinsi Jawa Barat. Edunomika, 5, 941–953.
Derajad Nur Kartikowati. (2024). Analisis Yuridis Sengketa Wajib Pajak Ketentuan Umum Dan Tata Cara Perpajakan Putusan Pengadilan Pajak. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4, 6161–6173. Https://J-Innovative.Org/Index.Php/Innovative/Article/View/13214/9211
M Taufan Umasugi. (2021). Sosialisasi Dan Edukasi Pemberian Vaksin Sebagai Upaya Trust Pada Masyarakat Kota Ambon. Journal Of Human And Education Research & Learning In Primary Education Journal Of Human And Education, 1, 5–7. Https://Kesehatan.Kontan.Co.Id/News/Inilah-Bukti-
Pohan, A. R. R., & Aslami, N. (2023). Analisis Penerimaan Pajak Reklame Guna Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (Studi Kasus Badan Pendapatan Daerah Kota Medan). Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1, 137–142. Https://Doi.Org/10.5281/Zenodo.10429029
Pratama, N. C. A., & Hartono, S. (2022). Tinjauan Prosedur Operasional Media Sosial Direktorat Jenderal Pajak Dalam Rangka Edukasi Perpajakan.
Romadhona, A. (2024). Intensifikasi Pajak Reklame Pada Masa Pandemi Covid 19 Oleh Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah Kabupaten Cirebon. Jomantara: Indonesian Journal Of Art And Culture, 15(Volume 15 No. 02 Juni 2024), 153–167. Https://Doi.Org/10.23969/Kebijakan.V15i02.8470
Rusli, Y. M., & Nainggolan, P. (2021). Pentingnya Pengetahuan Pajak Dan Sosialisasi Pajak Kepada Calon Wajib Pajak Masa Depan. Jurnal Pengabdian Dan Kewirausahaan, 5(2), 135–145. Http://Journal.Ubm.Ac.Id/
Sihombing, H., & Tambunan, B. H. (2020). Pengaruh Penerimaan Pajak Hiburan Dan Pajak Reklame Terhadap Pendapatan Asli Daerah. Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan, 8(3), 333–338. Https://Doi.Org/10.37641/Jiakes.V8i3.385
Susanti, S., Susilowibowo, J., & Hardini, H. T. (2020). Apakah Pengetahuan Pajak Dan Tingkat Pendidikan Meningkatkan Kepatuhan Membayar Pajak? Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 11(2). Https://Doi.Org/10.21776/Ub.Jamal.2020.11.2.25
Wijaya, D., & Irawan, R. (2018). Prosedur Administrasi Penjualan Bearing Pada Usaha Jaya Teknika Jakarta Barat. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Xvi(1).
Yasin, M. (2020). Analisis Pendapatan Asli Daerah Dan Belanja Pembangunan Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Kabupaten/Kota Jawa Timur. Journal Of Economic, Bussines And Accounting (Costing), 3(2), 465–472. Https://Doi.Org/10.31539/Costing.V3i2.1161
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v8i4.1624-1632
Refbacks
- There are currently no refbacks.