KREARSAINTIFIK : KELAS EDUKASI ARSITEKTUR HEMAT ENERGI BERBASIS SAINTIFIK DI SMPN 1 ARGAMAKMUR
Abstract
Peningkatan kebutuhan hidup terhadap konsumsi energi mengakibatkan permasalahan lingkungan yang berdampak pada kenaikkan emisi CO2. Dampak ini juga berpengaruh terhadap fenomena perubahan iklim akibat penumpukan gas-gas pada atmosfer bumi. Hal ini mencuatkan ide dalam membuat konsep bangunan hemat energi dengan cara memodifikasi iklim luar sehingga nyaman. SMP Negeri 01 Bengkulu Utara menggunakan kurikulum mata pelajaran wajib berupa materi energi. Pendekatan saintifik merupakan proses belajar mengajar sehingga siswa tidak bergantung dari guru namun dapat informasi dari luar. Metode kegiatan meliputi diskusi, ceramah, dan pendampingan menyusun gubah ruang yang hemat energi berbasis software Google Sketchup guna mendapatkan bentuk gubah ruang yang hemat energi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ainurrohmah, S., & Sudarti, S. (2022). Analisis Perubahan Iklim dan Global Warming yang Terjadi sebagai Fase Kritis. Jurnal Pendidikan Fisika Dsn Terapan (PHI), 8(1), 1–10.
Aprianto, M. A., Rosmaiyadi, R., & Prihatiningtyas, N. C. (2018). Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Journal of Educational Review and Research, 1(2), 112–120. https://doi.org/10.26737/jerr.v1i2.1678
Budhyowati, N. M. Y., & Kembuan, D. R. E. (2021). Desain Selubung Bangunan Untuk Bangunan Hemat Energi. Jurnal Teknik Sipil Terapan, 3(2), 57–67. https://doi.org/10.47600/jtst.v3i2.292
Farida, L. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Bentuk Aljabar Kelas VII-B MTsN 5 Jombang Menggunakan Pendekatan Saintifik. Jurnal P4I, 2(4), 406–413.
Imantari, K., Nurdiana, E., & Kurniawati, M. U. (2020). Pelatihan Software Skecthup Kepada Siswa Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMKN 2 Surakarta Sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi. Jurnal Khazanah Pengabdian, 2(1), 45–54.
Koesalamwardi, A., Eldrian, A., Lie, I., & Tjahyadi, W. (2020). Kelayakan Finansial Near Zero Energy Building dengan Peraturan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral No. 49 Tahun 2018 Mengenai Insentif Energi Terbarukan. Jurnal Infrastruktur, 6(1), 69–75. https://doi.org/10.35814/infrastruktur.v6i1.1421
Mulia, Y., Karyono, T. H., & Arif, K. A. (2018). Relasi Kenyamanan Termal dan Konsumsi Energi Listrik Ward di Wilayah Tropis Lembap. AGORA Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah Arsitektur Usakti, 16(2), 92–103. https://doi.org/10.25105/agora.v16i02.3233
Neliwati, N., Safitri, D., Ramadhan, M. R., & Aqilla, N. P. (2023). Pelaksanaan Pembelajaran PAI pada Kurikulum 2013 melalui Pendekatan Saintifik Learning. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1684–1688. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1433
Rahmawati, M. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Ptm Terbatas. TEACHER : Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru, 2(2), 107–119.
Santoso, W. Y. (2015). Kebijakan Nasional Indonesia dalam Adaptasi dan Mitigasi Perubahan Iklim. Hasanuddin Law Review, 1(3), 371–390. https://doi.org/10.20956/halrev.v1n3.116
Syahadat, R. M., & Putra, R. I. S. (2022). Pemanasan Global dan Kerusakan Lingkungan: Apakah Masih Menjadi Isu Penting di Indonesia? Jurnal Envirotek, 14(1), 43–50.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v8i5.1739-1745
Refbacks
- There are currently no refbacks.