PENDAMPINGAN PENGUATAN LITERASI DAN NUMERASI BAGI GURU SD DAN SMP DI KABUPATEN GRESIK

Nur Fauziyah, Ismail Marzuki, Ulfatul Ma’rifah, Nourma Yunita, Arya Setya Nugroho

Abstract


Pengabdian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kegiatan pendampingan penguatan Literasi dan Numerasi bagi guru SD dan SMP di Kabupaten Gresik. Metode pengabdian ini meliputi kegiatan workshop dan pendampingan keberlanjutan. Kegiatan workshop diselenggarakan pada 27 Agustus 2024 di Universitas Muhammadiyah Gresik, dengan peserta sebanyak 87 guru dari 40 sekolah di kabupaten Gresik yang memiliki nilai rapor pendidikan merah atau kurang. Sebelum kegiatan workshop dilakukan, pendamping membuat kerangka pemecahan masalah agar kegiatan ini dapat berjalan dengan baik, dan relevan dengan kebutuhan guru-guru dalam upaya peningkatan kemampuan literasi dan numerasi di satuan pendidikan masing-masing.  Adapun langkah-langkah dalam pemecahan masalah sebagai berikut: pertama, analisis kebutuhan guru: yaitu dilakukan survei atau wawancara untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan dan keterampilan guru dalam literasi dan numerasi serta kendala yang dihadapi; kedua, Pengembangan materi workshop; ketiga pelaksanaan workshop; keempat penyusunan form evalusi workshop dan pendampingan keberlanjutan. Metode pendampingan penguatan integrasi literasi dan numerasi mencakup pendekatan yang komprehensif mulai dari workshop, pendampingan langsung di sekolah, pengembangan modul ajar, hingga penggunaan teknologi dan evaluasi berkelanjutan. Berdasarkan pembahasan dan hasil dalam pengabdian ini disimpulkan bahwa representasi matematis peserta verbal, simbolik dan visual telah memenuhi indikator yang diukur dengan baik. Selain itu, terdapat peningkatan nilai rata-rata dari pretest ke posttest, menunjukkan adanya pengaruh positif pemberian treatment terhadap kemampuan literasi numerasi guru.


Keywords


Literasi, numerasi, representasi matematis

Full Text:

PDF

References


Andriana, E., Yuliana, R., & Yandari, I. A. V. (2023). Penguatan Kompetensi Literasi dan Numerasi Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Pandeglang dan Kota Serang Banten. DEDIKASI: Community Service Reports, 6(1), 27–36. https://doi.org/10.20961/dedikasi.v6i1.78975

Ataizi, M., & Donmez, M. (2014). Book Review : 21st Century Skills - Learning for Life in Our Times. Contemporary Educational Technology, 5(3), 272–274.

Azka, N. W., Putri, H. E., & Rahayu, P. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. Fondatia, 7(3), 694–705.

Basri, B., Rahayu, A., Rahmadani, F. S., Wulandari, E., Yasmun, A. N., & Akbar, A. (2023). Peningkatan Literasi, Numerasi Dan Adaptasi Teknologi Pada Program Kampus Mengajar Di Smp Negeri 6 Polewali. SIPISSANGNGI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 94. https://doi.org/10.35329/sipissangngi.v3i1.3906

Erfan Karyadiputra, A. S. S. K. M. R. A. R. M. F. (2023). Diversifikasi Media Pembelajaran Inovatif Untuk Meningkatkan Kompetensi Literasi Numerasi Pada Sdn Tabing Rimbah 1. Communnity Development Journal, 4(3), 6709–6715.

Fadillah, M. (2017). Aliran Progresivisme Dalam Pendidikan di Indonesia. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1). https://doi.org/Http://Dx.Doi.Org/10.24269/Dpp.V5i1.322

Hidayah, L., Widodo, G. S., & Sueb. (2019). Revitalisasi Partisipasi Masyarakat dalam Gerakan Literasi Nasional: Studi Pada Program Kampung Literasi. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3(1).

Hwang, W. Y., Chen, N. S., Dung, J. J., & Yang, Y. L. (2007). Multiple representation skills and creativity effects on mathematical problem solving using a multimedia whiteboard system. Educational Technology and Society, 10(2), 191–212.

Izzatin, M., Kartono, K., Zaenuri, Z., & Dewi, N. R. (2021). Pengembangan Literasi Numerasi Siswa Melalui Soal HOTS. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 630–634.

Kemendikbud. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional. Panduan Gerakan Literasi Nasional, 50.

Maharani, R., Tizaka, P., Program, O., Mengajar, K., Literasi, M., Dengan, N., Bermain, P., Siswa, P., Sdn, D., Surabaya, K. V, Tizaka1, P., & Ismail2, H. (2024). Optimization of Campus Teaching Programs Through Numeracy Literacy with a Playful Approach for Students at SDN Kedungdoro V Surabaya. JIPM:Jurnal Informasi Pengabdian Masyarakat, 2(1). https://doi.org/10.47861/jipm-nalanda.v2i1.743

Prasasti, N. Y., & Sumardi, S. (2022). Kemampuan Literasi Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Tipe Hots Materi Statistika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 3052. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.5552

Sari, A. F., & Aini, I. N. (2022). Analisis Literasi Numerasi Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Pola Bilangan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11963–11969. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/4350

Sidiq, F., Ayudia, I., & Sarjani, T. M. (2023). Optimalisasi gerakan literasi sekolah melalui desain kelas literasi numerasi di Sekolah Dasar kota Langsa. Journal of Human and Education, 3(3), 69–75.

Yuda, E. K., & Rosmilawati, I. (2024). Literasi Numerasi di Sekolah Dasar Berdasarkan Indikator PISA 2023; Systematic Literatur Review. Journal of Instructional Development Researches, 4(2), 172–191.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v8i4.1566-1576

Refbacks

  • There are currently no refbacks.