PENGELOLAAN KEUANGAN UNTUK MODAL USAHA DAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI UNTUK PROMOSI DIGITAL PADA UMKM DI DESA BURAI, OGAN ILIR, SUMATERA SELATAN
Abstract
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada pelaku UMKM dalam pemaparan dan pelatihan cara pengelolaan keuangan untuk modal kerja bagi pelaku UMK Desa Burai Kecamatan Tanjung Batu, Kabupaten Ogan Ilir, Provinsi Sumatera Selatan serta memberikan praktek pemanfaatan digital untuk meningkatkan penjualan produk UMKM di Desa Burai Kecamatan Tanjung Batu, Kabupaten Ogan Ilir, Provinsi Sumatera Selatan. Bentuk kegiatan dalam penelitian ini dengan visitasi selama 3 bulan. Metode pelaksanaan dengan presentasi dan praktek. Khalayak sasaran dalam penelitian ini dengan minimal 25 orang masyarakat pelaku UMKM di Desa Burai. Output dalam kegiatan ini adalah meningkatnya pengetahuan masyarakat dalam melakukan pengelolaan keuangan serta pemanfaatan teknologi untuk promosi digital bagi pelaku UMKM di Desa Burai Kecamatan Tanjung Batu, Kabupaten Ogan Ilir, Provinsi Sumatera Selatan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar, A., & Silalahi, R. (2024). Analisis Penerapan Fintech Pada Umkm Di Kota Medan Dalam Persfektif Maqashid Syariah. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan (Mankeu), 13(03), 806–820.
Armielia, A. A., Prawira Triutama, O., & Rahmiaty, S. A. (2024). Kegiatan Pekan Kuliner Dan Promosi Produk Berbasis Digital Untuk Umkm Pokdarwis Medang. Jurnal Sinergitas PKM & CSR, 7, 2655–3570.
Desfiandi, A., Magdalena, B., Nugroho, R., & Suwandi. (2024). Pelatihan Pengelolaan Keuangan Berbasis Digital Menggunakan Aplikasi Buku Warung Di UMKM Vista Abadi Desa Banjar Negeri Kecamatan Way Lima. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB), 3(2), 141–147.
Desi Safitri, R. (2024). Peran Financial Technology dalam Meningkatkan Pengelolaan Keuangan UMKM. Ilmu Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 5(2), 428–437.
Febriani, S., & Harmain, H. (2022). Analisis Faktor Penghambat dan Pendukung Perkembangan UMKM Serta Peran Dewan Pengurus Wilayah Asprindo Dalam Perkembangan UMKM Di Sumatera Utara Pada Masa Pandemi Covid-19. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(3), 1275–1290.
Happy, A., & Dwi Warsitasari, W. (2024). Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Pertumbuhan Laba Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(4), 4758–4769.
K. Bidin, C. R., Natsir, S., Adda, H. W., Rossanty, N. P. E., & Santi, I. N. (2024). Peningkatan Kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Dalam Pengelolaan Keuangan Dan Pemasaran Berbasis Digital Dipesisir Pantai Desa Masaingi. Jurnal Pengabdian Dan Pengembangan Masyarakat Indonesia, 3(2), 207–213.
Mamengko, C. J., Paul, D., Saerang, E., & Mawikere, L. (2019). Analisis Terhadap Implementasi Standar Akuntansi Keuangan Untuk Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (Sak Etap) Pada EMKM CV. M’ars Studio. Going Concern : Jurnal Riset Akuntansi, 14(3), 285–292.
Puspitasari, S., Setiawan, H., Viatra, A. W., Yustini, T., Dhamayanti, Heriansyah, R., & Alie, M. (2023). Pemberdayaan UMKM Kain Tenun Songket dan Kain Jumputan Binaan LPP-PEKKA Yayasan Masjid Agung Palembang untuk Meningkatkan Skala Produksi dan Pewarna Alami. Jurnal Abdimas Mandiri, 7(3), 187–194.
Santoso, R., & Herlina, A. (2023). Pendampingan tata kelola keuangan UMKM berbasis digital untuk generasi Z. KACANEGARA Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(3).
Sofianti, W. (2025). Analisis Manajemen Risiko pada UMKM Baso Tahu Siomay di Daerah TKI Kabupaten Bandung. PENG: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 2(1b), 1694–1704.
Suhartini, C., Darsih, E., Hanggara, A., Setiawan, I., Keguruan, F., Pendidikan, I., & Kuningan, U. (2024). Pemberdayaan literasi keuangan dan digital bagi pelaku UMKM di Desa Kalimanggiskulon. Abdimas Siliwangi, 7(3), 734–743.
Tasik, H. H. D., Karamoy, H., & Wilnyson Alexander, S. (2024). Pemanfaatan Teknologi Digital Bagi Penciptaan dan Pengembangan UMKM Desa Taraitak Satu Kecamatan Langowan Utara. Techno Science Journal, 6(1), 41–53.
Widati, S., Mahendra, D. M., Windi, & Syalsabilla. (2024). Edukasi Laporan Keuangan Dan Promosi Digital Pada Usaha Ayam Geprek Sambal Petir Di Serang Baru Kabupaten Bekasi. Jurnal Abdimas Musi Charitas (JAMC), 8(1), 65–73.
Zaini, M., & Fadli, R. (2024). Pemberdayaan UMKM, Pasar Desa dan BUMDesa Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Desa Pangurayan. Journal of Economic Community Service (JECS) , 2(2), 2988–5329.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v8i4.1577-1582
Refbacks
- There are currently no refbacks.