IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN JIWA KEWIRAUSAHAAN SISWA TKJ PADA MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN

T. Rahmilia Agraini, Asmar Yulastri, Ganefri Ganefri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi metode Project-Based Learning (PjBL) dalam meningkatkan hasil belajar dan keterampilan kewirausahaan siswa kelas XI jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) pada mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan di SMK Negeri 1 Singingi Hilir. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PjBL secara signifikan meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran, yang ditunjukkan dengan peningkatan persentase ketuntasan klasikal dari 40% pada siklus pertama menjadi 84% pada siklus kedua. Selain itu, terdapat peningkatan yang signifikan dalam keterampilan kewirausahaan siswa, termasuk kreativitas, kerja sama tim, dan kemampuan pemasaran produk. Penelitian ini menegaskan pentingnya penerapan strategi pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan dunia kerja untuk mengembangkan keterampilan abad ke-21 pada siswa sekolah kejuruan. Implementasi PjBL yang terstruktur dan kontekstual direkomendasikan untuk meningkatkan daya saing dan kemandirian siswa di berbagai bidang kejuruan.


Keywords


Project-Based Learning, Kewirausahaan, Kreativitas, Hasil Belajar, SMK.

Full Text:

PDF

References


Achmad Basari Eko Wahyudi, Moh Salimi, Ratna Hidayah, Hasan Zainnuri, & Laksmi Evasufi Widi Fajari. (2024). The Improvement of Students’ Creative and Collaborative Thinking Skills by Applying STEAM-Integrated Project-Based Learning. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 9(1), 16–29. https://doi.org/10.25217/ji.v9i1.4438

Andriyatno, I., & Yusni, D. (2024). Impro ving Students ’ Collaboration Skills Through Project -Based Learning on Environmental Change Material. 34, 71–79.

Cient, R. (2024). Problem-Based and Project-Based Learning (PBL): An Approach to Developing 21st Century Skills.

Hartatii, P. S. S. ; A. B. ; S. B. ; G. ; S. (2024). Pemberdayaan Ekonomi Melalui Wirausaha Ibu-Ibu PKK di Desa Bobotsari Kecamatan Bobotsari Kabupaten Purbalingga. NUSANTARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 173–177.

Hastuti, D., & Malihah, N. (2024). Systematic Literature Review (SLR): Implementation of The Project-Based Learning (PJBL) Approach to Improve Students’ Speaking Skills. Proceeding of International Interdiciplinary Conference And Research Expo, 1(1), 88–107. https://doi.org/10.18326/iicare.v1i1.634

Indrayeni, H. H. ; A. Y. ;Cici A. ; W. (2024). HUBUNGAN HASIL BELAJAR PRODUK KREATIF KEWIRAUSAHAAN DENGAN KARAKTER WIRAUSAHA SISWA SMKN 6 PADANG. 5(2). https://doi.org/10.24036/XXXXXXXXXX-X-XX

Jelalu, Q., Djuli, L., & Lakapu, I. (2024). Penggunaan Metode Pembelajaran Talking Stick untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Peserta Didik Kelas X G SMA Negeri 5 Kupang. 7(3), 71–84.

Khaerunnisa, S., Fauziyah, A., & Nurfitriya, M. (2024). The Effect of Project-Based Learning Method on Creative Problem-Solving in Students of the Entrepreneurship Study Program, Indonesian University of Education. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 5(4), 1464–1475. https://doi.org/10.59141/jist.v5i4.1034

Priyadi, H., & Mulyani, A. S. (2024). The Concept of Entrepreneurship in a Business Perspective. Indonesian Journal of Applied and Industrial Sciences (ESA), 3(1), 119–128. https://doi.org/10.55927/esa.v3i1.7571

Putri, Y., Nurhuda, A., & Huda, A. A. S. (2023). Konsep Dasar Penelitian Tindakan Kelas : Sebuah Pengantar dalam Metode Penelitian Pendidikan. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 5(2), 9–16. https://doi.org/10.52005/belaindika.v5i2.119

Sholahuddin, M., Ngafwan, Effendy, M., Wajdi, M. F., & Surono, A. (2023). Meningkatkan Kompetensi Wirausaha Siswa SMK melalui Pelatihan BMC. AJAD : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 413–418. https://doi.org/10.59431/ajad.v3i3.234

Suhaedin, E., Ilham, R., Ambiyar, A., & Wulan Sari, R. E. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK: Sebuah Tinjauan Literatur. Journal on Education, 7(1), 3601–3608. https://doi.org/10.31004/joe.v7i1.6958

Taufik, A., Purnamawati, P., & Mappalotteng, A. M. (2023). Analysis of Job Competency Needs of Computer and Information Engineering Program by Referring to KKNI in Vocational Schools. ARRUS Journal of Social Sciences and Humanities, 3(6), 856–869. https://doi.org/10.35877/soshum2124

Titko, J., Uzule, K., Tambovceva, T., Koshkin, I., Verina, N., Radionovs, J., & Liepins, A. (2023). Entrepreneurship Competences for Ict Students: Latvian and Kazakh Case Studies. 13th International Scientific Conference “Business and Management 2023.” https://doi.org/10.3846/bm.2023.1108

Usman, H., A. Djaha, Z., & Farida Tuati, N. (2024). Application of the Project Based Learning Model in Improving Creativity and Entrepreneurial Skills for Independent Entrepreneur Students at the Kupang Negeri Polytechnic Campus. International Journal of Current Science Research and Review, 07(02), 960–965. https://doi.org/10.47191/ijcsrr/v7-i2-09

Widodo, J. P. (2024). Unleashing Student Potential: Enhancing Creativity and Performance with Project-Based Learning. Jurnal Sosioteknologi, 23(2), 148–163. https://doi.org/10.5614/sostek.itbj.2024.23.2.1




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v8i4.1540-1551

Refbacks

  • There are currently no refbacks.