PENDAMPINGAN PENYUSUNAN MODUL PROJEK PAUD DI PUSAT KEGIATAN GUGUS (PKG) KOLASE KECAMATAN KRAMATWATU
Abstract
Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di satuan PAUD disusun sebagai panduan pelaksanaan P5 dengan tujuan untuk memperkuat upaya pencapaian profil pelajar pancasila melalui kegiatan pembelajaran yang kontekstual. Kegiatan pendampingan dilatar belakangi oleh kurang fahamnya pendidik PAUD mengenai Kurikulum merdeka, modul projek PAUD, pengembangan tema, alur kegiatan dan asesmen pembelajaran. Sasaran dari kegiatan ini adalah satuan PAUD yang tergabung dalam Pusat Kegiatan Gugus PAUD di Kecamatan kramatwatu, Serang – Banten. Kegiatan dilakukan melalui bimbingan teknis, focus group discussion (FGD). Luaran dari kegiatan ini adalah modul projek PAUD.kegiatan ini juga berdampak pada pemahaman pendidik PAUD terhadap Kurikulum Merdeka, langkah-langkah dan teknik penyusunan modul projek PAUD.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anwar, R. N. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1). https://doi.org/https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i1.221
Ayu, P., Tegeh, M., & Ayu, L. (. (2016). Penerapan Metode Bermain Peran untuk Meningkatkan Perilaku Kedisiplinan pada Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Pradnya Paramita. Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, 4(3), 1–10. https://doi.org/https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/8770
Qomariyah, N., & Maghfiroh, M. (2022). Transisi Kurikulum 2013 Menjadi Kurikulum Merdeka: Peran dan Tantangan dalam Lembaga Pendidikan. Gunung Djati Conference Series. 105–115.
Rusnaini, R., Raharjo, R., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230. https://doi.org/https://doi.org/10.22146/jkn.67613
Safitri. (2022a). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7076–7086. https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3274
Safitri, A. (2022b). Strategi Implementasi Pendidikan Profil Pelajar Pancasila Pada Jenjang Paud (Studi Kasus Di Kb Tunas Bangsa. Semnas Manajemen Strategik Pengembangan Profil Pelajar Pancasila Pada PAUD Dan Pendidikan Dasar, 1, 1. http://conference.um.ac.id/index.php/ap/article/view/3327
Sunarto, Sutrisno, & Asmaroini, A. P. (2021). Analysis of Online Learning Policy for Citizenship Education Subject Teachers in Digital Literacy Development. Proceedings of the 1st International Conference Of Education, Social And Humanities (INCESH 2021), 383–389. https://www.atlantis-press.com/proceedings/incesh-21/125962182
Suryani, N., Muspawi, M., & Aprillitzavivayarti, A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 23(1), 773. https://doi.org/https://doi.org/10.33087/jiubj.v23i1.3291
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v8i4.1608-1615
Refbacks
- There are currently no refbacks.