CERITA DI BALIK PERUNDUNGAN : PELATIHAN MEMBUAT COMIC STRIP INSPIRATIF
Abstract
Dalam beberapa tahun terakhir, isu perundungan (bullying) di kalangan anak-anak dan remaja telah menjadi perhatian serius di banyak negara. Mahasiswa sebagai agen perubahan dapat terlibatan aktif dalam berbagai gerakan dan aksi kritis terhadap masalah perundungan (bullying). Peran aktif mahasiswa ini dapat dilakukan dengan cara menyampaikan gagasan atau cerita secara singkat, padat, interaktif, dan menyenangkan melalui comic strip tentang dampak negatif dari perilaku perundungan (bulliying). Solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan mengadakan program pengabdian berupa pelatihan pembuatan comic strip bagi mahasiswa UAD dan IIUM Malaysia. Dalam pembuatan Comic strip mahasiswa dapat memanfaatkan sastra anak sebagai kontennya. Pertimbangan dipilihnya pelatihan pembuatan comic strip karena comic strip memiliki tampilan visual yang menarik sehingga pesan dapat lebih mudah dipahami. Kegiatan ini dilakukan dalam beberapa tahap, yakni tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap evaluasi, dan tahap sosialisasi. Secara keseluruhan, pelatihan pembuatan comic strip ini berhasil mencapai tujuannya dalam meningkatkan keterampilan peserta. Keberhasilan pelatihan ini juga menunjukkan pentingnya kolaborasi lintas negara dalam pengembangan program pendidikan yang tidak hanya bermanfaat bagi peserta secara individu, tetapi juga berkontribusi pada penguatan hubungan antarbudaya dan pemahaman yang lebih baik tentang isu-isu sosial yang dihadapi oleh generasi muda di kedua negara.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al Adawiah, R., & Masri, E. (2022). Urgensi pencegahan perundungan dunia maya (Cyberbullying) terhadap pelajar. Abdi Bhara, 1(1).
Andryawan, Laurencia, C., & Putri, M. P. T. (2023). Peran guru dalam mencegah dan mengatasi terjadinya perundungan (Bullying) di lingkungan sekolah. Journal Of Social Science Research, 3(6), 2837–2850.
Asnawi, M. H. (2019). Pengaruh perundungan terhadap perilaku manusia. Jurnal Sinestesia, 9(1), 33–39. https://sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/46
Budury, S., Hidaayah, N., & Purwanti, N. (2024). Meningkatkan awareness tentang bullying pada anak usia sekolah. Martabe: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(8), 2784–2787. https://doi.org/10.31604/jpm.v7i8.2784-2787
Fathoni, A., & Prasodjo, B. (2022). Perundungan dunia maya dan dampaknya bagi perkembangan sosial remaja. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(3), 306–316.
Fawnia, C. A., Gennusi, M. H. N. J., Liswanti, D. E., Solihah, L., Sari, D., Prasetyaningrum, R., Pertiwi, A. P., Tuffahaty, N. A. R., Pembayun, L. S., & Rahmawati, N. (2023). Pengaruh perundungan terhadap kesehatan mental remaja. Pendidikan Karakter Unggul, 2(5).
Humulhaer, S., Hafidati, P., Myranika, A., Thorik, A., & Mofea, S. (2024). Pendampingan penyelesaian bullying sebagai upaya preventif terjadinya perundungan di SMK Lab Business School Kota Tangerang. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 786–791. https://doi.org/10.31949/jb.v5i1.8047
Meesuk, P., Sramoon, B., & Wongrugsa, A. (2020). Classroom action research-based instruction: The sustainable teacher professional development strategy. Journal of Teacher Education for Sustainability, 22(1), 98–110.
Novianti, C., Nduru, M. P., Se, B. R. S., Se’e, S., & Ansel, M. F. (2023). Sosialisasi perundungan (Bullying) terkait undang-undang perlindungan anak terhadap siswa SDI Wolowona II. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 4(1), 295–298.
Nuraeni, N., & Gunawan, I. M. S. (2023). Dampak cyberbullying terhadap siswa yang menjadi korban perundungan di sekolah. Realita: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(2), 2124–2136.
Panggabean, H., Situmeang, D., & Simangunsong, R. (2023). Waspada tindakan bullying dan dampak terhadap dunia pendidikan. Jpm-Unita (Jurnal Pengabdian Masyarakat), 1(1), 9–16.
Pratami, N. R., Saputra, N. N., Salsabila, Y., Sihole, R. A. Y., Oktaviani, N., Ismazanisa, F., Illmi, A., Ramadhani, K. T., Maharani, D., & Putri, C. A. (2023). Tindakan perundungan dalam dunia pendidikan di Indonesia. Pendidikan Karakter Unggul, 2(3).
Rasmita, D., & Pasaribu, Y. (2024). Studi literatur faktor-faktor terjadinya perilaku perundungan pada remaja di Indonesia. Innovative: Journal of Social Science Research, 4(4), 348–362.
Sartana, S., & Afriyeni, N. (2017). Perundungan maya (Cyber Bullying) pada remaja awal. Jurnal Psikologi Insight, 1(1), 25–39.
Soamole, A., Pratama, A., Indrawan, A., Mahardhika, K., Rais, M., Erawan, N., Hambali, N., Hermawan, V., & Margareth, Z. (2023). Dampak perundungan terhadap tingkat kepercayaan diri pada siswa di sekolah. Pendidikan Karakter Unggul, 1(3).
Sumarni, W., Wardani, S., Sudarmin, S., & Gupitasari, D. N. (2016). Project based learning (PBL) to improve psychomotoric skills: A classroom action research. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(2), 157–163.
Tilman, P. L. D. R., Amelia, R., & Khairina, N. (2024). Gambaran Perilaku Perundungan dan Dampak terhadap Korban Perundungan. Flourishing Journal, 4(6), 245–254.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v8i4.1457-1464
Refbacks
- There are currently no refbacks.