PENDAMPINGAN PENYUSUNAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSASI BERBANTUAN AI DI SEKOLAH DASAR KOTA MALANG

bahrul ulum, Ima Wahyu Putri Utami, Delora Jantung Amelia

Abstract


Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pendampingan dalam penyusunan pembelajaran berdiferensiasi berbantuan kecerdasan buatan di beberapa sekolah dasar di Kota Malang. Pendampingan ini dilaksanakan dengan pendekatan komprehensif dan kolaboratif, melibatkan empat sekolah dasar, yaitu SD Muhammadiyah 4, SD Muhammadiyah 8 Dau, SDN Merjosari 2, dan SDN Tunjungsekar 5. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi Focus Group Discussion, pelatihan tentang pembelajaran berdiferensiasi berbantuan AI, serta refleksi dan tindak lanjut.. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman guru tentang pembelajaran berdiferensiasi serta pemanfaatan AI dalam penyusunan rencana pembelajaran. Meskipun demikian, beberapa tantangan tetap ada, seperti kesulitan adaptasi bagi guru senior dan keterbatasan akses terhadap perangkat teknologi. Sebagai tindak lanjut, disarankan untuk melaksanakan pelatihan lanjutan dan memperkuat infrastruktur teknologi guna mendukung penerapan kurikulum merdeka secara lebih efektif.


Keywords


Pembelajaran berdiferensiasi, AI, Kuikulum

Full Text:

PDF

References


Ahmad, D. S., Hesmatantya, V., & Mayasari, L. (2024). Implementation of Differentiated Learning in English Lesson Using Independent Curriculum at MAN Surabaya. Journal of Language, Communication, and Tourism, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.25047/jlct.v2i2.5002

Amelia, D. P., Oktafianti, M., Genika, P. R., & Luthfia, R. A. (2023). Implementasi Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) terhadap Keterampilan Mengajar di Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.952

Astuti, F. A. (2021). Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence untuk Penguatan Kesehatan dan Pemulihan Ekonomi Nasional. Jurnal Sistem Cerdas, 4(1), 25–34.

Bennett, S., & Maton, K. (2010). Beyond the ‘digital natives’ debate: Towards a more nuanced understanding of students’ technology experiences. Journal of Computer Assisted Learning, 26(5), 321–331. https://doi.org/10.1111/j.1365-2729.2010.00360.x

Cabero-Almenara, J., Palacios-Rodríguez, A., Loaiza-Aguirre, M. I., & Andrade-Abarca, P. S. (2024). The impact of pedagogical beliefs on the adoption of generative AI in higher education: Predictive model from UTAUT2. Frontiers in Artificial Intelligence, 7. https://doi.org/10.3389/frai.2024.1497705

Diantama, S. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelegent (AI) Dalam Dunia Pendidikan. DEWANTECH Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1), 8–14.

Kuncara, T., Bachtiar, A., Alamsyah, A., Wulan, D., Shinta, R. R., Nugraha, A. H., Pratama, A., Fitriyatun, R., Dwiparaswati, W., & Anggraeni, D. T. (2023). PENGGUNAAN ARTIFICIAL IN℡LIGENCE DALAM BIDANG PENDIDIKAN. Jurnal Abdi Masyarakat Multidisiplin, 2(3), 40–44.

Mambu, J. G., Pitra, D. H., Ilmi, A. R. M., Nugroho, W., Leuwol, N. V., & Saputra, A. M. A. (2023). Pemanfaatan teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam menghadapi tantangan mengajar guru di era digital. Journal on Education, 6(1), 2689–2698.

Maulana, M. A. (2024). Peranan Ai Dalam Sektor Pendidikan: Meningkatkan Pembelajaran Melalui Personalisasi. Kohesi: Jurnal Sains Dan Teknologi, 5(1), 31–40.

Pramono, S. E., Amin, S., Utama, N. J., Lusianto, J. F., Khotimah, S. K., Riyanto, M. B., & Prayoga, T. I. (2024). Penguatan Kompetensi Pegadogik Guru dalam Menyusun Pembelajaran Berdiferensiasi bagi MGMP Sejarah SMA Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(3), Article 3. https://doi.org/10.55606/jppmi.v3i3.1477

Putu Satya Narayanti, Mohammad Jamhari, Ratman Ratman, & Astija Astija. (2024). Development of a questionnaire on high school teachers’ perceptions of differentiated learning in schools. World Journal of Advanced Research and Reviews, 23(3), 2125–2130. https://doi.org/10.30574/wjarr.2024.23.3.2876

Wang, C., Zhang, M., Sesunan, A., & Yolanda, L. (2023). Peran teknologi dalam transformasi pendidikan di Indonesia. Kemdikbud, 4(2), 1–7.

Zakiyah, N. U., Ameera, V., Ritonga, A. E., Aisah, N., Lingga, S. A., & Akmalia, R. (2024). Penggunaan AI dalam Dunia Pendidikan. Mahira: Journal of Arabic Studies, 4(1), 1–16.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v8i4.1402-1409

Refbacks

  • There are currently no refbacks.