PENDAMPINGAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PROJEK P5 DI PAUD IT BISMILLAH KOTA LANGSA

Siska Eka Syafitri, Purwati Purwati, Dini Ramadhani, Nizar Saputra, Muhammad Arif Sanjaya

Abstract


Pendampingan kegiatan ini bertujuan untuk membantu salah satu siswa di Kota Langsa dengan melakukan kegiatan pembelajaran berbasis Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Rangkaian kegiatan ini akan membantu siswa untuk meningkatkan karakter yang ingin dicapai dalam kurikulum merdeka. Pelaksanaan kegiatan ini diadakan di PAUD IT Bismillah Kota Langsa. PAUD IT Bismillah adalah salah satu sekolah penggerak angkatan ke-3 yang bertempat di daerah pinggiran kota tersebut. Salah satu masalah yang ditemukan di lokasi PAUD tersebut adalah masalah sampah sehingga para siswa diajak untuk membantu memecahkan masalah dimulai dari lingkungan terdekat yang dilihat siswa usia dini tersebut. Pembelajaran kegiatan ini membantu siswa untuk memecahkan permasalahan melalui P5. Kegiatan pendampingan ini dibagi menjadi tiga tahapan yaitu Identifikasi tempat, pengolahan sampah, dan pameran hasil karya. Hasil dari pengabdian ini dapat meningkatkan kesadaran dan antusiasme para siswa terhadap lingkungan dimulai dari hal kecil dan sejak usia dini khususnya dalam menjaga kebersihan.


Keywords


P5, PAUD, masalah sampah, lingkungan

Full Text:

PDF

References


Afipah, Heni, & Imamah. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila terhadap Enam Dimensi Karakter di PAUD. Journal of Education Research, 4(3)

Dewi, Ni Made Nia Bunga Surya. (2021). Analisa Limbah Rumah Tangga Terhadap Dampak Pencemaran Lingkungan. Jurnal Ganec Swara, 15 (2)

Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan

Otivriyanti, Geby, et al. (2023). Kajian Strategi Pengurangan Sampah dan Potensi Penerapan Ekonomi Sirkuler Pada Pengelolaan Sampah di Kabupaten Toba Sumatera Utara. Jurnal Teknologi Lingkungan 24 (2)

Paris, J, Ricardo, A, & Rymond, D. (2019). Child Growth and Development. College of the canyons: California

Pemerintahan Kota Langsa. (2022). Surat Edaran tentang Pengelolaan Sampah dan Kebersihan Lingkungan di Wilayah Kota Langsa. https://jdih.langsakota.go.id/dih/view/8c10ec31-f40e-42f3-8183-424fa413579f

Permendikbud. (2022). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2022 tentang Standar Penilaian Pendidikan pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah. https://jdih.kemdikbud.go.id/detail_peraturan?main=3104

Pratama, Yoga Adi, & Dewi, Laksmi. (2023). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Program Kokurikuler: Studi Analisis Persepsi Guru. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 7 (1)

Rohyati & Wiyan, Novan Ardy. (2023). Pengembangan Kurikulum PAUD Berbasis Kearifan Lokal dalam Perspektif P5 di TK Didaktika Uswatun Khasanah Beji Purwokerto.

Sulistyati, Dyah M, Wahyaningsih, Sri, dan Wijania, I Wayan. (2021). Buku Panduan Guru Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila untuk Satuan PAUD. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v8i4.1396-1401

Refbacks

  • There are currently no refbacks.