PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA BAGI PARA GURU DI SDN 1 TRAYU BANYUDONO
Abstract
SDN 1 Trayu Banyudono melayani siswa dari berbagai latar belakang ekonomi dan sosial, dengan kebutuhan pembelajaran yang beragam. Guru-guru di sekolah ini, meskipun memiliki komitmen yang tinggi terhadap pendidikan, seringkali menghadapi kendala dalam menciptakan materi pembelajaran yang menarik dan relevan bagi siswa. Guru-guru di sekolah ini memiliki kebutuhan mendesak untuk meningkatkan keterampilan dalam penggunaan teknologi, khususnya dalam pembuatan media pembelajaran yang sesuai dengan prinsip-prinsip K13. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat bersama mitra ini bertujuan guru-guru SDN 1 Trayu Banyudono mengalami peningkatan keterampilan dalam pengetahuan mitra terkait aspek media Canva. Kegiatan ini dilakukan dalam tiga tahap: persiapan, pendampingan, dan evaluasi. Tujuan dari adany kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini pun telah tercapai. Hasil kegiatan menunjukkan mengalami peningkatan keterampilan dalam pengetahuan mitra terkait aspek media Canva. Meningkatkan kompetensi guru dan memperluas penggunaan teknologi dalam pembelajaran. membangun kemitraan antara mitra SDN 1 Trayu Banyudono dengan Kampus UPITRA serta berkelanjutan dengan tercipta sinergi antara dosen, mahasiswa, dan mitra dalam meningkatkan pengetahuan dan pelatihan pengenalan teknologi informasi dan komputer pada Sekolah Dasar Negeri 1 Trayu Banyudono.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Muhafid, E. A., Fatmawati, D., Nendi, F., Hilal, N., & Larasati, H. N. (2024). Training on Using the Canva Digital Application for Teacher Creativity at SD Negeri 4 Jatijajar as a Teaching Aspiration. GANDRUNG Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 1544–1553.
Ningsih, E. P. (2024). Implementasi Teknologi Digital dalam Pendidikan: Manfaat dan Hambatan. EduTech Journal, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.62872/qbp1fg61
Nyata, A., Pengabdian, J., April, N., S, R. S., Zulfa, I., Kamal, M., & Kamal, M. (2024). Pelatihan Aplikasi Canva untuk Mendukung Kreativitas Guru dalam Sistem Pembelajaran di SMPN 3 Wih Pesam. 1(2).
Sujianto, A. E., Sukarji, S., & Zuhri, Z. (2023). Focus Group Discussion on Finance Literacy of Village- Owned Enterprises. Saudi Journal of Economics and Finance, 7(04), 204–208. https://doi.org/10.36348/sjef.2023.v07i04.001
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v8i4.%25p
Refbacks
- There are currently no refbacks.