PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TEACHING AT THE RIGHT LEVEL DAN CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING KURIKULUM MERDEKA PADA GURU SEKOLAH DASAR
Abstract
Guru SDN 59 Kota Bengkulu menghadapi kesulitan mengembangkan perangkat pembelajaran secara mandiri yang sesuai dengan level berpikir dan mengintegrasikan budaya siswa. Kesulitan ini menyebabkan guru lebih cenderung menggunakan perangkat pembelajaran yang telah disediakan oleh pemerintah, tanpa banyak penyesuaian terhadap kebutuhan spesifik siswa dan konteks lokal. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran berdiferensiasi TARL dan CRT Kurikulum Merdeka. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pelatihan dan pendampingan langsung. Evaluasi dilakukan dengan menggunakan instrumen pretest dan posttest. Hasil pretest menunjukkan tingkat pemahaman awal guru tentang pengembangan perangkat pembelajaran berbasis TaRL dan CRT yang masih rendah, sedangkan hasil posttest setelah pendampingan menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pengetahuan dan keterampilan guru. Setelah pelatihan dan pendampingan, terdapat peningkatan signifikan dalam kemampuan guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran berdiferensiasi TaRL dan CRT. Guru-guru berhasil mengembangkan perangkat pembelajaran yang sesuai dengan level berpikir siswa dan latar belakang budaya siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abadi, M., & Muthohirin, N. (2020). Metode Cultural Responsive Teaching dalam Pendidikan Agama Islam: Studi Kasus Tindak Xenophobia dan Rasisme di Tengah Bencana Covid-19. Progresiva : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 9(1), 34–48. https://doi.org/10.22219/progresiva.v9i1.12520
Akhlis, I., & Dewi, N. R. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Science Berorientasi Cultural Deviance Solution Berbasis Inkuiri Menggunakan ICT untuk Mengembangkan Karakter Peserta Didik. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 86–94.
Angraini, L. M., Wahyuni, P., Astri Wahyuni, Dahlia, A., Abdurrahman, A., & Alzaber, A. (2021). Pelatihan Pengembangan Perangkat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bagi Guru-Guru di Pekanbaru. Community Education Engagement Journal, 2(2), 62–73. https://doi.org/10.25299/ceej.v2i2.6665
Ardiansyah, R., Diella, D., & Suhendi, H. Y. (2020). Pelatihan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Abad 21 Dengan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis STEM Bagi Guru IPA. Publikasi Pendidikan, 10(1), 31. https://doi.org/10.26858/publikan.v10i1.12172
Civitillo, S., Juang, L. P., Badra, M., & Schachner, M. K. (2019). The interplay between Culturally Responsive Teaching, cultural diversity beliefs, and self-reflection: A multiple case study. Teaching and Teacher Education, 77, 341–351. https://doi.org/10.1016/j.tate.2018.11.002
Cruz, R. A., Manchanda, S., Firestone, A. R., & Rodl, J. E. (2020). An Examination of Teachers’ Culturally Responsive Teaching Self-Efficacy. Teacher Education and Special Education: The Journal of the Teacher Education Division of the Council for Exceptional Children, 43(3), 197–214. https://doi.org/10.1177/0888406419875194
Dewi, K. H. S., Melati, I. G. A. S., Purnaya, I. G. P., & Pratama, A. E. (2022). Optimalisasi Keterampilan Guru Merancang Perangkat Pembelajaran Berbasis Technological, Pedagogical And Content Knowladge. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(4), 3121. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i4.9435
Fauzi, S. A., & Mustika, D. (2022). Peran Guru Sebagai Fasilitator dalam Pembelajaran di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 2492–2500. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5113
Hadiawati, N. M., Prafitasari, A. N., & Priantari, I. (2024). Pembelajaran Teaching at the Right Level sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(4), 8. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i4.95
Hardiana, D. (2023). Peningkatan Minat Belajar IPAS melalui Culturally Responsive Teaching Pada Peserta Didik Kelas IV SDN 01 Sumbersari. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 2394-2405.
Herzog-Punzenberger, B., Altrichter, H., Brown, M., Burns, D., Nortvedt, G. A., Skedsmo, G., Wiese, E., Nayir, F., Fellner, M., McNamara, G., & O’Hara, J. (2020). Teachers responding to cultural diversity: case studies on assessment practices, challenges and experiences in secondary schools in Austria, Ireland, Norway and Turkey. Educational Assessment, Evaluation and Accountability, 32(3), 395–424. https://doi.org/10.1007/s11092-020-09330-y
Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(3), 5. https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i3.21599
Jauhari, T., Rosyidi, A. H., & Sunarlijah, A. (2023). Pembelajaran dengan Pendekatan TaRL untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 9(1). https://doi.org/10.18592/ptk.v9i1.9290
Jazuli, L. (2022). Teaching at the Right Level (TaRL) Through The All Smart Children Approach (Sac) Improves Student’s Literature Ability. PROGRES PENDIDIKAN, 3(3), 156–165. https://doi.org/10.29303/prospek.v3i3.269
Lakhsman, S. (2019). Improving reading and arithmetic outcomes at scale: Teaching at the Right Level (TaRL), Pratham’s approach to teaching and learning. Revue Internationale d’éducation de Sèvres. https://doi.org/10.4000/ries.7470
Latif, A. (2020). Tantangan Guru dan Masalah Sosial di Era Digital. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(3).
Lince, L. (2022). Implementasi kurikulum merdeka untuk meningkatkan motivasi belajar pada sekolah menengah kejuruan pusat keunggulan. In Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai, 1, 38-49.
Lubis, M. U., Siagian, F. A., Zega, Z., Nuhdin, N., & Nasution, A. F. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Abad 21 Dalam Pendidikan. ANTHOR: Education and Learning Journal, 2(5), 691-695.
Meishanti, O. P. Y., & Fitri, N. A. R. (2022). Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Inspiratif Pendekatan TaRL Berbasis PjBL Melalui Pembelajaran Literasi Sains Materi Virus. EDUSCOPE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, dan Teknologi, 8(1), 1–13. https://doi.org/10.32764/eduscope.v8i1.2783
Nasution, D. N., Efendi, U. R., & Yunita, S. (2023). Implementasi Pendekatan Pembelajaran Culturally Responsive Teaching pada Mata Pelajaran PPKN Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah, 8(1), 171–177.
Purba, M., Purnamasari, N., Soetantyo, S., Suwarna, I. R., & Susanti, E. I. (2021). Prinsip Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instruction) pada Kurikulum Fleksibel Sebagai Wujud Merdeka Belajar. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kemdikbudristek.
Putra, I. G. D. D., Saputra, I. M. G. N., & Wardana, K. A. (2021). Paradigma Pendidikan Abab 21 Di Masa Pandemi Covid-19 (Tantangan Dan Solusi). PINTU: Jurnal Penjaminan Mutu, 2(2).
Rahmawati, Y., Ridwan, A., & Agustin, M. A. (2020). Pengembangan Kompetensi Guru dalam Pembelajaran Berbasis Budaya: Culturally Responsive Transformative Teaching (CRTT). Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 48-57.
Rindayati, E., Putri, C. A. D., & Damariswara, R. (2022). Kesulitan Calon Pendidik dalam Mengembangkan Perangkat Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(1), 18–27. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i1.104
Tarihoran, E. (2019). Guru dalam pengajaran abad 21. SAPA-Jurnal Kateketik Dan Pastoral, 4(1), 46-58.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v8i4.1529-1539
Refbacks
- There are currently no refbacks.