OPTIMALISASI INOVASI GURU SD MUHAMMADIYAH 5 KOTA BATU MELALUI PENDAMPINGAN PENYUSUNAN MEDIA LITERASI VISUAL

Maharani Putri Kumalasani, Hidayah Budi Qur’ani, Avhiony Puspa Sari

Abstract


Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan untuk membantu menyeleseikan permasalahan terkait kebutuhan mitra di SD Muhammadiyah 5 Kota Malang yaitu guru membutuhkan pendampingan dalam menyusun media literasi visual yang dapat membantu peserta didik peserta didik dalam memahami teks dalam bacaan literasi. Metode pengabdian ini dilakukan dengan Metode Workshop yang terdapat 3 tahapan yaitu pertama Tahap Persiapan, Tahap Kedua yaitu pelaksanaan (Pembukaan, Penyampaian Materi Workshop, Pendampingan Penyusunan Media Literasi Visual), Tahap ketiga yaitu Evaluasi (Post Tes dan FGD).  Hasil dari kegiatan pengabdian ini memberikan dampak yang positif bagi guru, dengan adanya peningkatan pemahaman guru tentang media literasi visual, dan guru telah mampu menghasilkan produk media literasi visual  yang berupa Bigbook. Bigbook yang telah dihasilkan merupakan wujud dari inovasi yang dihasilkan oleh guru dalam optimalisasi pengembangan kemampuan guru SD Muhammadiyah 5 Kota Batu. Bigbook yang dihasilkan berupa teks dengan dilengkapi gambar sebagai visualisasi memberikan dampak positif bagi peserta didik dalam membantu memahami teks bacaan.


Keywords


Pendampingan,Guru, Media, Literasi, Visual

Full Text:

PDF

References


Aisyah, S., Sucianan, D., Sausan, I., & Yurina Nabila, R. (2024). Peningkatan Kompetensi Literasi Media Guru Sd Desa Situ Udik Cibungbulang Melalui Pelatihan Perancangan E-Game for Learning Suci Nurhayati 4 Sukma Wahyu Wijayanti 5 Danang Budi Setyawan 6 4 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Terbuka. https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v3i2.383

Arti, W., Widanti, H. N., & Wati, T. L. (2023). Program Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Guru dalam Deteksi dan Intervensi Dini dalam Tumbuh Kembang Anak Sekolah Dasar melalui Penggunaan Flashcard Pediatrik dan Media Visual. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 7(3), 663–671. https://doi.org/10.29407/ja.v7i3.19970

Chadijah, S. (2024). Upaya Meningkatkan Literasi Anak Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Dengan Metode Bercerita. In Jurnal Al-Amar (JAA) (Vol. 5, Issue 1).

Chen, J. J., & Krieger, N. J. (2023). Learning gain rather than learning loss during COVID-19: A proposal for reframing the narrative. Contemporary Issues in Early Childhood, 24(1), 82–86. https://doi.org/10.1177/14639491211073144

Delello, J. A., & McWhorter, R. R. (2015). New visual literacies and competencies for education and the workplace. In Handbook of Research on the Societal Impact of Digital Media (pp. 127–162). IGI Global. https://doi.org/10.4018/978-1-4666-8310-5.ch006

Dwi Aryani, W., & Purnomo, H. (2023). Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Dalam Meningkatkan Budaya Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 71–82.

Fatimah, A., & Maryani, K. (2018). Visual literasi media pembelajaran buku cerita anak. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(1), 61–69. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i1.16212

Febriani, S. R., & Safutri, J. T. (2020). Development of Literacy in Islamic Education in the COVID-19 Pandemic Era for Elementary School. In Khalifa: Journal of Islamic Education (Vol. 4, Issue 2).

Fuddin, S. (2021). Model Lokakarya (Workshop) Dalam Pendidikan Profesi Guru. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 92. https://doi.org/10.32832/educate.v6i2.5109

Hayati, Z., Jarmita, N., Astuti, S., Ulya, K., Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negri Ar-Raniry Banda Aceh, F., & Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa, F. (n.d.). Pendampingan Pembuatan Media Inovatif Berbasis Artificial Intelligence (Ai) Untuk Mengembangkan Literacy Digital Calon Guru Sd/Mi Di Aceh Dalam Mendukung Transformasi Digital Berkelanjutan. https://doi.org/10.31604/jpm.v7i11.4526-4540

Jaiman Madu, F., Jediut, M., & Paulus Ruteng, S. (2022). Membentuk Literasi Membaca Pada Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3). https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2436

Kustandi, C., Farhan, M., Zianadezdha, A., Fitri, A. K., & L, N. A. (2021). Pemanfaatan Media Visual Dalam Tercapainya Tujuan Pembelajaran. Akademika, 10(02), 291–299. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i02.1402

Lokakarya, K., Berbasis, P., Program, D., Penggerak, S., I, A., Ketiga, T., Kabupaten, D., Rahma, S., & Hamzah, A. (2024). Madani : Indonesian Journal Of Civil Society. 6(1), 53–64. https://ejournal.pnc.ac.id/index.php/madani

Marisana, D., Iskandar, S., & Kurniawan, D. T. (2023). Penggunaan Platform Merdeka Mengajar untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 139–150. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4363

Metboki, Y., Hambandima, E. S. N., Ludji, I., & Sula, S. M. (2022). PKM Peningkatkan Keterampilan Mengajar Bertanya Berbasis HOTS Pada Guru TK Yayasan Pendidikan Kristen. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 6(3), 773–785. https://doi.org/10.29407/ja.v6i3.17844

Nur Yasin, F. (n.d.). Pengaruh Media Pembelajaran Big Book Dengan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Informasi Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. In Jurnal Muassis Pendidikan Dasar (Vol. 1, Issue 2).

Pendidikan, J. S., Pembelajaran, D., Putrawangsa, S., Hasanah, U., & Kunci, K. (2022). E D U P E D I K A Analisis Capaian Siswa Indonesia Pada PISA dan Urgensi Kurikulum Berorientasi Literasi dan Numerasi (Vol. 1, Issue 1). https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/edupedika

Pendidikan, J., Sekolah Dasar, G., Febrianti, W., Mirnawati, L. B., & Faradita, M. N. (2023). Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Dalam Mengikuti Program Literasi Reading Comprehension Skills Of IV Grade Elementary School Students In Participating In The Literacy Program 1* (Vol. 8). http://journal.umpalangkaraya.ac.id/index.php/

Penulis, N., Siti, :, & Hani, U. (2024). Pelatihan Canva untuk Meningkatkan Literasi Digital di SDN Sirap dan SDN Sirnasari Corresponding Author. 2(2). https://ejournal.jurnalpengabdiansosial.com/index.php/jps

Potter, W. J. (2010). The state of media literacy. Journal of Broadcasting and Electronic Media, 54(4), 675–696. https://doi.org/10.1080/08838151.2011.521462

Pranatami, D. A., Akmalia, H. A., & Mariska, R. (n.d.). Pelatihan Keterampilan Guru Dan Calon Guru Dalam Penyusunan Lkpd Berbasis Socioscientific Isue. https://doi.org/10.31604/jpm.v7i12.5174-5185

Rejeki, N. (2022). Analisis Learning Loss dan Strategi Recovery Pasca Pembelajaran Jarak Jauh. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(3), 407–422. https://doi.org/10.14421/njpi.2022.v2i3-2

Sinaga, R., Afriany, R., & Samsinar, S. (2024). FT Pelatihan Pembuatan Evaluasi Pembelajaran dengan Menggunakan Google Formulir bagi Guru SDN 96/IV Kota Jambi. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 8(1), 69–78. https://doi.org/10.29407/ja.v8i1.21813

Surur, M., Kartika S., L. D., Fahri H, A., Sugianto, R., Jannah, S., & Udzri, K. R. (2024). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Inovatif Berbasis Canva Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital. Dedication : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 8(1), 85–98. https://doi.org/10.31537/dedication.v8i1.1715

Syah, R., & Darmawan, D. (n.d.). Pemanfaatan Media Sosial Instagram sebagai Literasi Visual pada Pendidikan Orang Dewasa Rahmat Syah, Daddy Darmawan Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Literasi Visual Pada Pendidikan Orang Dewasa.

Taufik Hidayat, M., Arif Fadhilah, M., Rizki, A., & Fuadi, S. (n.d.). Pelatihan Penyusunan Modul Ajar Dan Best Practice Guru Berprestasi Bagi Guru Smkn 1 Indra Makmu. https://doi.org/10.31604/jpm.v7i12.5345-5365

Tri Wulandari, & Adam Mudinillah. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 2(1), 102–118. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i1.245

Wharul Huda, K., & Rohmiyati, Y. (n.d.). Analisis Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Dengan Media Buku Cerita Bergambar Di Sd Negeri Wotan 02 Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v8i3.1352-1363

Refbacks

  • There are currently no refbacks.