IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN DIGITAL GURU SMA SWASTA AL-MAKSUM MEDAN

Yayuk Hayulina Manurung, Dewi Kesuma Nasution, Sri Listiana Izar, Dhamawati Dharmawati

Abstract


Keterampilan digital untuk menggunakan berbagai jenis media pembelajaran berbasis digital dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka menjadi salah satu tuntutan dan tantangan bagi setiap guru. SMA Swasta Al-Maksum dan tim PKM FKIP Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) pada Juni 2023 s/d Oktober 2023 telah menjalin kerjasama melalui pengembangan dan pelatihan guru dalam pemikiran kreatif berbasis proyek untuk menghasilkan inovasi dalam desain perangkat pembelajaran sebagai langkah sekolah dalam rangka penerapan kurikulum tersebut. Pelatihan dan pendampingan selanjutnya masih diperlukan untuk tindak lanjut terkait pada penggunaan ragam media pembelajaran. Hal ini dikarenakan temuan dalam observasi menunjukkan ketrampilan digital guru masih belum maksimal. Penggunaan media power point (PPT) yang digunakan guru masih mendominasi dan sebagai media andalan dalam setiap pembelajaran. Kemudian, buku teks, nonteks, dan bahan ajar menjadi satu-satunya perangkat belajar sehingga siswa yang mengalami kesulitan dalam mengembangkan kemampuan literasi. Pelatihan dan pendampingan guru dalam menggunakan media pembelajaran berbasis Augmented Reality  Dengan bantuan situs web Assembly Education menawarkan solusi untuk meningkatkan ketrampilan digital guru SMA Swasta Al-Maksum Medan. Selain itu kemampuan literasi siswa dan kemandirian siswa dalam pembelajaran dapat meningkat dikarenakan mereka memiliki kemampuan untuk mengakses informasi, bekerja sama dengan orang lain, dan mempelajari bakat mereka sendiri. Peningkatan ketrampilan digital guru bergantung pada kesiapan guru dan dukungan oleh pihak sekolah sehingga pada akhirnya tuntutan dari implementasi Kurikulum Merdeka dapat dipenuhi secara maksimal dan dapat melatih siswa dalam berbagai aspek, seperti disiplin, berani, sopan, dan berbakat.


Keywords


augmented- reality, digital, media, learning

Full Text:

PDF

References


Fauzan Sidik, M. (2021). Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Untuk Materi Instalasi Jaringan Komputer. TEMATIK Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 8(1), 14–28.

Hasim, E. (2020). Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Perguruan Tinggi Di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Webinar Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo, 69–74.

Hermawan, H., Waluyo, R., & Ichsan, M. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Mesin Menggunakan Teknologi Augmented Reality. Journal of Innovation Information Technology and Application (JINITA), 1(01), 1–7. https://doi.org/10.35970/jinita.v1i01.88

Jaya, A., Hartono, R., Syafri, F., & Haryanti, R. P. (2023). Analisis Tuntutan Kurikulum Merdeka dalam Konteks Penerapan Keterampilan Abad 21 pada materi Pembelajaran Bahasa Inggris. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, 142–147. http://pps.unnes.ac.id/pps2/prodi/prosiding-pascasarjana-unnes

Kasim, M. H., Imtiyaz, M. F., & Nur, S. (2024). Pemanfaatan Manajemen Pembelajaran Augmented Reality Dalam Mendukung Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 11(2), 769–780. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v11i2.1029

Manurung, Y. H., & Siregar, F. S. (2022). The Use of Kahoot as The Alternative Assignment in Online Learning During Pandemic At SMP Muhammadiyah 61 Medan: Teachers’ Perspectives. Proceeding International Seminar on Islamic Studies, 3, 36–43.

Mustaqim, I. (2016). Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 13(2), 174.

Nasution, D. K., Manurung, Y. H., Arda, M., & Handayani, S. (2022). Pelatihan Digital Assessment Berbasis Kahoot Dan Quizizz Dalam Pembelajaran Daring (Online) Untuk Guru SMP Muhammadiyah 61 Medan. Ihsan, 4(2), 113–118. https://doi.org/10.30596/ihsan.v4i2.10486

Nugrohadi, S., & Anwar, M. T. (2022). Pelatihan Assembler Edu untuk Meningkatkan Keterampilan Guru Merancang Project-based Learning Sesuai Kurikulum Merdeka Belajar. Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 16(1), 77–80. https://doi.org/10.26877/mpp.v16i1.11953

Rofi’i, A., Saputra, D. S., Yonanda, D. A., & Febriyanto, B. (2023). Implementasi Media Pembelajaran Augmented Reality (AR) dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(1), 344–350. https://doi.org/10.31949/jee.v6i1.4754

Rosa Sinensis, A., Firdaus, T., & Riski, U. (2023). Peningkatan Literasi Digital Guru Melalui PKM Workshop Pembuatan Media Interaktif Berbasis Android di Yayasan Pondok Pesantren Nurul Huda Oku Timur. Jurnal Abdi Insani, 10(4), 2178–2187. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v10i4.1138

Siregar, F. S., Syahputri, D., & Putri, S. R. (2022). Upaya Peningkatan Kemampuan Mengajar Calon Guru Bahasa Inggris Dengan Teknik Teaching Presentation Dalam Kuliah Micro Teaching. Somasi, Sosial Humaniora Komunikasi, 109–115.

Subagiyo, A., Astutik, W., Wahyuni, E. D., Widhiati, K., Maulidin, M. E., Listiani, W., Supriadi, M., Ikip, M., & Utomo, B. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality (AR) dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan , 9(22), 920–925. https://doi.org/10.5281/zenodo.10210117

Tiastuti, E. R., Maruti, E. S., & Yudhaningtyas, S. P. (2023). Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Dalam Peningkatan Keterampilan Guru Di Era Digital. AMMA : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(11).




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v8i4.1383-1388

Refbacks

  • There are currently no refbacks.