KONTRIBUSI KOMUNITAS LITERAT MUDA DALAM DISEMINASI GERAKAN LITERASI DIGITAL MAHASISWA DI FAKULTAS USHULUDDIN DAN FILSAFAT

Wildah Nurul Islami, Nadya Sa’adatur Rohmah

Abstract


Penelitian ini menjelaskan kontribusi Komunitas Literat Muda (KLM) dalam diseminasi gerakan literasi digital di Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Sunan Ampel Surabaya. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya minat literasi mahasiswa milenial mahasiswa, terutama dalam membaca dan menulis, serta kurangnya pemanfaatan literasi digital. Penelitian ini berfokus pada dua hal: (1) Apa saja bentuk kegiatan diseminasi literasi digital Komunitas Literat Muda (KLM) di Fakultas Ushuluddin dan Filsafat? (2) Bagaimana kontribusi diseminasi gerakan literasi digital KLM bagi mahasiswa di Fakultas Ushuluddin dan Filsafat?. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi kegiatan KLM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KLM berkontribusi signifikan dalam mengembangkan kemampuan literasi digital mahasiswa melalui berbagai program kegiatan, seperti pelatihan kepenulisan, bedah buku, artikel, dan skripsi, mentoring kepenulisan, bonding anggota, kompetisi dan peringatan anniversary, kegiatan pendampingan bersama mitra KLM, dan publikasi karya tulisan di website literatmuda.com yang diinisiasi oleh KLM. Diseminasi literasi digital ini telah membantu mahasiswa meningkatkan kemampuan literasi, baik dalam aspek teknis maupun kognitif. Di antara kontribusinya adalah penguatan motivasi berliterasi, pembentukan zona ramah literasi, peningkatan dan pendalaman wawasan kepenulisan, peningkatan prestasi akademik dan non akademik, peningkatan kapasitas mengelola media digital, dan peningkatan intensitas publikasi karya. KLM berhasil menciptakan lingkungan literasi yang mendukung peningkatan keterampilan membaca, menulis, dan berpikir kritis, sehingga mahasiswa lebih produktif dalam publikasi karya serta role model dalam gerakan literasi digital di perguruan tinggi.


Keywords


contribution, young literate community, dissemination, digital literacy

Full Text:

PDF

References


Abdussamad, Zuchri. Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: Syakir Media Press. 2021.

Amihardja, Siswantini, dkk. Lentera Literasi Digital Indonesia: Panduan Literasi Digital Kaum Muda Indonesia Timur. Malang: Tiga Serenada. 2022.

Aziez, Harun Al, dkk, “Program Peningkatan Literasi Teknologi untuk Mahasiswa melalui Pengenalan Dasar-Dasar Computer Vision,” Jati Emas, Vol. 8 No. 1 (2024).

Bernard, H. Russell. Research Methods in Anthropology: Qualitative and Quantitative Approaches (6th ed.). Lanham, MD: Rowman & Littlefield. 2017.

Creswell, John W. Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches (3rd ed.). Los Angeles, CA: Sage Publications. 2013.

Faizin, Moh., dkk., “Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Digital melalui Pengenalan Lingkungan Persekolahan (PLP) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya,” Jurnal Kependidikan Islam, Vol. 13 No. 1 (2023).

Feri Sulianta. Literasi Digital, Riset, Perkembangannya dan Perspektif Social Studies (Bandung: Feri Sulianta Publisher.

Hinds, J. and Joinson, A.N., “What demographic attributes do our digital footprints reveal? A systematic review,” PLoS ONE, 13(11) (2018), doi:10.1371/journal.pone.0207112.

Internetsociety, “Digital Footprints: An Internet Society Reference Framework, https://www.internetsociety.org/resources/doc/2014/digital-footprints-an-internet-society-reference-framework/, diakses pada 28 Agustud 2024.

Kurnia, Novi dan Santi Indra Astuti, “Peta Gerakan Literasi Digital di Indonesia: Studi Tentang Pelaku, Ragam Kegiatan, Kelompok Sasaran Dan Mitra,” Informasi, Vol. 47 No. 2 (2017).

Mansyur, Umar, “Minat Baca Mahasiswa: Potret Pengembangan Budaya Literasi di Universitas Muslim Indonesia,” Jurnal Literasi, Vol. 4, No. 2 (2020), 154.

Mashuri, Chamdan, dkk.. Buku Ajar Literasi Digital. Tasikmalaya: Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia. 2022.

Najwa, Pengurus KLM, wawancara (Surabaya, 28 Mei 2024, Pukul 15.00 WIB).

Nasution, S., Metode Research (Penelitian Ilmiah). Bandung: Bumi Aksara. 2006.

Nuri, Pengurus KLM, wawancara (Surabaya, 28 Mei 2024, Pukul 16.00 WIB).

Restianty, Ajani, “Literasi Digital, Sebuah Tantangan Baru Dalam Literasi Media,” Gunahumas, Vol.1 No. 1 (2018).

Ririen, Deci dan Febblina Daryanes, “Analisis Literasi Digital Mahasiswa.” Reseacrh and Development Journal of Education, Vol. 8 No. 1 (2022).

Saputra, Hendra Nelva dan Salim, “Potret Sikap Mahasiswa dalam Penggunaan Literasi Digital,” Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol.4 No.2 (2020).

Sari, Esti Swatika dan Setyawan Pujiono, “Budaya Literasi di Kalangan Mahasiswa FBS UNY,” Litera, Vol. 16 No. 1 (2017).

Silalahi, Dumaris E., dkk., Literasi Digital Berbasis Pendidikan: Teori, Praktek dan Penerapannya. Padang: Pt. Global Eksekutif Teknologi. 2022.

Sitanggang, Debora Danisa Kurniasih Perdana, “Diseminasi Adalah: Pengertian, Strategi, dan Tugasnya,” https://www.detik.com/bali/berita/d-6425766/diseminasi-adalah-pengertian-strategi-dan-tugasnya, diakses pada 8 Januari 2024.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kulaitatif dan R & D, cet. Ke-19. Bandung: Alfabeta. 2013.

Suhardi, Didik, dkk. Materi Pendukung Literasi Digital. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017.

Syabaruddin, Agus dan Imamudin, “Implementasi Literasi Digital di Kalangan Mahasiswa,” Jurnal Edusains, Vol. 9 No. 2 (2022).

Tours, E., “Digital mindsets: Teachers’ technology use in personal life and teaching,” Language Learning & Technology, http: //llt.msu.edu/issues/october2015/tour.pdf., 19 (3) (2015), 124–139.

UNESCO, “The Plurality of Literacy and its Implications for Policies”, UNESCO Education Sector Position Paper (2004).

Yusrina, Pengurus KLM, wawancara (Surabaya, 28 Mei 2024, Pukul 16.00 WIB).

Zahra, Pengurus KLM, wawancara (Surabaya, 11 Juni 2024, Pukul 15.00




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v8i5.1758-1773

Refbacks

  • There are currently no refbacks.