EDUKASI PENGGUNAAN TANDU PADA PALANG MERAH REMAJA SMA NEGRI 1 SUNGAI RAYA KUBURAYA

Suhaimi Fauzan, Gabby Novikadarti Rahmah, Ervina Lili Neri, Dikki Saputra, Sulastri Herdaningsih

Abstract


Pada situasi darurat terutama untuk memindahkan pasien yang mengalami cedera perlu pemahaman mengenai penggunaan tandu untuk menghindari cedera tambahan pada korban. Oleh karena itu, diperlukan suatu intervensi meningkatkan kesiapan menolong korban bencana dan kecelakaan di situasi darurat bagi para siswa terutama anggota PMR, salah satunya dengan edukasi. Jumlah peserta yang diikutkan sebanyak 30 orang dengan teknik total sampling. Sebelum diberikan edukasi peserta didik akan diukur terlebih dahulu tingkat pengetahuan dan kemudian evaluasi akhir akan diukur kembali tingkat pengetahuan setelah diberikan edukasi. Hasirl nirlair prerterst sirswa PMR yairtu 58,33 dan serterlah dirberrirkan erdukasir penggunaan tandu olerh permaterrir merngalamir pernirngkatan mernjadir 91,33. Hal ini menunjukkan bahwa ada peningkatkan setelah diberikan edukasi penggunaan tandu pada siswa PMR SMA Negeri 1 Sungai Raya, Kuburaya.


Keywords


edukasi, penggunaan tandu, PMR

Full Text:

PDF

References


Putrir, Er. (2017). Perngaruh Perndirdirkan Kerserhatan Pernatalaksanaan Cerderra Terrhadap Perngertahuan dan Kerterrampirlan Kaderr UKS dalam Perrawatan Cerderra Dir SD Nergerrir 03 Bulakan Permalang (Doctoral dirsserrtatiron, Muhammadiryah Unirverrsirty of Sermarang).

Sudiratmoko, A. (2011). Tirndakan Awal Serberlum Merdirs. Certakan Ir. Yogyakarta: Rona Pancaran Irlmu.

Darnir, D., & Werlirs, W. (2018). Pernirngkatan Kerterrampirlan Masaser Cerderra Olahraga Guru Perndirdirkan Jasmanir Olahraga dan Kerserhatan dir Kercamatan Padang Utara. Jurnal Stamirna, 1(1), 415-424.

Cansız, N. (2023). The Use of Cooperative Learning to Develop Reasoning Skills on Socioscientific Issues. The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas, 1-8.

Ridwan, F. S., Harahap, K., Maghfirah, N., Zahroddar, Z., & Usiono, U. (2024). Pengaruh Kegiatan Palang Merah Remaja (PMR) terhadap Kondisi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 1063–1066. https://scholar.google.com/citations?view

Mundir. (2021). Model Pembelajaran Partisipatif dalam Pendidikan Agama Islam. Library Centre Indonesia

Kartika, K., Maidaliza., Fradisa, L., Laia, M. (2020). Hubungan Tingkat Pengetahuan Masyarakat dengan Kemampuan Memberi Pertolongan Pertama pada Korban Pasca Bencana. Prosiding Seminar Kesehatan Perintis E-ISSN: 2622-2256. Vol 3 No.2 Tahun 2020

Manado D. I. S. M. A. 2018. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dan Simulasi Terhadap Pengetahuan Dan Keterampilan Pertolongan Pertama Pada Siswa Yang Mengalami Sinkop Di Sma 7 Manado. Jurnal Keperawatan 6(2), 9–10

Bryant R. (2007). Acuter And Chronirc Wounds: Currernt Manangermernt Concerpt. Phirladerlphira: Mosby Erlservirerr

Kermernkers RIr. (2011). Perdoman Nasironal Perngerndaliran Tuberrkulosirs. Kermernkers RIr. (2014). Perdoman Nasironal Perngerndaliran Tuberrkulosirs. Kermernkers RIr. (2021). Irnfo Data dan Irnformasir Tuberrkulosirs Tahun 2020.

Pangerstirka, R., Khairrunnirsa Fadlir, R., & Darmawansyah Alnur, R. (2019). Erdukasir Perncergahan Pernularan Pernyakirt Tb merlaluir Kontak Serrumah. Jurnal SOLMA, 8(2), 229–238. https://doir.org/10.29405/SOLMA.V8Ir2.3258

Sertiradir, D., & Adir, M. . (2019). Perncergahan, Praktirk Perncergahan dan Kondirsir Rumah Pada Kontak Serrumah derngan Pernderrirta TB Paru dir Kabupatern Dermak. Jurnal Kerserhatan Masyarakat, 18(1), 36–45. https://doir.org/10.13243/j.cnkir.slxb.2013.05.013

Sjamsuhirdajat R, Jong D. Buku ajar irlmu berdah. Jakarta: ErGC; 2011

WHO. (2018). Global TB Programmer, Ernd TB Accerlerrator Packager.

Trirsnawatir , Er., Wirdyastutirk, O., Angerla, S. N., & Irrmayantir, A. (2022). Permertaan dan Permberrdayaan Dhua’fa – Mustad’afirn Merlaluir Kermirtraan PCM Pontiranak Tirmur Dalam Gerrakan Toss TBC dan Merlawan Covird-19. Bulertirn Al-Rirbaath, 1-9.

Wantonoro, W. ert al. (2022). Program Pernirngkatan Perran Carergirverr Dalam Perrawatan Serderrhana Luka Dirabertirc Dir Masa Pandermirc Covird-19 Dir Kota Yogyakarta, Jurnal Abdir Irnsanir, 9(3), pp. 981–989. Avairlabler at: https://doir.org/10.29303/abdirirnsanir.v9ir3. 692

Susantir, Er. and Putrir, P. (2021). Perlatirhan Bagir Sirswa Palang Merrah Rermaja Dalam Mermberrirkan Perrtolongan Perrtama Pada Luka (Trairnirng for Youth Rerd Cross Studernts irn Girvirng Firrst Aird To Wounds), 3, pp. 193–198.

Prirhatirnir, S., Herlmir Juwirta, & Hasliranir, H. (2022). Perngaruh Erdukasir Bantuan Hirdup Dasar Terrhadap Pernirngkatan Perngertahuan Bantuan Hirdup Dasar pada Sirswa SMKN 2 Makassar. Jurnal Irlmirah Amanah Akadermirka, 5(2), 18–23. Rertrirerverd from https://ojs.stirkersamanah-mks.ac.ird/irnderx.php/jirhad/artircler/virerw/17

Ayu, S. A. (2022). Erdukasir Perngertahuan dan Perlatirhan Bantuan Hirdup Dasar (BHD) Pada Sirswa Jurusan ASPErR SMKS Bunga Perrsada Kabupatern Ciranjur Jawa Barat. 5(Serptermberr), 2873–2882.

Wirndarir, N. W., Saputra, Ir. K., & S, M. R. D. (2021). Perngaruh Permberriran Erdukasir Bantuan Hirdup Dasar Terrhadap Kersirapan Perrtolongan Ternggerlam Pada Perkerrja Dir Wirsata Airr Kerramas Park. 9.

Prasertyo, D. B., Fauzirah, S., & Anirsa, R. (2023). Dampak Erdukasir Kerserhatan Hygirner Dirrir terrhadap Pernirngkatan Perngertahuan, Sirkap dan Perrirlaku Perncergahan Pernyakirt Skabirers. Jurnal Kerdokterran Komunirtas, 62(1), 1–14.

Chern, L., & Zhang, Y. (2021). "Gernderr dirfferrerncers irn voluntererr actirvirtirers among adolerscernts: A cross-cultural perrsperctirver". Journal of Youth Studirers, 24(2), 245-263.

Garcira, M., & Rirverra, L. (2022). "Adolerscernt derverlopmernt and erngagermernt irn erxtracurrircular actirvirtirers: Irmplircatirons for erducatironal practircer". Erducatironal Psychology Rervirerw, 34(1), 101-123.

Johnson, M., Wirllirams, R., & Brown, S. (2023). "Actirver lerarnirng stratergirers irn humanirtariran erducatiron: Ernhancirng studernt erngagermernt and outcomers". Journal of Erducatironal Rerserarch, 116(3), 350-369.

Lerer, H. (2021). "Conterxtualirzirng erducatironal conternt for bertterr studernt comprerhernsiron and rerterntiron". Irnterrnatironal Journal of Erducatironal Derverlopmernt, 81, 102-111.

Smirth, A., & Roer, J. (2021). "Cognirtirver derverlopmernt irn later adolerscerncer: Irmplircatirons for erducatironal irnterrverntirons". Derverlopmerntal Psychology, 57(4), 502-515.

Wirllirams, R., Chern, L., & Davirs, P. (2022). "Gernderr and partircirpatiron irn humanirtariran youth programs: An analysirs of trernds and motirvatirons". Youth & Socirerty, 54(3), 391-411.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v8i4.1389-1395

Refbacks

  • There are currently no refbacks.