PENGETAHUAN DAN PEMAHAMAN MASYARAKAT DAERAH TASIKMALAYA TENTANG COVID-19

Ruswanto Ruswanto, Anna Yuliana, Firman Gustaman, Nurul Kamilah, Sukma Ayudia, Widya Oktaviani, Gina Maya Lestari, Oktaviani Ayu Saputri, Mina Fauziah, Fanisa Riadhiani, Paras Layna Safa, Yana Herdiana, Rika Zahara Dewi, Wiwin Kristiana, Melia Fujiyanti, Nida Puspa Dewi, Wini Wahyuni, Alicia Nadira, Mochamad Fajar Deliaz, Wemfi Riska Roswandi, Wina Aprilia Setiawati

Abstract


Saat ini Corona Virus menjadi perbincangan banyak negara di dunia termasuk Indonesia didalamnya. Virus ini sudah menjadi masalah diseluruh dunia karena dengan penyebaran yang begitu cepat dan mematikan. Penularannya hanya melalui kontak dengan penderita yang ditularkan begitu cepat. Virus ini membawa dampak yang signifikan terhadap kehidupan manusia dengan melemahnya ekonomi masyarakat. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengetahui tingkat pengetahuan dan pemahaman masyarakat terhadap  Covid-19. Metode yang digunakan dalam rangka untuk studi pendahuluan pengabdian masyarakat yaitu dengan menyebar kuesioner dan mengumpulkan data-data mengenai pengetahuan masyarakat dan cara penanggulangan Covid-19 secara sederhana di masyarakat. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kebanyakan masyarakat sudah mengetahui cara menanggulangi penyebaran virus ini secara sederhana. Untuk dapat mencegah penyebaran virus ini sangat diperlukan kerjasama oleh semua orang dengan sadar dan saling mengingatkan dalam upaya pencegahan penyebaran virus ini.


Keywords


covid-19; kuesioner; pengetahuan; virus

Full Text:

PDF

References


Adityo Susilo, C. Martin Rumende, Ceva W Pitoyo, Widayat Djoko Santoso, Mira Yulianti, Herikurniawan, Robert Sinto, Gurmeet Singh, Leonard Nainggolan, Erni J Nelwan, Lie Khie Chen, Alvina Widhani, Edwin Wijaya, Bramantya Wicaksana, Maradewi aksum, Firda Annisa, Chyntia OM Jasirwan dan Evy Yunihastuti, 2020, Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini Coronavirus Disease 2019: Review of Current Literatures, Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, Volume 7(1): 45-67.

Buana, Dana Riksa, 2020. Analisis Perilaku Masyarakat Indonesia dalam Menghadapi Pandemi Virus Corona (Covid-19) dan Kiat Menjaga Kesejahteraan Jiwa, Salam: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, Volume 7, No. 3 (2020).

Budi Yanti, Eko Mulyadi, Wahiduddin, Revi Gama Hatta Novika, Yuliana Mahdiyah Da’at Arina, Natalia Sri Martani, Nawan. 2020. Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Masyarakat terhadap Kebijakan Jaga Jarak sebagai Cara Pencegahan Penularan COVID-19 di Indonesia, Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia Vol 8 No 1 Special Issue 2020.

Eman Sup Aji, A.M.; Yunus, N.R. 2018. Basic Theory of Law and Justice, Jakarta: Jurisprudence Institute.

http://promkes.kemkes.go.id/panduan-pencegahan-penularan-covid-19-untuk-masyarakat. Diakses 25 Agustus 2020.

Jonas De Vos. 2020. The effect of COVID-19 and subsequent social distancing on travel behavior, Transportation Research Interdisciplinary Perspectives, Volume 5, 2020, 100121, ISSN 2590-1982, https://doi.org/10.1016/j.trip.2020.100121.

World Health Organization, Pertanyaan dan jawaban terkait Coronavirus. 2020. Tersedia di https://www.who.int/indonesia/news/novel-coronavirus/qa-for-public (Diakses 19 Agustus 2020)




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v4i2.538-544

Refbacks

  • There are currently no refbacks.