EDUKASI DINI SAMPAH ORGANIK DAN ANORGANIK PADA ANAK PAUD TK AL-AQSHA KEC. TELANAIPURA KOTA JAMBI
Abstract
Anak dengan usia 1 – 3 tahun merupakan masa dimana edukasi dan disiplin perlu ditanamkan dengan cara yang menarik. Dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan di TK Al-Aqsha ini diberikan edukasi terkait sampah organik dan anorganik pada anak anak tersebut akan memberi hal positif berupa kesadaran lingkungan yang bermanfaat tidak saja bagi diri sendiri namun juga bagi lingkungan sekitar. Sampah menjadi barang yang sering ditemui oleh para peserta didik baik di rumah maupun di sekolah. Dengan melakukan pemilahan sampah berarti anak anak tersebut telah melakukan pengelolaan sampah awal yang akan memberi dampak yang baik bagi pengelolaan sampah selanjutnya. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kesadaran akan kebersihan lingkungan dengan jalan memberikan edukasi dini tentang sampah organik dan anorganik pada anak PAUD TK Al-Aqsha Kecamatan Telanaipura Kota Jambi. Luaran yang ditargetkan dari pengabdian ini adalah publikasi pada jurnal nasional, pada media massa (cetak atau online), serta video kegiatan yang akan diunggah di channel youtube LPPM Universitas Jambi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Tatminingsih, Sri, Iin Cintasih. Hakikat Anak Usia Dini. Modul Online Perpustakaan Universitas Terbuka. 2015. Diakes melalui: https://pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/CAUD010102 M1.pdf
Mutmainnah. LINGKUNGAN DAN PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI DILIHAT DARI PERSPEKTIF PSIKOLOGI. Gender Equality: Internasional Journal of Child and Gender Studies Vol. 5, No. 2 September 2019. 2019. Diakses melalui: https://core.ac.uk/download/pdf/270149404.pdf
Suryana, Dadan. Pendidikan Anak Usia Dini: Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak. Prenadamedia Group. 2018, Diakses melalui: http://repository.unp.ac.id/21033/1/STIMULASI%20ASPEK%20PERKEMBANGAN%20ok.pdf
Rosidah, L. (2014). Peningkatan kecerdasan visual spasial anak usia dini melalui permainan maze. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 8(2), 281-290.
Dini, J. P. A. U. (2022). Meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia Dini Melalui Media Game Gartic. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3578-3589.
Wahyuni, R. S. (2018). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial Melalui Kegiatan Menggambar Pada Anak Udia Dini Kelompok. Jurnal Tunas Siliwangi, 4(1), 38-43.
Lathifah, Z. K. (2020). Literasi Visual untuk Peningkatan Kecerdasan Membaca di Era Industri 4.0. Educivilia: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 1(1), 49-57.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v8i2.854-860
Refbacks
- There are currently no refbacks.