STRATEGI MANAJEMEN DAN INOVASI TATA KELOLA ASET MELALUI LITERASI KEUANGAN DIGITAL UMKM DI KECAMATAN MUARA JAWA KUTAI KARTANEGARA
Abstract
Strategi manajemen aset menjadi landasan yang penting bagi keberhasilan dan keberlanjutan UMKM dalam menjalankan kegiatan usahanya. UMKM mampu mengoptimaslisasi pemanfaatan sumberdaya yang dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam operasional usaha. Inovasi dalam tata kelola aset melibatkan penerapan teknologi dan praktik terbaru untuk meningkatkan efisiensi, transparansi, dan keberlanjutan dalam pengelolaan aset. Penerapan teknologi digital untuk pemantauan dan pemeliharaan aset dimana penggunaan sistem manajemen keuangan mampu terintegrasi dengan pengelolaan aset. Literasi keuangan digital membantu anggota UMKM memahami dan menggunakan teknologi keuangan secara efektif dalam pengeloaan aset dan operasional bisnis. Termasuk pemahaman tentang aplikasi perangkat lunak keuangan, e-commerce, pembayaran digital dan analisis data keuangan. UMKM mampu menciptakan lingkungan yang mendukung pengelolaan aset yang efektif, inovasi dalam tata kelola set, dan pemanfaatan teknologi keuangan digital. Hal ini dapat meningkatkan kinerja keuangan, efisiensi operasional, dan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan bagi UMKM dan komunitasnya secara keseluruhan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
_______, UU no 20 tahun 2008 mengenai Usaha Mikro Kecil dan Menengah
Bungin, Burhan. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif Komunikasi Ekonomi dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Depok: Prenadamedia Group
Budiwati, N., Geminastiti, K., Nuriansyah, F., & Nurhayati, D. (2020). Economic Literacy and Economic Decisions. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 29(1), 85– 96. https://doi.org/10.17509/jpis.v29i1.21627
Djohani, R. (2003). Partisipasi, Pemberdayaan, dan Demokrasi Komunitas. Bandung: Studio Driya Media.
Ferdinand, A. (2003). Sustainable Competitive Advantage Sebuah Eksplorasi Model Konseptual . BP. UNDIP, Semarang
G.I. Susman, R.D. Evered, An assessment of the scientific merits of action research, J.R.B. Burns, Introduction to research methods, 4th ed, SAGE Publications, London, 2000.
Morgan, P. J., Huang, B., & Trinh, L. Q. (2019). The Need to Promote Digital Financial Literacy for the Digital Age. The Future of Work and Education for The Digital Age, G20 2019 Japan, 1–9.
Morgan, P., & Q. Long, T. (2020). Financial Literacy , Financial Inclusion , and Savings Behavior in Laos Financial Literacy. 1–39
Prasad, H., Meghwal, D., & Dayama, V. (2018). Digital Financial Literacy: A Study of Households of Udaipur. Journal of Business and Management, 5(I), 23 – 32. https://doi.org/10.3126/jbm.v5i0.27385
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v8i3.1036-1046
Refbacks
- There are currently no refbacks.