MEMPERKUAT KETAHANAN NASIONAL DENGAN PENINGKATAN LITERASI EKONOMI LITERASI DIGITAL MASYRAKAT MELALUI DIGITALISASI PRODUK UMKM

Erly Krisnanik, Ati Zaidiah, Bambang Saras Yulistiawan, intan Hesti Indriana

Abstract


Ketahanan nasional merupakan aspek krusial dalam menghadapi tantangan dan perubahan global, di mana peningkatan literasi ekonomi dan literasi digital masyarakat menjadi elemen penting. Digitalisasi produk UMKM menjadi solusi efektif untuk mendukung ketahanan nasional melalui peningkatan kemampuan ekonomi berbasis teknologi. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi ekonomi dan digital pelaku UMKM di Kecamatan Baros, Serang, Banten, yang masih menghadapi berbagai kendala, seperti kurangnya pemahaman manfaat teknologi informasi, keterbatasan teknis, dan kekhawatiran terhadap investasi awal. Untuk mengatasi permasalahan ini, tim pengabdi memberikan pelatihan literasi digital pemanfaatan teknologi informasi, termasuk penggunaan Google Business untuk promosi produk dan alat studio foto box untuk menciptakan foto produk berkualitas tinggi. Metode yang digunakan adalah learning by doing dengan pendekatan pelatihan dan pendampingan berkelanjutan, melibatkan lima mahasiswa dari berbagai program studi untuk mendukung pelaksanaan kegiatan. Target luaran dari kegiatan adalah mendukung peningkatan penjualan produk UMKM, yang memberikan dampak positif pada penguatan ketahanan nasional melalui pemberdayaan ekonomi digital. Hasil dari kegiatan abdimas berupa rumah toko bagi UMKM menggunakan aplikasi google my business (GMB) untuk mempromosikan dan memasarkan produk.


Keywords


UMKM, Digital Literacy, Product Photos, Google_My_Business

Full Text:

PDF

References


Bangun, C. S., & Purnama, S. (2023). Optimalisasi Pemanfaatan Digital Marketing untuk UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah). ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 89-98.

Aulia, M. R., Hendra, J., Safitri, E., & Bawono, A. (2023). Keberlanjutan UMKM di Jawa Barat di Tinjau Dari New-era Business: Transformasi digital, dividen digital, dan kewirausahaan. Jurnal Bisnisman: Riset Bisnis dan Manajemen, 5(1), 01-15.

Rahmadieni, R. Y., & Wahyuni, E. I. (2022). Pelatihan digital marketing dalam upaya pengembangan pemasaran berbasis teknologi pada UMKM Di Desa Bulusulur. Jurnal Al Basirah, 2(1), 17-26.

Erawan, A. P. D., Aditya, I. G. W., Juniarta, I. W., Permana, I. M. A. S., & Baskara, I. M. W. (2023). Pelatihan Digital Marketing Dalam Upaya Meningkatkan Literasi Digital Umkm Desa Keramas. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 200-205.

Yulistiawan, B. S., Hananto, B., PD, C. N., & Handayani, L. (2024). Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Upaya Meningkatkan Daya Jual Produk UMKM. Jurnal Abmas Negeri (JAGRI), 5(1), 141-149.

Proborini, A. L. (2024). Pelatihan Video Editing Untuk Meningkatkan Jangkauan Digital Marketing Bagi Pelaku Umkm Di Kecamatan Kebon Jeruk Jakarta. BESIRU: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(9), 670-679.

Bryson, J. M. (2018). Strategic planning for public and nonprofit organizations: A guide to strengthening and sustaining organizational achievement. John Wiley & Sons.

Prihantoro, A., Nugroho, T., Nasrudin, M., Hidayat, R. N., & Aprilia, A. (2024). Pelatihan Asesmen Autentik Bagi Guru Sekolah Dasar Muhammadiyah Pakem Sleman. JURNAL GEMI: Jurnal Penelitian dan Pengabdian, 3(2), 11-17.

Husamah, H. (2024). LITERASI Urgensi dan Peran dalam Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan. Jurnal Pendidikan Profesi Guru.

FAHMI, M. I. (2023). Pengaruh Modal Usaha Dan Inovasi Produk Terhadap Perkembangan Umkm Dengan Digital Marketing Sebagai Varibel Moderating Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Empiris UMKM Coffee Shop di Kota Bandar Lampung) (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung)




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i11.4944-4951

Refbacks

  • There are currently no refbacks.