PENDAMPINGAN TUMBUH DAN KEMBANG ANAK MELALUI KULIAH KERJA NYATA PENDIDIKAN (KKNDIK) DI DESA BATULAWANG KECAMATAN CIPANAS

Oktarina Dwi Handayani, Silmi Kaffah TN, Annisa Namira, Sitta Indana, Anisa Tsoraya, Anisah Angrainy, Widya Putri, Athaya Alya

Abstract


Berdasarkan hasil identifikasi lapangan didapatkan data bahwa Desa Batu Lawang terdiri dari4 dusun, Dusun 3 dan 4 memiliki taraf pendidikan yang masih terbilang rendah denganmasyarakat yang sebagian besar tidak lulus sekolah menengah atas (SMA) hal ini salah satunyadisebabkan oleh kurangnya lahan untuk membangun sekolah. Dalam pelaksanaan programKKN-Dik, mahasiswa merancang program kerja yang berkaitan dengan kebutuhan daripermasalahan yang ada, seperti program yang berkaitan dengan pendidikan dan kreativitasanak, serta program yang berkaitan dengan kesehatan gizi dan lingkungan. Mahasiswa terlibataktif dalam merancang dan melaksanakan kegiatan yang mendukung perkembangan fisik,kognitif, dan sosial emosional anak-anak di Desa Batulawang. Beberapa program kegiatanyang dilaksanakan untuk pendampingan tumbuh kembang anak dalam aspek kognitifdiantaranya; gerakan literasi, jurnal kreativitas, pembuatan pojok baca, pembuatan alatpermainan edukatif (APE); program pendampingan untuk orang tua berupa penyuluhanedukasi gizi; serta program pembuatan Eco Short agar anak bertanggung jawab dan sadar akanpentingnya kebersihan sejak dini. Program kegiatan KKNDik ini berhasil mencapai tujuanutamanya, yaitu meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang pentingnyamenjaga kebersihan lingkungan serta pola makan yang sehat bagi anak-anak.

Keywords


Tumbuh kembang; pendidikan; anak usia dini

Full Text:

PDF

References


Afandi, A., Laily, N., Wahyudi, N., Umam, M. H., Kambau, R. A., Rahman, S. A., Sudirman, M., Jamilah, Kadir, N. A., Junaid, S., Nur, S., Parmitasari, R. D. A., Nurdiyanah, Wahid, M., & Wahyudi, J. (n.d.). Metodelogi Pengabdian Masyarakat.

Anisyah, N., Marwah, S., Indrawati, I., Hafizotun, L., Annisa Dewantari Nasution, N., Yumarni, V., & Kausari, D. (2023). Membangun Budaya Literasi Anak Usia Dini pada Suku Anak Dalam di Desa Muaro Tabir. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 799–807. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.349

Aulinda, I. F. (2020). Menanamkan Budaya Literasi Pada Anak Usia Dini di Era Digital. TEMATIK: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 148–172. https://doi.org/10.36768/abdau.v2i1.41

Barrett, P., Davies, F., Zhang, Y., & Barrett, L. (2015). The impact of classroom design on pupils’ learning: Final results ofaholistic, multi-level analysis. Building and Environment, 89, 118–133. https://doi.org/10.1016/j.buildenv.2015.02.013

Data Penduduk Desa Batulawang Kec Cipanas Kab Cianjur. (2021). Kampung Pinter. https://batulawang-cipanas.kampungpinter.co.id/penduduk

Etnawati, S., & Pamungkas, J. (2022). Penggunaan Media Lukis dalam Pembelajaran Seni untuk Mengembangkan Multiple Intelegensi Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5960–5969. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2766

Harahap, I. S., Amelia, R., Siregar, D., Harahap, G. R., & Hasibuan, E. K. (2022). SOSIALISASI PENTINGNYA MENJAGA KEBERSIHAN SEJAK USIA DINI. 1(2), 236–241.

Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group.

Hasna, A. (2018). Membangun Pembelajaran Interaktif Melalui Kegiatan Bermain Alat Permainan Edukatif. 112, 113–128.

Payton, G. (2019). The Impact of Early Math and Numeracy Skills on Academic Achievement in Elementary School. Master’s Theses & Capstone Projects, 1–35. https://nwcommons.nwciowa.edu/cgi/viewcontent.cgi?article=1145&context=education_masters

Prabu Aji, S., Sumarmi, S., Millati, R., Tri Wijayanti, Y., & Aris Tyarini, I. (2024). Increasing Community Nutrition Awareness through Balanced Nutrition Education Program. Abdimas Polsaka, 3(1), 33–39. https://doi.org/10.35816/abdimaspolsaka.v3i1.65

Rohani. (2020). Media Pembelajaran. Repository.Uinsu, 234. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=npLzDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=media+pembelajaran&ots=Nr8w9uLXRR&sig=dO9nzuMdeU76Gwa7wE2-xLcBB7I

Saling, Marihi, L. O., Sumartono, & Tuharea, F. (2023). Penyuluhan Gizi Seimbang Dan Olahan Pangan Lokal Untuk Mencegah Stunting. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat MEMBANGUN NEGERI, 7(1), 48–54. https://doi.org/10.35326/pkm.v7i1.3244

Winarti, W., & Rohmalina. (2020). KEGIATAN MENGGAMBAR BEBAS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN IMAJINATIF PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN. 3(5), 488–495.

Yasmin, N. S., & Mayar, F. (2023). Meningkatkan Kemampuan Seni pada Anak Usia 5-6 Tahun melalui Kegiatan Mewarnai. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7691–7696. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.2619




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v8i2.554-564

Refbacks

  • There are currently no refbacks.