PELATIHAN RAGAM KEGIATAN KELAS MULTIBAHASA: UPAYA PENINGKATAN LITERASI DI SDN KRAMAT 2 KOTA MAGELANG

Sri Wulandari, Puri Bakhtawar, Jendriadi Jendriadi

Abstract


Tulisan ini mendeskripsikan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh tim dosen FKIP Universitas Tidar di SDN Kramat 2 Kota Magelang melalui pelatihan ragam kegiatan kelas dengan menggunakan multibahasa. Tujuan pelatihan ini adalah guna meningkatkan kemampuan literasi Bahasa Indonesia siswa di SDN Kramat 2 Kota Magelang. Program pengabdian ini direalisasikan melalui dua tahap, yaitu tahap persiapan dan tahap pelaksanaan pelatihan. Hasil dari program ini adalah guru-guru di SDN Kramat 2 Kota Magelang kini telah memiliki beberapa alternatif kegiatan di kelas dengan menggunakan lebih dari satu bahasa, yaitu bahasa Jawa, bahasa Indonesia, dan bahasa Inggris. Praktik kegiatan kelas dengan mengaktifkan kemampuan multibahasa ini diharapkan dapat menjadikan bahasa daerah, yang dalam hal ini adalah bahasa Jawa, sebagai bahasa yang menjembatani pemahaman terhadap bahasa Indonesia sehingga rapor literasi SDN Kramat 2 dapat meningkat di tahun berikutnya. Selain itu, penggunaan bahasa daerah dalam kegiatan kelas juga termasuk dalam tindakan untuk mempreservasi bahasa lokal.


Keywords


literasi, multibahasa, kegiatan kelas, preservasi, bahasa daerah

Full Text:

PDF

References


Admin Ditpsd. (2020). Persiapkan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Menuju Sekolah Berkualitas. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/persiapkan-asesmen-kompetensi-minimum-akm-menuju-sekolah-berkualitas

Alamsyah, I., & Samanhudi, D. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Dan Numerasi Siswa Smp Atma Widya Surabaya Menggunakan Metode Asesmen Kemampuan Minimum (Akm). PASCAL (Journal of Physics and Science Learning), 6(2), 123–130. https://doi.org/10.30743/pascal.v6i2.6320

Badan Standar, Kurikulum, dan A. P. (2022). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Fase A-Fase F. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Bhatia, T. K., & Ritchie, W. C. (Eds.). (2004). The Handbook of Bilingualism. Blackwell Publishing Ltd.

Fauziah, S. (2022). Praktik Baik Pembelajaran Multibahasa Berbasis Bahasa Ibu di Indonesia. https://badanbahasa.kemdikbud.go.id/artikel-detail/3634/praktik-baik-pembelajaran-multibahasa-berbasis-bahasa-ibu-di-indonesia

GSI Teaching & Resource Center. (n.d.). Classroom Activities. Retrieved November 13, 2024, from https://gsi.berkeley.edu/gsi-guide-contents/discussion-intro/activities/

Wei, L. (2011). Multilinguality, multimodality, and multicompetence: Code- and modeswitching by minority ethnic children in complementary schools. Modern Language Journal, 95(3), 370–384. https://doi.org/10.1111/j.1540-4781.2011.01209.x

Yazan, B., Rudolph, N., & Selvi, A. F. (2019). Borderland negotiations of identity in language education: Introducing the special issue. In International Multilingual Research Journal (Vol. 13, Issue 3, pp. 133–136). Routledge. https://doi.org/10.1080/19313152.2019.1633095




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v8i2.634-642

Refbacks

  • There are currently no refbacks.