PEMANFAATAN MARKETPLACE SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN AKSES PASAR DAN EFISIENSI PENJUALAN KELOMPOK TANI SAPI POTONG

Debora Chrisinta, Josua Sahala, Marselinus Banu, Justin Eduardo Simarmata

Abstract


Program pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan masyarakat dalam memanfaatkan teknologi digital sebagai sarana pemasaran produk melalui aplikasi marketplace di Facebook. Sosialisasi program, pelatihan yang terstruktur, serta pendampingan intensif diberikan untuk membantu mitra sasaran memahami dan menerapkan strategi pemasaran digital yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Melalui pendekatan yang berbasis kebutuhan dan penerapan langsung, pengabdian ini tidak hanya meningkatkan keterampilan teknis peserta tetapi juga berkontribusi pada pengembangan metode pendidikan praktis di bidang teknologi digital, khususnya dalam konteks pemberdayaan ekonomi masyarakat. Hasil evaluasi menunjukkan tingkat kepuasan yang tinggi terhadap kegiatan ini, dengan peserta merasa terbantu dalam mengakses pasar digital dan mengembangkan usaha mereka secara mandiri. Selain itu, keberlanjutan program difasilitasi melalui pembentukan komunitas dan jaringan dukungan, yang diharapkan dapat memperkuat dampak jangka panjang program ini. Dengan demikian, pengabdian ini dapat memberikan kontribusi signifikan pada perkembangan ilmu pengetahuan di bidang pendidikan teknologi terapan, khususnya dalam pengembangan keterampilan pemasaran digital di kalangan masyarakat.


Keywords


pemasaran digital, marketplace, facebook, pemberdayaan ekonomi

Full Text:

PDF

References


Al Farisi, M. S., Ajriyansyah, A., & Purwanto, A. (2021). Pelatihan Pemasaran Syariah Berbasis Digital bagi Pelaku UMKM di Kelurahan Mekarsari Cileungsi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–5. https://doi.org/10.51805/jpmm.v1i1.1

Irfani, H., Yeni, F., & Wahyuni, R. (2020). Pemanfaatan digital marketing sebagai strategi pemasaran pada UKM dalam menghadapi era industri 4.0. JCES (Journal of Character Education Society), 3(3), 651–659. https://doi.org/10.31764/jces.v3i3.2799

Kosasi, S. (2017). Inovasi Teknologi Media Sosial: Keberhasilan Proses Adopsi Meningkatkan Kelincahan Organisasi. E-Proceedings KNS&I STIKOM Bali, 6(2), 131–136.

Manek, S. S., Bobu, F. R., Chrisinta, D., Rema, Y. O. L., Lestari, A. K. D., & H Yulianto. (2023). Pemanfaatan E-Commerce Untuk Meningkatkan Pemasaran Jamu Kelor oleh Kelompok Wanita Tani di Desa Usapinonot Kabupaten Timor Tengah Utara. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 4(2), 1149–1155. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v4i2.1027

Musvira, M., Natsir, M., & Asizah, N. (2022). Pengaruh modal, tenaga kerja dan marketplace terhadap peningkatan pendapatan usaha mikro kecil dan menengah: pengalaman dari Kota Kendari Sulawesi Tenggara. Value Added: Majalah Ekonomi Dan Bisnis, 18(2), 65–72. https://doi.org/10.26714/vameb.v18i2.10214

Prasetyowati, A., Martha, J. A., & Indrawati, A. (2020). Digital marketing. In Jurnal Peternakan Indonesia (Issue 3).

Sirajuddin, S. N., Asnawi, A., Syawal, S., & Jamal, M. (2016). Peningkatan Adopsi Teknologi Inseminasi Buatan pada Sapi Potong di Kecamatan Lalabata, Kabupaten Soppeng. In Prosiding Seminar Hasil Pengabdian, 5(1).

Yunita, D., Nailis, W., Maulana, A., & Fitrianto, M. E. (2023). Pelatihan Pemanfaatan Platform Penjualan dalam Meningkatkan Kinerja UMKM di Kecamatan Ilir Barat II Kota Palembang. Jurnal Nusantara Mengabdi, 2(2), 109–116. https://doi.org/10.35912/jnm.v2i2.1583

Zunaidi, A. (2024). Metodologi Pengabdian Kepada Masyarakat Pendekatan Praktis untuk Memberdayakan Komunitas. In Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (Vol. 2, Issue 9).




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v8i1.389-395

Refbacks

  • There are currently no refbacks.