PEMANFAATAN TEKNOLOGI DAN DIGITALISASI USAHA DALAM PENINGKATAN PRODUKTIVITAS VCO PADA KELOMPOK UMK DISABILITAS KECAMATAN LUBUK RAJA KABUPATEN OKU
Abstract
Virgin Coconut Oil (VCO) merupakan komoditi berpotensi untuk dikembangkan oleh Usaha Mikro Kecil (UMK) di Kabupaten Ogan Komering Ulu, salah satunya dilakukan oleh Kelompok UMK Bersama Jaya di Lubuk Raja. Akan tetapi, produktivitas dan kapasitas mereka masih terbatas karena ketergantungan pada sistem produksi konvensional. Pengabdian ini bertujuan: 1) Membantu meningkatkan produktivitas produk dengan pemanfaatan teknologi tepat guna, 2) Membantu pemasaran menuju pasar modern melalui Digitalisasi Usaha, 3) Memberikan pengalaman belajar di masyarakat bagi mahasiswa, 4) Memberikan kontribusi nyata bagi dosen, dan 5) Menerapkan pembelajaran kolaboratif multi disiplin ilmu. Kebutuhan pasar akan VCO diprediksi meningkat signifikan di tahun 2024 seiring tren gaya hidup sehat. Namun, kelompok UMK Bersama Jaya masih menghadapi hambatan karena proses produksi yang masih konvensional dan belum memanfaatkan digitalisasi dalam usaha. Oleh karena itu, diperlukan intervensi guna memaksimalkan peluang bisnis dan meningkatkan kesejahteraan kelompok. Hasil pengabdian ini diharapkan berupa peningkatan produktivitas, kapasitas produksi, dan pendapatan melalui penerapan teknologi digital dalam pemasaran VCO
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azizi, N. I., & Yulianingrum, D. (2018). Pengembangan Usaha Kelapa Muda (Minyak Kelapa Muda/VCO) Untuk Meningkatkan Ekonomi Kreatif Masyarakat Di Kecamatan Way Panji. Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Sosial, 5(1).Fernandez, A. C., & Ahmad, A. R. (2019). Strategi pengembangan usaha kelompok wanita dalam memproduksi minyak kelapa muda (VCO) di Desa Curugkembar Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang. Fikra, 4(1), 23-32.
Damayanti, Alfira, Isniyunisyafna Diah Delima, and Ari Suseno. 2023. “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Informasi Dan Publikasi (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Akun Instagram @rumahkimkotatangerang).” Jurnal PIKMA : Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema 6(1): 173–90. doi:10.24076/pikma.v6i1.1308.
Haryani, I. N. Y., & Adnyana, I. G. D. P. (2017). Peningkatan Keterampilan Usaha Kelompok Wanita Dalam Produksi Virgin Coconut Oil (VCO) di Dusun Padang Rendah Desa Pucuk Kembar. Jurnal Ilmu Pertanian, 1(1).
Hermawati, L., & Ekawarti, Y. (2024). Business Model Canvas Sebagai Strategi Penetrasi Usaha Mikro ke Pasar Modern dan Ekspor. JPMI, 6(01).
Indriani, S., Hermawati, L., & Sari, E. K. (2024). Peningkatan Kualitas Produk VCO Melalui Pendampingan Legalitas Usaha dan Branding produk pada Kelompok UMK Disabilitas Bersama Jaya Kecamatan Lubuk Raja OKU. ORENS ABDIMAS JURNAL PENGABDIAN, 1(01), 6-14.
Mematasari, L. K. (2016). Peningkatan Kualitas Produksi Dan Pemasaran Minyak Kelapa Muda (Virgen Coconut Oil) Bagi Kelompok Wanita Tani. Jurnal Penyuluhan Pertanian, 11(1).
Puhi, Lusiana, Amir Halid, and Agustinus Moonti. 2024. “Strategi Pemasaran Minyak Kelapa Murni (VCO) Pada UMKM Segar Alam Di Desa Otopade Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo.” Kompeten: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis 2(4): 721–30. doi:10.57141/kompeten.v2i4.103.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v8i1.358-365
Refbacks
- There are currently no refbacks.