PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM VISUALISASI DATA UNTUK PENELITIAN TINDAKAN KELAS MELALUI PELATIHAN MICROSOFT EXCEL DAN QUIZIZZ

Devni Prima Sari, Fadhilah Fitri, Maulani Meutia Rani

Abstract


Pelatihan bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam menganalisis dan memvisualisasikan data, mendukung pengambilan keputusan berbasis bukti di kelas. Fokus pelatihan ini adalah penggunaan alat analisis data, seperti Microsoft Excel dan Quizizz, yang membantu guru memahami dan menyajikan data secara efektif. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan visualisasi data peserta, di mana guru-guru lebih mampu mengaplikasikan fitur grafik dan diagram untuk menampilkan hasil pembelajaran secara jelas dan menarik. Dengan peningkatan ini, guru-guru menjadi lebih siap dalam merencanakan dan melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang memungkinkan mereka menghasilkan solusi berbasis bukti untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Pelatihan ini diharapkan dapat memperkuat peran guru sebagai agen perubahan dalam pendidikan, mendorong peningkatan kualitas pendidikan di sekolah dan masyarakat secara keseluruhan.


Keywords


teknologi pendidikan, literasi data, pengembangan profesional, keterlibatan siswa, pemberdayaan guru.

Full Text:

PDF

References


Annury, M. N. (2019). Peningkatan Kompetensi Profesional Guru melalui Penelitian Tindakan Kelas. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan, 18(2), 177–193. https://doi.org/10.21580/dms.2018.182.3258

Dasmo, D., & Wati, S. (2023). Penguatan Literasi Data Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran. SINASIS (Seminar Nasional Sains), 4(1). https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/7108

Hasriadi, H. (2022). Metode Pembelajaran Inovatif di Era Digitalisasi. Jurnal Sinestesia, 12(1), 136–151. https://doi.org/10.35438/inomatika.v1i2.156

Hendrian, S., & Hapsari, A. T. (2023). Penerapan Fungsi Rumus Pada Microsoft Excel Bagi Guru-Guru di SD Negeri Sukapura 02 Kabupaten Bandung. Jurnal Pengabdian Harapan Bangsa, 1(3), 161–164. https://doi.org/10.56854/JPHB.V1I3.139

Jauharuddin, A. (2022). Efektifivas Penerapan Penelitian Tindakan Kelas bagi Profesionalitas Guru dan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Studi Kasus di SMP Maulana Hasanuddin Cilegon. Adz-Zikr : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(1), 92–121.

Pianda, D. (2018). Kinerja guru: kompetensi guru, motivasi kerja dan kepemimpinan kepala sekolah. Jejak Publisher.

Pradistya, R. M. (2021). Cara Membuat Visualisasi Data Excel dengan Banyak Data. https://dqlab.id/cara-membuat-visualisasi-data-excel-dengan-banyak-data

Purba, L. S. L. (2019). Peningkatan Konsentrasi Belajar Mahasiswa Melalui Pemanfaatan Evaluasi Pembelajaran Quizizz pada Mata Kuliah Kimia Fisika I. Jurnal Dinamika Pendidikan, 12(1), 29–39.

Restapaty, R., & Hanifah, G. (2022). Strategi Pengayaan Berbasis Digital Membaca Cepat Dan Pemahaman Dengan Aplikasi Quizizz di SD Negeri Belitung Selatan 1 Banjarmasin. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 77–87. https://doi.org/10.33084/tunas.v8i1.4242

Sari, P. M., & Yarza, H. N. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Quizizz dan Wordwall pada Pembelajaran IPA bagi Guru-Guru SDIT Al-Kahfi. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 195. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.4112

Sholeh, M. I., & Efendi, N. (2023). Integrasi Teknologi Dalam Manajemen Pendidikan Islam: Meningkatkan Kinerja Guru Di Era Digital. Jurnal Tinta: Jurnal Ilmu Keguruan Dan Pendidikan, 5(2), 104–126.

Siregar, B., Gunawan, N. B., & Riswandi, C. (2024). Pelatihan Visualisasi Data Menggunakan Excel di SMA Erenos Tangerang. Abdimas Galuh, 6(1), 595–603. https://doi.org/10.25157/AG.V6I1.13358

Suparno, P. (2028). Riset Tindakan Untuk Pendidik. Gramedia Widiasarana.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v8i1.286-294

Refbacks

  • There are currently no refbacks.