PENDAMPINGAN PENGENALAN LITERASI BUDAYA PADA ANAK PEKERJA MIGRAN INDONESIA DI SANGGAR BIMBINGAN MUALLIM MALAYSIA

Adek Kholijah Siregar, Triswidodo Triswidodo, Rosmaimuna Rosmaimuna, Muksana Pasaribu, Delilla Sari Batubara, Putriana Putriana

Abstract


Pendidikan dan pengenalan budaya memiliki peran penting dalam membentuk identitas anak. Anak-anak pekerja migran sering kali menghadapi tantangan dalam mengakses pendidikan formal yang memadai serta pengenalan budaya asal mereka karena mobilitas dan perubahan lingkungan yang tinggi. Oleh karena itu, pendampingan literasi budaya merupakan solusi penting untuk membantu anak-anak pekerja migran dalam memahami budaya asalnya sekaligus mampu beradaptasi dengan lingkungan baru. Jurnal ini membahas pendekatan pendampingan pengenalan literasi budaya pada anak-anak pekerja migran di Sanggar Bimbingan MuallimMalaysia, mulai dari identifikasi masalah, strategi pendampingan, hingga dampaknya terhadap identitas dan kemampuan anak dalam memahami dua budaya yang berbeda. Sanggar Bimbingan Muallim merupakan bentuk pendidikan informal yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan pendidikan anak-anak yang tidak memiliki akses ke pendidikan formal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun terdapat keterbatasan dalam sarana dan pra sarana, Sanggar Bimbingan Muallim memberikan kontribusi yang signifikan dalampengenalan  budaya asal mereka juga dalam hal  membentuk karakter dan keterampilan dasar anak-anak pekerja migran

Keywords


pendampingan, Literasi budaya, anak pekerja migran

Full Text:

PDF

References


Ahmad, N. (2022). Metode Pendampingan dalam Literasi Budaya untuk Anak. Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(2), 89–95.

Fathurrahman, A. (2021). Pentingnya Pengenalan Budaya untuk Anak Sejak Dini. Jurnal Pendidikan Budaya, 5(2), 123–130.

Garcia, E. & Curry, M. (2019). Cultural Literacy: Bridging Home and School for Children of Migrant Workers. Journal of Multicultural Education, 25.

Lexy J. Moleong. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bumi Aksara.

Maulana, A. (2018). Pendidikan Multikultural: Menumbuhkan Kesadaran Berbudaya Sejak Dini. Pustaka Pelajar.

Orellana, M. F. (n.d.). Transnational Childhoods: The Cultural Implications of Globalization. In 2020. Routledge.

Subandi. (2016). Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Lokal. Penerbit Ombak.

Sugiharto, B. (2017). Sosiologi Budaya: Perspektif Indonesia. Alfabeta.

Sugiyono. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. CV. Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2012). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i10.4134-4139

Refbacks

  • There are currently no refbacks.