INOVASI PEMASARAN ONLINE BERBASIS WEBSITE INTEGRASI WHATSAPP BAGI PRODUK PETANI DAN PETERNAK DESA BUNTU MONDONG KABUPATEN ENREKANG

Elihami Elihami, Muh Ahyar Ardat, M Yunus Sudirman, Muhammad Restu, Hajrawati Hajrawati, Syahriani Syahriani, Siti Halimah Larekeng, Rista Astari Rusdin, Ekajayanti Kining, Nurafni Nurafni, Suharman Suharman

Abstract


Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan pemasaran produk secara online bagi para petani dan peternak di desa Buntu Mondong, Kabupaten Enrekang, dengan menggunakan situs web integrasi WhatsApp. Kegiatan yang dilakukan terdiri dari: 1) Pelatihan penggunaan website e-commerce, 2) Sosialisasi Pengenalan Teknologi, 3) Persiapan dan Observasi, dan 4) Pemantauan dan penilaian program. Alat penilaian yang digunakan adalah observasi langsung terhadap proses pengenalan teknologi dan kuesioner pra dan pasca tes. Untuk mengukur pertumbuhan pengetahuan dan kemampuan, data dianalisis secara deskriptif. Hasil dari layanan ini menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pengetahuan dan kemampuan teknis petani dan peternak berdasarkan situs web integrasi aplikasi WhatsApp. Semua anggota mitra juga mengalami peningkatan dalam hal selain itu Mitra juga mengalami peningkatan  secara mendiri  mengelola websitenya melalui ponsel dalam menjual produknya.

Keywords


Teknologi, Pemasaran. Pengetahuan,Produk, Website

Full Text:

PDF

References


Adjis, M., & Rifqi, H. (2022). Inovasi Pemasaran Digital dalam Pertanian: Tantangan dan Peluang. Jurnal Agribisnis Digital, 10(2), 34-47.

Badan Pusat Statistik. (2021). Direktori perusahaan pertanian peternakan, 2021. Jakarta.

Gunawan, H. (2021). Efektivitas Pelatihan Pemasaran Digital Terhadap Peningkatan Kinerja UMKM. Jurnal Pemasaran Digital, 10(2), 87-95.

Hikmahwidi, R. (2018). PENENTUAN KOMODITAS UNGGULAN TANAMAN PANGAN DAN TERNAK RUMINANSIA DI KABUPATEN TASIKMALAYA DETERMINATION OF MAIN COMMODITY OF FOOD CROP AND RUMINANT LIVESTOCK IN TASIKMALAYA REGENCY (Vol. 4, Issue 1).

Kurniawan, A. (2021). Pengembangan Fitur E-commerce untuk Peningkatan Pengalaman Pelanggan. Jurnal Sistem Informasi, 12(2), 123-130.

Nugroho, D. (2022). Transformasi Digital dalam UMKM: Dampak Pelatihan Pemasaran Online. Jurnal Ekonomi Digital, 12(3), 101-112

Nurjati, E. (2021). PERAN DAN TANTANGAN E-COMMERCE SEBAGAI MEDIA AKSELERASI MANAJEMEN RANTAI NILAI PRODUK PERTANIAN. Forum Penelitian Agro Ekonomi, 39(2), 115. https://doi.org/10.21082/fae.v39n2.2021.115-133

Santoso, T. (2021). Peran Teknologi dalam Peningkatan Daya Saing Pertanian di Pedesaan. Jurnal Teknologi Pertanian, 8(3), 99-115.

Setiawan, R. (2022). Optimalisasi Sistem Informasi pada Toko Retail: Studi Kasus Toko Andalan Tani. Jurnal Teknologi dan Manajemen, 15(3), 45-58.

Suwaji, R., Oktafiani, F., Indra Sabella, R., Kurniawati, R., & Tinggi Ilmu Ekonomi YAPAN, S. (2024). SOSIALISASI LITERASI DIGITAL UNTUK PENINGKATAN WAWASAN DUNIA E-COMMERCE HASIL TANAMAN SAYUR HIDROPONIK. Communnity Development Journal, 5(3), 5165–5172.

Suharman, S., Putriyani, S., Suparman, S., Josi, J., Syamsul, N., Niar, N. and Burhan, M., 2022. PEMBERDAYAAN KELOMPOK TANI DI DESA PERANGIAN MENGGUNAKAN PUPUK RAMAH LINGKUNGAN UNTUK MENGHASILKAN SAYURAN BERBASIS ORGANIK. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), pp.1069-1078.

TaniHub. (2023). Laporan Tahunan Agribisnis Digital di Indonesia. TaniHub Press.

Wahyuni, H. P., Daniati, E., & Wardani, A. S. (2024). SISTEM INFORMASI PENJUALAN ONLINE BERBASIS WEBSITE PADA TOKO ANDALAN TANI. In Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika (Vol. 8, Issue 5).

Wibowo, R.A. (2015). Kesuksesan E-commerce (Online Shopping) Melalui Trust dan Customer Loyalty. Jurnal Ekonomi Bisnis. 2(1), p. 1 – 52 Suradisastra, K. (2008).




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i11.4918-4925

Refbacks

  • There are currently no refbacks.