PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF CLASSPOINT BERNUANSA ISLAMI PADA PONDOK PESANTREN MODERN AL-FURQAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK
Abstract
Matematika memiliki karakteristik yang terstruktur, hal ini menyebabkan apabila peserta didik mempunyai motivasi yang cenderung rendah dalam mengikuti pembelajaran matematika pada satuan pendidikan lebih rendah, maka akan berimbas ke satuan pendidikan yang lebih tinggi, namun motivasi belajar matematika peserta didik di Pondok Pesantren Modern Al-Furqan tergolong masih cenderung rendah. Untuk membantu meningkatkan motivasi belajar matematika peserta didik, dapat digunakan media pembelajaran interaktif ClassPoint bernuansa Islami. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif ClassPoint bernuansa Islami pada Pondok Pesantren Modern Al-Furqan sebagai upaya peningkatan motivasi belajar matematika peserta didik. Metode pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini terbagi dalam beberapa tahap yakni observasi awal, studi kepustakaan, analisis kebutuhan, pengembangan, sosialisasi, dan pelaksanaan. Pelaksanaan kegiatan ini meliputi empat fase, yakni presentasi, demonstrasi, praktik membuat media pembelajaran, dan diskusi. Dalam tiap fase, peserta kegiatan terlihat antusias dan aktif. Peserta kegiatan yakni seluruh guru mata pelajaran Matematika di Pondok Pesantren Modern Al-Furqan memberikan penilaian sangat baik pada angket kepuasan kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aslamiyah, L., & Eko Nugroho, S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Fisika Berbasis Integrasi-Interkoneksi Nilai-Nilai Alquran. UPEJ, 6(3), 44–52. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej
Baihaki, B., Djamilah, S., & Lazwardi, A. (2022). DEVELOPING INTERACTIVE LEARNING MEDIA BASED ON ADOBE ANIMATE APPLICATIONS FOR GEOMETRY TRANSFORMATION. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 191–206. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol7no2.2022pp191-206
Djamilah, S., & Fajriah, N. (2019). MENGEMBANGKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK SMA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW). SENPIKA II (Seminar Nasional Pendidikan Matematika) FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, 12, 1–10.
Djamilah, S., Maulida, I., Nurra, S., & Sabila, W. (2023). PEMBERDAYAAN GURU SDN SUNGAI RANGAS DALAM PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS RENDERFOREST SEBAGAI UPAYA PENGUATAN KEMAMPUAN NUMERASI PESERTA DIDIK. MARTABE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(7), 2354–2359. https://doi.org/10.31604/jpm.v6i7.2354-2359
Djamilah, S., & Puspitorini, M. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Geogebra for Personal Computer bagi Guru MGMP Matematika SMA Kabupaten Barito Kuala. BERDAYA: Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 125–130. https://doi.org/10.36407/berdaya.v3i3.474
Fitriana, N., Islam, S., & Harapan, C. (2023). PENINGKATAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK MELALUI MEDIA PERSENTASI CLASSPOINT DAN GAME EDUKASI (QUIZIZZ & KAHOOT) PADA PEMBELAJARAN KIMIA. ACTION : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas Dan Sekolah, 3(1).
Fitriani, D., Rhiyanto, P., Biologi, P., Matematika, F., Ilmu, D., Alam, P., Rachmadiarti, F., & Biologi, J. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT INTERAKTIF ADD-INS CLASSPOINT MATERI BIOTEKNOLOGI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS XII SMA/MA Development of Interactive Powerpoint Learning Media Add-Ins Classpoint on Biotechnology to Increase Learning Motivation for Grade in Senior High School or Islamic Senior High School (Vol. 12, Issue 2). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu
Lazwardi, A., Nurmeidina, R., Ilmi, A., & Monica, S. (2022). Pelatihan Aplikasi Geogebra Android bagi Guru MGMP Matematika SMA Kabupaten Barito Kuala. Madaniya, 3(1), 77–83. https://doi.org/10.53696/27214834.145
Maulida, I., Djamilah, S., Rais Hadyan, M., & Nurra, S. (2023). PENGEMBANGAN TEKNOLOGI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PREZI PADA SD BERANGAS BARAT 3 BARITO KUALA. MARTABE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(6), 2136–2141. https://doi.org/10.31604/jpm.v6i6.2136-2141
Ni’mah, A. M., & Supriyo, S. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS CLASSPOINT PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI DI SMPN 4 PASURUAN. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 8(1), 46–55. https://doi.org/10.33369/jp2ms.8.1.46-55
Nino, N. L., Nabhar, N., & Auliya, F. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Tradisional Engklek Bernuansa Islami Materi Bilangan Bulat Kelas VII. CONSISTAN: Jurnal Tadris Matematika, 1, 102–113. https://ejournal.alqolam.ac.id/index.php/CONSISTAN
Nurmeidina, R., & Djamilah, S. (2022). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS ETNOMATEMATIKA BANJAR MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA. In Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (Vol. 5, Issue 2).
Romiyansah, R., Karim, K., & Mawaddah, S. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1). https://doi.org/10.20527/edumat.v8i1.8342
Sari, S. P., Djamilah, S., & Nugroho, A. G. (2022). PENERAPAN QUIZIZZ DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA.
Savriliana, V., Sundari, K., & Budianti, Y. (2020). Media Dakota (Dakon Matematika) Sebagai Solusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1160–1166. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.517
Sundari, D. H., Iskandar, & Muhlis. (2021). Pembelajaran Penerapan Media Presentasi Classpoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris MAN 19 Jakarta. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 3(3), 1–9.
Supriadi, N. (2021). Motivasi Belajar: Dampak Komik Matematika Bernuansa Islami Berbantuan Instagram. 4(1).
Susanto, D., Sihombing, S., Radjawane, M. M., Wardani, A. K., Kurniawan, T., Candra, Y., & Mulyani, S. (2022). Matematika SMP/MTs Kelas VII.
Utami, R. W., Pgmi, ), Guru, P., Ibtidaiyah, M., Putra, S., Ciamis, G., Endaryono, B. T., Ekonomi, F., Islam, B., Laa, I., Bogor, R., & Djuhartono, T. (2018). KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(3), 187–192.
Wahyuningsih, R., Saleh, J., Syakhruni, ;, Wahida, ;, Pendidikan, R., Guru, P., Seni, P., Universitas, B., Makassar, N., Jurusan, ;, Rupa, S., Desain, D., & Seni, F. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif dengan Classpoint Pada Mata Pelajaran Seni Budaya yang Sesuai dengan Pembelajaran Abad 2 di SMP Negeri 3 Polewali. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(3), 873–880.
Wao, Y. P., Priska, M., & Peni, N. (2022). PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF CLASSPOINT PADA MATA KULIAH ZOOLOGI INVERTEBRATA. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 3(2), 76–87.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v8i1.143-151
Refbacks
- There are currently no refbacks.