KONTRIBUSI MAHASISWA KKN DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PROGRAM PEMBERDAYAAN PENDIDIKAN DI KELURAHAN PONDOK KARYA
Abstract
Sumber daya manusia yang berkualitas bersumber dari kualitas pendidikannya. Pendidikan merupakan hal terpenting bagi setiap individu yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan diri, mencerdaskan kehidupan bangsa dan menjadikan manusia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Pendidikan dapat berasal dari pendidikan formal dan non-formal. Pendidikan non-formal khususnya pada bidang agama Islam di Kelurahan Pondok Karya bernama majelis Ibnu Aly, sementara lembaga formal tingkat dasar di Kelurahan Pondok karya terdapat 2 sekolah dasar yaitu MI Baiturrahim dan SDN Pondok Karya. Penelitian ini menggunakan metode PAR (Participatory Action Research) dengan subjek penelitian siswa dari MI Baiturrahim, SDN Pondok Karya dan majlis Ibnu Aly Kelurahan Pondok Karya melalui kegiatan Dasawara mengajar, Science for Fun (SFF), English Club, Seminar, Ananta Loka, Reading Habit (Rabbit) dan mengaji sebagai bentuk optimalisasi yang dilakukan KKN 202 Dasawara di Kelurahan Pondok Karya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afrianto, I. 2011. Collaborative Learning System; Sebuah Alternatif Konten C-Generation dan Flagship Detiknas. Majalah Ilmiah UNIKOM. Vol. 8. No. 1.
Aliyyah R. R., dkk. 2021. Kuliah Kerja Nyata: Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Kegiatan Pendampingan Pendidikan. Jurnal Masyarakat Mandiri. Vol. 5. No. 2.
Amini & Ginting, N. 2024. Metode Penelitian (Kualitatif, Kuantitatif, PTK, dan R&D. Medan: UMSU Press.
Anisa A. R., dkk. 2021. Pengaruh Kurangnya Literasi Serta Kemampuan dalam Berpikir Kritis yang Masih Rendah dalam Pendidikan di Indonesia. Conference Series Journal. Vol. 1. No. 1.
Jannah, F. & Sulianti A. 2021. Perspektif Mahasiswa Sebagai Agent of Change Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Asanka. Vol. 2 No. 2.
Lestari, S , dkk. 2021. Implikasi Kuliah Kerja Nyata (KKN) dalam Mendidik Generasi Qurani di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Edumaspul. Vol. 5. No. 2.
Mursyid, Moh. 2016. Membumikan Gerakan Literasi di Sekolah. Yogyakarta: Lembaga Ladang Kata.
Putra, H. P dan Yebi, Y. 2010. Studi Pemanfaatan Sampah Plastik Menjadi Produk dan Jasa Kreatif. Jurnal Sains dan Teknologi Lingkungan. Vol. 2, No. 1.
Rukiyati. 2019. Tujuan Pendidikan Nasional dalam Perspektif Pancasila. Jurnal Humanika. Vol. 19. No. 1.
Sukardi. 2004. Metodologi Pengabdian Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Triyani, B., dkk. 2023. Peran Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Sebagai Wujud Pengabdian di Kampung Nirbitan Tipes. Jurnal Sendimas. Vol. 3. No. 1.
Willmore, L. 2012. Basic Education as a Human Right Redux. MPRA Paper. No. 40478.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v8i1.170-183
Refbacks
- There are currently no refbacks.