PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENYUSUNAN TES BERPIKIR KREATIF BAGI GURU SMP SWASTA AN NIZAM MEDAN

Dewi Wahyuni, Budi Antoro, Mekar Meilisa Amalia, Handika Salim Siagian, Aldiansyahid Aldiansyahid

Abstract


Tujuan dari kegiatan ini adalah melatih dan mendampingi guru dalam meyusun tes berpikir kreatif yang didasarkan kepada kurikulum merdeka, sehingga pemahaman dan ketrampilan mereka bertambah. Metode pelaksanaannya diadaptasi dari metode research and development (R&D) Sugiono yang sudah dimodifikasi. Perwujudannya dalam bentuk ceramah, pelatihan dan pendampingan. Hasil yang diperoleh berupa peningkatan kemampuan seluruh peserta yang diukur dengan hasil pre-test dan post-test yang menunjukkan kenaikan yang signifikan, serta didapati butir tes yang sudah diujicobakan dan dianalisis sebagian besar hasilnya sudah baik, dan dapat dipakai dalam pembelajaran.        


Keywords


Pelatihan, Pendampingan, Tes Berpikir Kreatif, Guru, Siswa

Full Text:

PDF

References


Anastasya, V. E., Ristiyani, R., & Fajrie, N. (2021). Permainan Ludo Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 9–14. https://doi.org/10.24176/wasis.v2i1.5018

Anwar, N., Romadhon, T. N., Sandro, A., & Khikmawanto, K. (2023). Peran Guru sebagai Fasilitator Pembelajaran dalam Mendorong Kreativitas Siswa. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 4(3), 208–214. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v4i3.240

Arvianto, I. R., & Ardhana, Y. M. K. (2020). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 22-32. https://doi.org/10.31000/prima.v4i1.2032

Febrina, N., Suriansyah, A., & Purwanti, R. (2023). Model pembelajaran protection landing meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa sd muatan ipa. Jurnal on Teacher Education, 5(1), 146–158. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jote.v5i1.17255

Hidayat, R. K., Novianti, B. A., & Subki, S. (2023). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Fisika Peserta Didik Berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(2), 1143–1151. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i2.1412

Himawan, M. A. D., & Noer, S. H. (2021). Deskripsi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau Dari Resiliensi Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2424-2435. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4194

Kholis, N., & Rigianti, H. A. (2023). Korelasi Antara Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Riset Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Di Salam (Sanggar Anak Alam). Khazanah Pendidikan, 17(2), 139-151. https://doi.org/10.30595/jkp.v17i2.19224

Mahombar, A., Padang, H. P., & Hutagalung, P. (2023). DAMPAK PENERAPAN MODEL PjBL DENGAN STEM PADA KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN BERPIKIR KRITIS SISWA. PASCAL (Journal of Physics and Science Learning), 7(2), 49–57. https://doi.org/10.30743/pascal.v7i2.8172

Majidah, N., Maulana, A., Nooraida, D., Yanti, R., & Mulyani, S. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa di SDN Alalak Tengah 2. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisplin, 2(3), 1226–1235. https://doi.org/https://doi.org/10.60126/maras.v2i3.353

Nurjan, S. (2018). PENGEMBANGAN BERPIKIR KREATIF. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 3(1), 105-116. https://doi.org/10.24269/ajbe.v3i1.1302

Rachmantika, A. R., Waluya, S. B., & Isnarto, I. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis pada Pembelajaran Project Based Learning dengan Setting Daring. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2609–2615. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.1100

Solichah, N., Nuzulia, N., & Azharona, R. (2024). PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMBUATAN BIG BOOK BERBASIS P5-PPRA PADA GURU MADRASAH. 7(10), 3982–3989. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i10.3982-3989

Wahyuni, D., & Amalia, M. M. (2021). Pengembangan Tes Berpikir Kreatif terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa SMA Darussalam Medan. Jurnal Mutiara Akuntansi, 6(1), 1–25. https://doi.org/10.51544/jma.v6i1.1453




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v8i1.226-235

Refbacks

  • There are currently no refbacks.