PERAN E-COMMERCE DALAM MENINGKATKAN STRAGTEGI BRANDING DAN PACKAGING KACANG INTIP DI DESA PEMATANG SERAI KABUPATEN LANGKAT

Yunita Sari Rioni, Roro Rian Agustin, Riska  Franita

Abstract


Desa Pematang Serai, yang terletak di Kecamatan Tanjung Pura, Kabupaten Langkat, memiliki jarak sekitar 5 km dari pusat kota Tanjung Pura. Mayoritas masyarakat di Desa Pematang Serai bekerja sebagai petani, nelayan, dan pedagang/pengrajin, sehingga membutuhkan kelembagaan desa yang efektif untuk mengelola potensi sumber daya alam dan potensi masyarakat desa. Hal ini bertujuan agar dapat menciptakan sumber pendapatan baru bagi warga yang memiliki penghasilan yang tidak tetap dan terbatasHal ini disebabkan oleh letak Desa Pematang Serai yang dekat dengan laut. Potensi yang ada di desa ini meliputi sumber air yang melimpah, meskipun terletak di pedalaman dan dekat dengan laut, desa ini memiliki pasokan air yang cukup untuk mengairi sawah. Kekurangannya adalah kurangnya jiwa wirausaha di kalangan warga. Banyak orang yang tidak peka terhadap potensi yang ada pada sumber air. Dalam bidang pendidikan, banyak warga Desa Pematang Serai yang saat ini masih menempuh pendidikan, baik di tingkat sekolah maupun kuliah. Namun, pengembangan di sektor ini masih terbatas, yang menghambat masyarakat untuk berinovasi dan mengoptimalkan potensi desa guna meningkatkan perekonomian daerah. Bisnis rumahan di Desa Pematang Serai terbatas karena desa ini tidak terletak di jalur lintas atau dekat dengan berbagai kota, sehingga usaha rumahan hanya dimanfaatkan oleh masyarakat setempat. Salah satu usaha yang telah dijalankan oleh warga desa ini adalah produksi Kacang Intip. Berdasarkan hasil observasi lapangan, proses produksi masih dilakukan secara manual, seperti dalam penghalusan tepung untuk kulit kacang intip, pengemasan produk, dan pengeringan kacang intip setelah digoreng.


Keywords


E-commerce, Packaging, Branding

Full Text:

PDF

References


Feng S, Zhang R, Li G. Environmental decentralization, digital finance and green technology innovation. Structural Change and Economic Dynamics. 2022 Jun 1;61:70–83.

Ma K. Digital inclusive finance and corporate green technology innovation. Financ Res Lett. 2023;55:104015.

MODEL FUNDAMENTAL EKONOMI HIJAU DAN EFISIENSI ENERGI BERBASIS INKLUSI KEUANGAN DAN KEMISKINAN DI INDONESIA.

Nasution DP, Faried AI. PENDAPATAN USAHA KECIL BERBASIS PENGEMBANGAN USAHA. Medan: Fekon Press 2000 Universitas Pembangunan Panca Budi; 2020. 19 p.

Sembiring R, Faried AI, Hasanah U, Annisa DR. ANALISIS DAMPAK DANA DESA TERHADAP KESEJAHTERAAN RUMAH TANGGA DESA KABUPATEN SIMALUNGUN. Tahta Media Group; 2022.

Escursell S, Llorach-Massana P, Roncero MB. Sustainability in e-commerce packaging: A review. Vol. 280, Journal of Cleaner Production. Elsevier Ltd; 2021.

Cao S, Nie L, Sun H, Sun W, Hesary FT. Digital finance, green technological innovation and energy-environmental performance: Evidence from China’s regional economies. J Clean Prod. 2021;327:129458.

Kim J, Kim M, Im S, Choi D. Competitiveness of e commerce firms through esg logistics. Sustainability (Switzerland). 2021 Oct 2;13(20).

Sudarmanto E, Syaiful M, Fazira N, Hasan M, Muhammad A, Faried AI, et al. Teori Ekonomi: Mikro dan Makro. Medan: Yayasan Kita Menulis; 2021. 182 p.

Faried AI, Sebayang S, Sembiring R. Optimalisasi Usaha Mikro Produksi Tempe Terhadap Kesejahteraan Ekonomi di Desa Sei Mencirim . Ekonomikawan : Jurnal Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan. 2020 Nov;20(2):170–8.

Hussain N, Sherfudeen N, Alhammad W, Researcher DB. Saudi Arabia Article in International Journal of Innovative Science and Research Technology · [Internet]. Vol. 5, International Journal of Innovative Science and Research Technology. 2024. Available from: https://www.researchgate.net/publication/377875764

Adegbuyi OA, Abimbola A, Adegbuyi D. STRATEGIC ROLES OF BRANDING ON ORGANIZATION SALES PERFORMANCE [Internet]. Article in International Journal of Current Research. 2015. Available from: https://www.researchgate.net/publication/294429648




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i11.4952-4959

Refbacks

  • There are currently no refbacks.