MEMBENTUK INSAN CENDIKIA CERDAS OBAT DAN SEHAT MENTAL MELALUI METODE CARA BELAJAR INSAN AKTIF (CBIA)

Herda Ariyani, Nurhanifah Nurhanifah

Abstract


Apoteker adalah profesi kesehatan yang kompeten terkait pengelolaan obat-obatan. Apoteker telah melakukan perubahan pelayanan dengan filosofi Pelayanan Kefarmasian (Pharmaceutical Care) yang berorientasi kepada pasien, agar peranan apoteker lebih dirasakan kehadirannya. Siswa SMA merupakan kelompok remaja yang dapat menjadi agent of change untuk menjadi Apoteker Remaja (APO-R). Fenomena ancaman pada kesehatan mental remaja di era digital ini semakin tinggi seperti penyalahgunaan obat maupun tindak kekerasan di sekolah inklusi yang menimbulkan rusaknya mental generasi Z. Hal ini menjadi perhatian serius oleh berbagai pihak untuk melakukan serangkaian monitoring, dan tindakan pencegahan maupun penanganan terbaik untuk mencetak generasi emas. Pada pengabdian kali ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kepedulian siswa SMAN 1 Tamban tentang penggunaan obat yang tepat dan pentingnya menjaga kesehatan mental. Sehingga siswa-siswi dapat menjaga kesehatan mereka secara mandiri maupun membantu orang lain. Metode pengabdian APO-R kali ini menggunakan Cara Belajar Insan Aktif (CBIA) dengan tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.


Keywords


Apoteker, Remaja, Inklusi, Cerdas, Mental

Full Text:

PDF

References


(GeMa Kemenkes RI (2012) Pedoman Pelaksanaan Program Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat CerMat), Kemenkes RI. Available at: https://farmalkes.kemkes.go.id/2020/10/buku-pedoman-gema-cermat/.

Astuti, E.J. and Hidayati, I.R., 2021. Edukasi Dagusibu Dan Pengenalan Apoteker Cilik (Apocil). Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), pp.984-989.

BPOM (2015) ‘Materi Edukasi tentang peduli obat dan pangan aman, BPOM, 2015’, (1), pp. 1–14.

Damanik DA. Kekerasan dalam Dunia Pendidikan: Tinjauan Sosiologi Pendidikan. Jurnal Sosiologi Nusantara. 2019 Jun 25;5(1):77–90.

Davis B, Qian J, Ngorsuraches S, Jeminiwa R, Garza KB. The clinical impact of pharmacist services on mental health collaborative teams: A systematic review. Journal of the American Pharmacists Association. 2020;60(5):S44–53.

Detik.Com. Siswa SMA Banjarmasin Tikam Teman Imbas Sering Di-bully, Ini Kata Federasi Guru Baca artikel detikedu, “Siswa SMA Banjarmasin Tikam Teman Imbas Sering Di-bully, Ini Kata Federasi Guru” https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6858657/siswa-sma-banjarmasin-tikam-teman-imbas-sering-di-bully-ini-kata-federasi-guru . 2023. diakses tanggal 29 April 2024, pukul 10.30 WITA

Geppert AB, Shah AH, Hirsch JS. “Hardly Able to Move, Much Less Open a Book”: A Systematic Review of the Impact of Sexual and Gender-Based Violence Victimization on Educational Trajectories. Trauma Violence Abuse. 2024 Apr 26;25(2):1129–49.

Harahap, N.A., Khairunnisa, K. and Tanuwijaya, J. (2017) ‘Patient knowledge and rationality of selfmedication in three pharmacies of Panyabungan City, Indonesia’, Jurnal Sains Farmasi & Klinis, 3(2), p. 186. Available at: https://doi.org/10.29208/jsfk.2017.3.2.124.

Hernández-Torrano D, Ibrayeva L, Sparks J, Lim N, Clementi A, Almukhambetova A, et al. Mental Health and Well-Being of University Students: A Bibliometric Mapping of the Literature. Front Psychol. 2020 Jun 9;11.

Karisma N, Rofiah A, Afifah SN, Manik YM. Kesehatan Mental Remaja dan Tren Bunuh Diri: Peran Masyarakat Mengatasi Kasus Bullying di Indonesia. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan. 2023;3(03):560–7.

Kementerian Kesehatan RI Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. Hasil Utama RISKESDAS 2018. Jakarta; 2018. https://www.google.com/search?q=Kementerian+Kesehatan+RI+Badan+Penelitian+dan+Pengembangan+Kesehatan.+Hasil+Utama+RISKESDAS+2018.+Jakarta%3B+2018&oq=Kementerian+Kesehatan+RI+Badan+Penelitian+dan+Pengembangan+Kesehatan.+Hasil+Utama+RISKESDAS+2018.+Jakarta%3B+2018&gs_lcrp=EgZjaHJvbWUyBggAEEUYOdIBBzY1MWowajSoAgiwAgE&sourceid=chrome&ie=UTF-8. diakses tanggal 30 April 2024, pukul 11.30 WITA

KPAI. 2023. KPAI Mencatat Sejumlah 37 Anak Mengakhiri Hidup dari Bulan Januari-November2023. https://www.kpai.go.id/page/18?action=voting.view. diakses tanggal 29 April 2024, pukul 14.00 WITA

Kretchy IA, Blewuada EK, Debrah AB. A qualitative study exploring community pharmacists’ perspectives of child and adolescent mental healthcare. Sci Afr. 2021;13:e00969.

Lindner KT, Schwab S, Emara M, Avramidis E. Do teachers favor the inclusion of all students? A systematic review of primary schoolteachers’ attitudes towards inclusive education. Eur J Spec Needs Educ. 2023;38(6):766–87.

Mata Banua. Ada 678 Korban Kekerasan Anak dan Perempuan di 2023. 2024. https://matabanua.co.id/2024/01/04/ada-678-korban-kekerasan-anak-dan-perempuan-di-2023/ diakses tanggal 27 April 2024, pukul 12.15 WITA

Nasution, E.S. and Pertiwi, D., 2020, November. Branding Profesi Apoteker Dan Pemberdayaan Siswa Sebagai “Apoteker Remaja” Guna Aplikasi Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat Di SMK Ar Razi Sinar Harapan Medan. In Talenta Conference Series: Agricultural and Natural Resources (ANR) (Vol. 3, No. 2).

Octavia, D.R., Susanti2, I. and Mahaputra Kusuma Negara, S.B. (2020) ‘Peningkatan Pengetahuan Masyarakat Tentang Penggunaan Dan Pengelolaan Obat Yang Rasional Melalui Penyuluhan Dagusibu’, GEMASSIKA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), p. 23. Available at: https://doi.org/10.30787/gemassika.v4i1.401.

Purwidyaningrum,I.,Peranginangin,J.M.,Mardiyono,M.& Sarimanah, J. (2020) ‘Dagusibu,P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan) di Rumah dan Penggunaan Antibiotik yang Rasional di Kelurahan Nusukan’, Journal of Dedicators Communityt, 3(1), p. 23-43.

Rahayu SA, Widianto S, Defi IR, Abdulah R. Role of pharmacists in the interprofessional care team for patients with chronic diseases. J Multidiscip Healthc. 2021;1701–10.

Rubio-Valera M, Chen TF, O’Reilly CL. New roles for pharmacists in community mental health care: a narrative review. Int J Environ Res Public Health. 2014;11(10):10967–90.

Stuhec M, Hahn M, Taskova I, Bayraktar I, Fitzgerald I, Molitschnig L, et al. Clinical pharmacy services in mental health in Europe: a commentary paper of the European Society of Clinical Pharmacy Special Interest Group on Mental Health. Int J Clin Pharm. 2023;45(5):1286–92.

Sukawaty, Y., Warnida, H. and Apriliana, A., 2017. Apoteker Remaja, Edukator Kesehatan Sebaya di SMAN I Rantau Pulung dan SMPN I Samarinda. Jurnal Abdimas Mahakam, 1(2), p.112.

Susanto, A. and Perwita Sari, M. (2023) “PENINGKATAN PENGETAHUAN OBAT MELALUI EDUKASI LITERASI DASAR OBAT PADA REMAJA AWAL”, Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2). doi: 10.31004/cdj.v4i2.14156.

Syofyan, S., Ghiffari, H.D. and Zaini, E. (2017) ‘Persepsi, Pengetahuan, dan Sikap tentang Obat pada Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kota Pariaman, Sumatera Barat’, Jurnal Sains Farmasi & Klinis, 4(1), p. 83. Available at: https://doi.org/10.29208/jsfk.2017.4.1.202.

Syrek E. Mental health, mental hygiene – education for mental well-being – actuality of Kazimierz Dąbrowski’s concepts and views. Pedagogika Społeczna. 2019;237–48.

World Health Organization. For A safer, Healtier and Fairer World. Result Report. 2021. https://www.who.int/publications/i/item/9241545615. diakses tanggal 29 April 2024, pukul 14.30 WITA




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i11.4852-4864

Refbacks

  • There are currently no refbacks.