PELATIHAN INOVASI PEMBELAJARAN STEAM MELALUI PENDEKATAN PROYEK DAN KAJIAN MASALAH BERBASIS KEARIFAN LOKAL
Abstract
Pembelajaran Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics (STEAM) merupakan pendekatan terintegrasi dalam pendidikan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, pemecahan masalah, dan kreativitas siswa. Pendekatan ini menjadi lebih relevan ketika dikombinasikan dengan pembelajaran berbasis proyek dan kajian masalah yang berakar pada kearifan lokal, memungkinkan siswa untuk menghubungkan konsep-konsep ilmiah dengan konteks kehidupan nyata di lingkungan mereka. Untuk mendukung inovasi pembelajaran ini, sebuah program pelatihan khusus telah dirancang dengan tujuan memperdalam pemahaman guru mengenai pembelajaran STEAM melalui pendekatan proyek, meningkatkan keterampilan praktis dalam penerapannya, serta mengintegrasikan kajian masalah berbasis kearifan lokal. Melalui diskusi interaktif, tugas proyek kreatif, dan fokus pelatihan pada integrasi STEAM dengan kearifan lokal, program ini mendorong kolaborasi dan kreativitas di kalangan guru. Hasil pengabdian menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan guru untuk menerapkan STEAM dalam pembelajaran serta merancang proyek yang relevan dengan kearifan lokal, menciptakan lingkungan belajar yang kolaboratif dan menarik. Kemajuan ini tidak hanya meningkatkan motivasi guru dan kemampuan mereka dalam menyelesaikan masalah secara kreatif, tetapi juga meningkatkan kualitas pengalaman belajar siswa serta memberikan dampak positif pada pembelajaran matematika secara umum. Dengan integrasi STEAM dan kearifan lokal, pembelajaran menjadi lebih kontekstual, menarik, dan bermakna bagi siswa, mendukung perkembangan pendidikan yang lebih holistik dan kontekstual di Indonesia.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aktürk, A. A., & Demircan, H. Ö. (2017). A Review of Studies on STEM and STEAM Education in Early Childhood. https://www.researchgate.net/publication/319702309
Annisha, D. (2024). Integrasi Penggunaan Kearifan Lokal (Local Wisdom) dalam Proses Pembelajaran pada Konsep Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Basicedu, 8(3), 2108–2115. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i3.7706
Atmojo, R. W. I., Roy, A., Dwi, Y. S., & Hadi, M. (2020). And Mathematich (STEAM) untuk Meningkatkan Kompetensi Paedagogik dan Professional Guru SD Melalui Metode Lesson Study. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2). https://doi.org/https://doi.org/10.20961/jpd.v8i2.45207
Buinicontro, J. K. (2018). Gathering STE(A)M: Policy, curricular, and programmatic developments in arts-based science, technology, engineering, and mathematics education Introduction to the special issue of Arts Education Policy Review: STEAM Focus. Arts Education Policy Review, 119(2), 73–76. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/10632913.2017.1407979
Darmadi, Budiono, & M. Rifai. (2022). Pembelajaran STEAM Sebagai Pembelajaran Inovatif. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(8), 3469–3474. https://doi.org/10.55927/mudima.v2i8.924
Fachrizal, M. I. (2024). Analisis Framing Pemberitaan Permasalahan Sampah di Yogyakarta (Studi Kasus Pada Berita Jogja.Antarnews.com, HarianJogja.com dan Jogja.Tribunnews.com Edisi September 2022 – Januari 2023). Universitas Islam Indonesia.
Fitri, D. A. N., & Suryana, D. (2022). Pembelajaran STEAM dalam Mengembangkan Kemampuan Kreativitas Anak Usia Dini. JPT : Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12544–12552. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.3755
Hayon, V. H. B., Uron Leba, M. A., Tukan, M. B., Rosina Bria, H., & Bubu, M. I. (2023). Implementasi LKPD Berbasis Potensi Lokal Pada Materi Asam-Basa Melalui Langkah-Langkah Pembelajaran Saintifik. UNESA Journal of Chemical Education, 12(2), 156–163. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/ujced.v12n2.p156-163
Ilffiani, Z., Chaerunnisa, Surudin, Y., Rosdianto, Ngabidin, & Kartika, I. (2024). Pengembangan Kurikulum Berbasis STEAM: Science, Technology, Engineering, Arts, And Mathematicsuntuk Meningkatkan Kreativitas dan Kemampuan Berfikir Kritis. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(4). https://doi.org/https://doi.org/10.47467/reslaj.v6i4.1217
Magdalena, I., Nurcahyati, A., & Zahranisa, A. (2023). Pembelajaran Hybrid dalam Memfasilitasi Divergensi Kognitif Siswa Sekolah Dasar dalam Konteks Pembelajaran STEM. Al-DYAS: Jurnal Inovasi Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3). https://doi.org/10.58578/aldyas.v2i3.1485
Mu’minah, L. H., & Suryaningsih, Y. (2020). Implementasi STEAM (Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics) Dalam Pembelajaran Abad 21. Jurnal Bio Educatio, 5(1), 65–73. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.31949/be.v5i1.2105
Nurfajariyah, A. F., & Kusumawati, E. R. (2023). Implementasi dan Tantangan Pembelajaran Tematik Terintegrasi STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, Mathematics). Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM METRO, 8(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24127/jlpp.v8i1.2646
Nurhikmayati, L., & Sunendar, A. (2020). Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika Pengembangan Project Based Learning Berbasis Kearifan Lokal Berorientasi pada Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kemandirian Belajar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31980/MOSHARAFA.V9I1.604
Purnawanto, A. T. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran Kurikulum Merdeka. Jurnal Pedagogy, 21(1).
Putri, S. U., Dewi, F., & Citra Bayuni, T. (2022). STEAM in-Service Training: “Pembinaan Guru PAUD Kreatif di Kabupaten Purwakarta Untuk Pembelajaran Inovatif.” MARTABE : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(8). https://doi.org/10.31604/jpm.v5i8.2987-2994
Shufa, N. K. F., & Adji, T. P. (2024). Pembelajaran Terintegrasi STEAM berbasis Kearifan Lokal: Strategi Signifikan dalam Meningkatkan 4 Cs di Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Pendidikan, 1(2), 55–67. https://doi.org/10.62951/prosemnasipi.v1i2.30
Sudarma, I. N., Dantes, N., & Tika, I. N. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPA SISWA Kelas V SD GUGUS II Kecamatan Kuta Tahun Pelajaran 2013/2014. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4.
Sumartini, T. S. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148–158. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.270
Teknowijoyo, F., & Marpelina, L. (2022). Relevansi Industri 4.0 dan Society 5.0 Terhadap Pendidikan Di Indonesia. Educatio, 16(2), 173–184. https://doi.org/10.29408/edc.v16i2.4492
Umayana, H. T., & Cahyati, W. H. (2015). Dukungan Keluarga dan Tokoh Masyarakat Terhadap Keaktifan Penduduk ke Posbindu Penyakit Tidak Menular. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 11(1), 96. https://doi.org/10.15294/kemas.v11i1.3521
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v8i1.309-321
Refbacks
- There are currently no refbacks.