PELATIHAN DAN PENERAPAN INOVASI PEMBELAJARAN BERBASIS STEM DAN TPACK UNTUK GURU SD DI KABUPATEN SERDANG BEDAGAI
Abstract
Indonesia sebagai negara besar dengan jumlah penduduk sebanyak 40% di kawasan regional MEA perlu berbenah dalam usaha menciptakan tenaga kerja produktif yang handal. Untuk menjawab tantangan besar yang akan dihadapi pada abad 21 diperlukan kajian kerangka teoritis dalam hal penggunaan teknologi informasi dan komunikasi oleh guru melalui STEM dan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK). STEM dan TPACK merupakan dua pendekatan pembelajaran yang dapat diintegrasikan dalam pembelajaran sebagai fasilitas belajar dan mengajar di kelas mulai Sekolah Dasar sampai tingkat Universitas. Dalam mendukung upaya Dinas Pendidikan Kabupaten Serdang Bedagai untuk mewujudkan Sekolah Mantab atau Mandiri, Terampil, Asri, dan Berkualitas; Tim Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat (PKM) Unimed melaksanakan Pelatihan inovasi pembelajaran berbasis STEM dan TPACK untuk guru-guru di SD Negeri 106193 Bakaran Batu pada tanggal 21-22 September 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dengan menerapkan STEM dan TPACK pada pembelajaran di kelas. Metode pelaksanaan program ini terdiri dari beberapa tahap yaitu: Pra Pelatihan, Persiapan Pelatihan, Pelaksanaan Pelatihan STEM dan TPACK, Penerapan Hasil Pelatihan, Monitoring dan Evaluasi, Pengolahan Data, Peaporan, serta Publikasi. Hasil dari kegiatan ini adalah peningkatan kualitas pembelajaran Guru SD di Kecamatan Pantai Cermin yang ditandai dengan peningkatan kualitas perangkat ajar yang disusun guru-guru dan dalam mempraktekkannya di dalam kelas.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Becker, K., & Park, K. (2011). Effects of integrative approaches among science, technology, engineering, and mathematics (STEM) subjects on students' learning: A preliminary metaanalysis. Journal of STEM Education: Innovations & Research, 12.
BPS. (2022). Kabupaten Serdang Bedagai Dalam Angka 2022. Diakses di https://serdangbedagaikab.bps.go.id/id/publication/2022/02/25/0fc381c739f670c20d7b7731/kabupaten-serdang-bedagai-dalam-angka-2022.html
Huang, B., Siu-Yung Jong, M., Tu, Y. F., Hwang, G. J., Chai, C. S., & Yi-Chao Jiang, M. (2022). Trends and exemplary practices of STEM teacher professional development programs in K-12 contexts: A systematic review of empirical studies. Computers and Education, 189. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2022.104577
Kesumawati, N. et al. (2021) Pelatihan pembuatan modul ajar bagi guru SMA/SMK di Tebing Tinggi, ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), pp. 246–256. doi: 10.29408/ab.v2i2.4589.
Koehler, M. J., Mishra, P., Ackaoglu, M., & Rosenberg, J. M. (2013). The Technological Pedagogical Content Knowledge Framework for Teachers and Teacher Educators. Commonwealth Educational Media Centre for Asia.
Margot, K. C., & Kettler, T. (2019). Teachers’ perception of STEM integration and education: a systematic literature review. In International Journal of STEM Education (Vol. 6, Issue 1). Springer. https://doi.org/10.1186/s40594-018-0151-2
Miftah, M. (2022). Strategi Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis TIK. DIAJAR (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran) Vol. 1 No. 3. 237 – 243. DOI: 10.54259/diajar.v1i3.900
Mishra, P., & Koehler, M. J. (2006). Technological pedagogical content knowledge: A framework for teacher knowledge. Teachers College Record, 108(6), 1017–1054
Mulyani, Tri. (2019). Pendekatan Pembelajaran STEM untuk menghadapi Revolusi Industry 4.0. Prosiding Seminar Nasional: Unnes. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/325/351
OECD. (2012). Program for International Student Assesment . OECD Library
Ratna Yulia. (2021). STEM dan Model-Model Pembelajaran. BPMP Aceh. Diakses di http://lpmpaceh.kemdikbud.go.id/?p=2074
Stufflebeam, D. L. (2015). CIPP Evaluation Model Checklist: A Tool for Applying the CIPP Model to Assess Projects and Programs
Sugiarto, E. C., (2019, June 25). Pembangunan Sumber Daya Manusia(SDM) Menuju Indonesia Unggul. Diakses di https://www.setneg.go.id/baca/index/pembangunan_sumber_daya_manusia_sdm_menuju_indonesia_unggul
Syukri, M., Yanti, D., Mahzum, E., & Hamid, A. (2021). Development of a PjBL Model Learning Program Plan based on a STEM Approach to Improve Students' Science Process Skills. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA. 7(2): 269-274.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i11.4841-4851
Refbacks
- There are currently no refbacks.