PELATIHAN PENGHITUNGAN HPP DAN PENENTUAN HARGA JUAL PRODUK UNTUK SISWA DI SMKN 1 SUKAWATI
Abstract
Keterampilan wirausaha menjadi semakin penting untuk menciptakan individu yang mandiri dan mampu bersaing di pasar kerja yang kompetitif. Oleh karena itu, keberadaan program pendidikan yang mencakup aspek keusahawanan sangatlah relevan, terutama di tingkat sekolah menengah kejuruan. Kegiatan pengabdian masyarakat yang bertema “Manajemen Keuangan Usaha” ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan entrepreneurship siswa di SMKN 1 Sukawati melalui pelatihan penghitungan Harga Pokok Produksi (HPP) dan penentuan harga jual produk. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian pendidikan entrepreneurship, membekali siswa dengan pengetahuan praktis yang relevan untuk mengembangkan usaha mereka di masa depan. Pelatihan dilaksanakan pada Bulan Juni 2024 yang diikuti oleh 123 peserta. Metode pelaksanaan kegiatan mencakup presentasi, diskusi kelompok, dan sesi praktik. Siswa aktif terlibat dalam analisis kasus, membuat perhitungan HPP, dan merancang strategi harga jual untuk produk tertentu. Selain itu, diadakan sesi tanya jawab untuk memastikan pemahaman konsep dan memberikan kesempatan siswa untuk berbagi pengalaman. Hasilnya siswa dapat mengembangkan keterampilan berwirausaha, meningkatkan pemahaman tentang aspek finansial dalam bisnis, dan mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan di dunia usaha. Kesuksesan kegiatan ini dapat diukur melalui peningkatan partisipasi siswa, pemahaman konsep yang diperoleh, dan kemampuan siswa dalam merancang strategi harga yang efektif untuk produk yang mereka hasilkan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, N. L., Fazil, N. F. M., & Bakar, B. A. (2021). Entrepreneurship motivation among accounting students: The role of financial literacy and financial behavior. Jurnal Pengurusan.
Çera, G., Khan, K. A., Rowland, Z., & Ribeiro, H. N. R. (2021). Financial Advice, Literacy, Inclusion And Risk Tolerance: The Moderating Effect Of Uncertainty Avoidance. E&M Economics and Management, 24(4), 105–123.
https://doi.org/10.15240/tul/001/2021- 4-007
Gunawan, Lenny, Agustiono, Hongdiyanto, C., Hartono, Wendra (2021) Pelatihan Pendidikan Entrepreneurship Bagi Siswa-Siswi SMAK Frateran: Penentuan Strategi Harga Jual. Jurnal Leverage, Enggament, Empowerment of Community, Vol. 3, No.2, 25-30
Núñez-Canal, Margarita, Roberto Sanz Ponce, Arantxa Azqueta, and Elisabet Montoro-Fernández (2023). How Effective Is Entrepreneurship Education in Schools? An Empirical Study of the New Curriculum in Spain. Education Sciences 13, no. 7: 740. https://doi.org/10.3390/educsci13070740
Rapina, R., Meythi, M., Rahmatika, D. N., & Mardiana, M. (2023). The impact Of Financial Literacy And Financial Behavior In Entrepreneurial Motivation – Evidence From Indonesia. Educational Leadership & Management, 10(2).
Solesvik, M. Z. (2013). Entrepreneurial motivations and intentions: Investigating the role of education major. Education & Training, 55(3), 253-271.
Vodă, A. L., & Florea, N. (2019). Impact Of Personality Traits And Entrepreneurship Education On Entrepreneurial Intentions Of Business And Engineering Students. Sustainability. MDPI. Open Access Journal, 11 (4), 1–34. https://doi.org/10.3390/su11041192
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i11.4829-4836
Refbacks
- There are currently no refbacks.