PENINGKATAN PENGETAHUAN OBAT SISWA TK. KARTIKA VI-1 PERSIT JAYAPURA MELALUI KREASI MEDICINE PUZZLE BOOK
Abstract
Rendahnya pengetahuan dan kemampuan masyarakat terutama anak-anak terkait kesehatan dan penggunaan obat, maka dibutuhkan edukasi tentang kesehatan dan informasi tentang penggunaan obat, sehingga dampak dari penyalahgunaan obat pada masyarakat dapat dicegah. Apoteker sebagai tenaga kefarmasian diharapkan ikut terlibat dalam meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dengan memberikan informasi tentang penggunaan obat yang benar, melalui kegiatan edukasi lewat suatu permainan puzzle. Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan kepedulian anak terhadap kesehatan dan meningkatkan pengetahuan penggunaan obat yang dibuat dalam bentuk medicine puzzle book, serta meningkatkan kemampuan sensomotorik siswa. Kelompok sasaran pengabdian ini adalah siswa TK. Kartika VI-1 Persit, Jl. Diponegoro No. 10, Gurabesi, Kecamatan Jayapura Utara, Kota Jayapura. Tahapan kegiatan sebagai berikut: 1). Sosialisasi program pengabdian kepada siswa-siswi. 2). Pemberian edukasi tentang kesehatan dan pengetahuan obat, dengan praktik langsung disertai pemberian informasi tentang obat secara sederhana (cara minum obat, cerdas mengenal obat, cerdas mengkonsumsi obat) sesuai medicine puzzle yang dimainkan oleh siswa. Kegiatan ini diikuti oleh 76 siswa-siswi TK. Kartika VI-1 Persit. Hasil penilaian kemampuan siswa didapatkan persentase 85,53% siswa bisa menyusun puzzle dengan urutan sesuai, 92,10% siswa bisa memilih potongan puzzle sesuai dengan potongan sebelumnya, 90,79% siswa bisa menata pola yang sesuai dengan contoh yang ada, 90,79% siswa bisa menyesuaikan pilihan bentuk susunan puzzle yang dicontohkan, 76,32% siswa bisa cepat dalam menentukan susunan puzzle, 76,32% siswa bisa menyampaikan sisi edukasi kesehatan dan penggunaan obat yang ada di puzzle seperti yang sudah disampaikan sebelumnya. Kesimpulan dari kegiatan pengabdian ini, terjadi peningkatan tingkat pengetahuan siswa terkait obat dan kepedulian kesehatan diri, meningkatnya kemampuan sensomotorik siswa dan meningkatnya kemampuan konsentrasi belajar siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adeline I, Ajeng Dwi, I.G.A Kusuma Astuti N.P, and Imam Sarwo Edi. 2021. “Peningkatan Pengetahuan Tentang Menyikat Gigi Pada Siswa Sekolah Dasar Ditinjau Dari Penggunaan Media Audio Visual Dan Media Permainan.” Jurnal Ilmiah Keperawatan Gigi (JIKG 2(2): 301–6. http://ejurnal.poltekkestasikmalaya.ac.id/index.p hp/jikg/index
Christina Astutiningsih, Nur Patria Tjahjani, Listyani, Sholechah Gunartati. 2021. Pengenalan Profesi Apoteker dan Mengenali Obat Sejak Usia Dini . Jurnal Abdidas Volume 2 Nomor 3. Hal. 713-719.
Elfawati. 2012. Meningkatkan Pengenalan Bangun Datar Sederhana Melalui Media Puzzle Bagi Anak Tuna Grahita Ringan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus.
Fatimah dan Desyandri Desyandri. 2023. “Penggunaan Media Puzzle Guna Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan dan Konseling 5(1): 374–79.
Fitriani, W., Santi, E., & Rahmayanti, D. 2017. Terapi Bermain Puzzle Terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan pada Anak Usia Prasekolah (3-6 Tahun) yang Menjalani Kemoterapi di Ruang Hematologi Onkologi Anak. Dunia Keperawatan, 5(2), 65. https://doi.org/10.20527/dk.v5i2.4107
Harmila, Umi Hanik Fetriyah, Paul Joae Brett Nito. 2023. Permainan Puzzle Mempengaruh Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Keperawatan Jiwa (JKJ): Persatuan Perawat Nasional Indonesia. Volume 11 No 3.
Hidayah, Riski Amalia, Fitri Fauziah, and Karangwangkal. 2023. “Pengaruh Konseling Dan Media Puzzle Pada Pengetahuan Cikidang The Impact Of Puzzle-Based Counseling On Students ’ Knowledge Of Oral Health In Grades 3 And 4 At SD Negeri 2 Cikidang 1 ) Jurusan Kedokteran Gigi Fakultas Kedokteran , Universitas Jenderal Soe.” Jurnal Kesmas Indonesia 15(2): 179–88. http://jos.unsoed.ac.id/index.php/kesmasindo/art icle/view/7833
Komang, E. M., Suami, K. N., & Tirtayani, L. A. 2016. Penerapan Media Puzzle Gambar untuk Meningkatkan Kecerdasan Logika Matematika Anak Kelompok B di PAUD Pradnya Paramita Singaraja. E-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, 4(3).
Marpaung Epiphanias Citra Fensi, Lisbet Novianti Sihombing, Eva Pasaribu. 2022. “Pengaruh Media Puzzle Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas III Subtema 3 Di UPTD SD Negeri 122371 Pematang Siantar.” Jurnal Pendidikan dan Konseling 4(6): 1349–58. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.p hp/jpdk/article/view/8314/6254
Rohidi, Tjetjep R. 2011. Metodologi Penelitian Seni. Semarang: Cipta Prima Nusantara.
Sulistia Rahayu Khoerunnisa, Idat Muqodas, dan Risty Justicia. 2023. Pengaruh Bermain Puzzle terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini . Vol. 4, No. 2, hal. 49-58 . DOI: 10.37985/murhum.v4i2.279
Yumira Simamora, Nur Rahmi Rizqi, Najwah Rokan, Risna Mira Saragih, Khoiruddin Matondang. 2023. Penerapan Permainan Puzzle Dalam Meningkatkan Kemampuan Motoric Anak Usia Prasekolah Pada Matematika. Jaliye: Jurnal Abdimas, Loyalitas Dan Edukasi. Vol. 2 No. 2
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v8i4.1650-1657
Refbacks
- There are currently no refbacks.