PENGUATAN PLAYFUL PARENTING BAGI IBU URBAN MUDA DI KOTA SEMARANG

Naili Rohmah, Reni Pawestuti Ambari Sumanto, Renistiara Medilianasari, Ali Formen, Titi Kristiani Gulo, Agapea Fenda Sozo Sandeva

Abstract


Menjadi Ibu bukanlah hal yang mudah dilakukan. Banyak hal yang harus dipersiapkan ibu untuk menyeimbangkan kehidupan rumah tangga dan kehidupan pribadinya. Ibu merupakan guru pertama bagi anaknya. Puskesmas Sekaran, sebagai leading sector pelaksana posyandu di wilayah Sekaran mengaku bahwa kedatangan keluarga urban di wilayah binaannya menjadi tantangan tersendiri untuk dapat memantau tumbuh kembang anak. Tidak bisa dipungkiri bahwa ibu urban dan penduduk asli memiliki cara pandang tersendiri dalam mengasuh anak. Pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan manajemen ibu urban muda yang memiliki anak usia dini. Lebih lanjut peningkatan keterampilan ibu urban muda dalam mengasuh anak pada aspek perkembangan kognitif, fisik, dan sosial emosional. Kemampuan manajemen ibu dalam menstimulasi anak usia 0-6 tahun. Tujuan kegiatan ini selaras dengan capaian IKU 2 dan IKU 5 serta sejalan dengan SDGs terkait pendidikan berkualitas dan kemitraan untuk mencapai tujuan.  Metode pelaksanaan memiliki lima tahapan kegiatan, yaitu: Socialitation, Training & Education, Experience, Mentoring, dan Monitoring, evaluation, & feedback. Mitra telah mencapai target peningkatan level pemberdayaan atas dilaksanakannya penguatan playful parenting pada tahun 2024.


Keywords


Playful parenting, ibu urban muda, pengasuhan anak, Kota Semarang

Full Text:

PDF

References


Sulistiyaningsih R, Mubarok AS, Qoyyimah NRH, Fatmawiyati J, Nurochim AD, Ulumiyah N. Parenting Style Training pada Ibu Muda dan Calon Ibu di Yayasan Nurul Falah At-Tabani. -Com Indones Community J. 2023 Mar 20;3(1):404–9.

Werdiningsih ATA, Astarani K. PERAN IBU DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN DASAR ANAK TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK USIA PRASEKOLAH. 2012;5(1).

Pranungsari D, Tarnoto N, Tentama F. Pelatihan “Great Mom Great Children” pada Ibu Muda Jalanan dalam Meningkatkan Ketrampilan Stimulasi Perkembangan Anak [Internet]. Indonesia: LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai; 2021 [cited 2024 Mar 30]. Available from: https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/1161/pdf

PENGASUHAN EFEKTIF ANAK USIA DINI - PDF Free Download [Internet]. [cited 2024 Mar 30]. Available from: https://docplayer.info/71401618-Pengasuhan-efektif-anak-usia-dini.html

Ayun Q. Pola Asuh Orang Tua dan Metode Pengasuhan dalam Membentuk Kepribadian Anak. ThufuLA J Inov Pendidik Guru Raudhatul Athfal. 2017 Oct 2;5(1):102–22.

Tabi’iin A. Peran Ibu Dalam Proses Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Al-Quran. J Pendidik Islam -Najah. 2018;2(2):1–27.

Singer E. Play and playfulness in early childhood education and care. Psychol Russ State Art. 2015;8(2):27–35.

Nuhla A, Handayani S, Formen A, Sugiyo Pranoto Y. Exploring Parents’ Experience in Guiding Their Children while Using Gadget at Home. In 2018.

Lestari NGAMY. PROGRAM PARENTING UNTUK MENUMBUHKAN KESADARAN PENTINGNYA KETERLIBATAN ORANG TUA DI PAUD. PRATAMA WIDYA J Pendidik ANAK USIA DINI. 2019 Aug 31;4(1):8–17.

Sonia G, Apsari NC. POLA ASUH YANG BERBEDA-BEDA DAN DAMPAKNYA TERHADAP PERKEMBANGAN KEPRIBADIAN ANAK. Pros Penelit Dan Pengabdi Kpd Masy. 2020 Jul 14;7(1):128–35.

Djaja M, Nirawaty N, Darnis S, Zakaria MR, Hayati L, Yuniarti SL. Seri Pendidikan Orang Tua : Pengasuhan Positif [Internet]. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga; 2016 [cited 2024 Mar 30]. Available from: https://repositori.kemdikbud.go.id/480/

Cabrera NJ, Karberg E, Malin JL, Aldoney D. The Magic of Play: Low-Income Mothers’ and Fathers’ Playfulness and Children’s Emotion Regulation and Vocabulary Skills. Infant Ment Health J. 2017;38(6):757–71.

Supriyanto S, Soerjoatmodjo GWL, Prasetio T. Gambaran Pengasuhan Anak pada Keluarga Urban yang Tinggal di Wilayah RPTRA Anggrek Bintaro, Jakarta Selatan. J Muara Ilmu Sos Hum Dan Seni. 2017 May 10;1(1):30.

UNICEF-Lego-Foundation-Learning-through-Play.pdf [Internet]. [cited 2024 Mar 29]. Available from: https://www.unicef.org/sites/default/files/2018-12/UNICEF-Lego-Foundation-Learning-through-Play.pdf

Rohmah N. BERMAIN DAN PEMANFAATANNYA DALAM PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI. Tarbawi J Pendidik Islam [Internet]. 2016 Jul 19 [cited 2024 Mar 30];13(2). Available from: https://ejournal.unisnu.ac.id/JPIT/article/view/590

Playful Parenting Activity Booklet_LightSkinDarkHair.pdf [Internet]. [cited 2024 Mar 30]. Available from: https://www.wvi.org/sites/default/files/2020-10/Playful%20Parenting%20Activity%20Booklet_LightSkinDarkHair.pdf

what-we-mean-by-playful-parenting-in-the-early-years.pdf [Internet]. [cited 2024 Mar 30]. Available from: https://reyn.eu/wp-content/uploads/2021/12/what-we-mean-by-playful-parenting-in-the-early-years.pdf

Ovitaliyandari D, Bahrun, Rosmiati. UPAYA IBU MUDA DALAM MERANGSANG PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI DI DESA SIMPANG ANTARA KECAMATAN WIH PESAM KABUPATEN BENER MERIAH. J Ilm Mhs Pendidik Anak Usia Dini [Internet]. 2019 [cited 2024 Mar 30];4(3). Available from: https://jim.usk.ac.id/paud/article/view/15246

Waluyo E, Formen A. Parents and Teachers‘ Voices of Quality. 2015;3(4).

Setyowati YD, Krisnatuti D, Hastuti D. PENGARUH KESIAPAN MENJADI ORANG TUA DAN POLA ASUH PSIKOSOSIAL TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK. J Ilmu Kel Dan Konsum. 2017 Aug 15;10(2):95–106.

pdf [Internet]. [cited 2024 Mar 30]. Available from: https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/bitstream/handle/11617/3994/02.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Mutmainnah M. LINGKUNGAN DAN PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI DILIHAT DARI PERSPEKTIF PSIKOLOGI. Gend Equal Int J Child Gend Stud. 2019 Nov 26;5(2):15–32.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i12.5269-5275

Refbacks

  • There are currently no refbacks.