INTERVENSI TEKNOLOGI TEPAT GUNA BERBASIS DIGITAL ECONOMY UNTUK PENGOPTIMALAN USAHA UMKM DODOL BENGKEL KOTA PERBAUNGAN KABUPATEN SERDANG BEDAGAI
Retna Astuti Kuswardani, Rahmad Syah, Sri Ariani Safitri
Abstract
Penggunaan teknologi telah menjadi salah satu strategi kunci dalam meningkatkan daya saing dan jangkauan pasar bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dodol Bengkel. Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk a) membantu UMKM dalam pengadaan peralatan proses pembuatan dodol dan melakukan differensiasi produk dodol dengan berbagai bentuk, warna dan rasa serta kemasan sehingga dapat menarik konsumen dan b) membantu UMKM dalam menerapkan digital marketing sehingga produk dodol pasar bengkel dapat dipasarkan secara online dan melakukan dokumentasi pembukuan secara digital. Pengabdian Kepada Masyarakat dilakukan dengan menggunakan metode forum group discussion dan melakukan pelatihan pada pemilik usaha UMKM Dodol Bengkel dan karyawan. Hasil dari pengabdian menunjukkan bahwa peserta pelatihan memahami penggunaan mesin pengaduk dodol, pembuatan produk dodol dengan variasi bentuk, rasa dan warna, pemahaman terkait design kemasan produk, pemasaran digital dan pembuatan laporan keuangan secara digital.
Keywords
Teknologi, Digital, UMKM, Dodol, Bengkel
References
Anonim. 2006. Formalin bukan Formalitas. CP Buletin Service No.73 Tahun VII Januari 2006. Jakarta.
BPS (2013). Data Statistik Kependudukan. Badan Pusat Statistik Kota Padangsidempuan.
Cahyadi, W. 2009. Analisis & Aspek Kesehatan Bahan Tambahan Pangan, Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara.
Eka, R. 2013. Rahasia Mengetahui Makanan Berbahaya. Jakarta: Titik Media Publisher.
Depdiknas. 2002. Sains. Jakarta: Pusat Kurikulum, BalitbangDepdiknas.
Putra, H. P dan Yebi, Y. 2010. Studi Pemanfaatan Sampah Plastik Menjadi Produk dan Jasa Kreatif. Jurnal Sains dan Teknologi Lingkungan. Vol. 2 No. 1.
Sukardi.2004. Metodologi Pengabdian Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
DOI:
http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i12.5435-5439
Refbacks
- There are currently no refbacks.