MENINGKATKAN EFISIENSI BIAYA DENGAN PENERAPAN VALUE CHAIN DAN DIGITAL MARKETING PADA USAHA CIMART
Abstract
Cimart merupakan kelompok usaha berjumlah 40 UMKM yang bergabung dalam sebuah grup kemudian menjual produk dan jasa lewat media sosial. Tahun 2019 hingga tahun 2022 Cimart menjadi toko online yang berkembang pesat ditengah kesulitan ekonomi global akibat dampak pandemi. Namun di akhir tahun 2022 Cimart mengalami kemunduran dan penurunan pendapatan, hal ini disebabkan adanya kebijakan pemerintah akan kondisi New Normal. Solusi dalam mengatasi permasalahan tersebut, Mitra diberikan pelatihan peningkatan efisiensi usaha dengan menggunakan metode value chain yang terdiri dari 5 tahapan utama yaitu logistik masuk, operasi, logistik keluar, pemasaran penjualan dan layanan, pelatihan mengelola aplikasi web sendiri serta penjualan online pada berbagai platform e commerce, sosialisasi mengenai pengelolaan manajemen SDM dan pelaporan keuangan yang baik. Melalui pendekatan ini, para mitra memiliki pemahaman yang lebih baik tentang strategi dalam menjalankan kembali usaha, serta mendorong pengembangan rencana baru untuk mengoptimalkan Value Chain, menjamin pertumbuhan berkelanjutan, dan meningkatkan pendapatan ekonomi Cimart.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agnihotri, R., Dingus, R., Hu, M. Y., & Krush, M. T. (2020). Social media: Influencing customer satisfaction in B2B sales. Industrial Marketing Management, 53, 172-180. https://doi.org/10.1016/j.indmarman.2015.09.003
Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2019). Digital Marketing: Strategy, Implementation and Practice (7th ed.). Pearson.
Databoks. (2022, June 3). https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/06/03/riset-milenial-paling-gemar-belanja-online-%20saat-pandemi. Tersedia di www.databoks.katadata.co.id
Elsa M., Mike KD., Mefia. Peningkatan Efisiensi Biaya Dengan Analisis Value Chain Pada Usaha Batik Tanah Liek Koto Baru, Kabupaten Solok, Sumatera Barat. JABB. (Internet) 2024 (Dikutip 30 Maret 2024); 4(2): 994-1002. Tersedia dari www.jabb.lppmbinabangsa.id doi. 10.46306/jabb.v4i2.432
Kontributor dari proyek Wikimedia. (2024, March 29). Ciomas, Bogor. Wikipedia Bahasa Indonesia, Ensiklopedia Bebas. https://id.wikipedia.org/wiki/Ciomas, Bogor. Tersedia di www.wikipedia.org
Liputan6.com. (2022, September 6). 21 Juta Konsumen Beralih ke Belanja Online Selama Pandemi Covid-19. liputan6.com. https://www.liputan6.com/bisnis/read/5062323/21-juta-konsumen-beralih-ke-belanja-online-%20selama-pandemi-covid-19?page=2. Tersedia di www.liputan6.com
Magretta, Joan. 2014. Understanding Michael Porter. Terjemahan Diana Kurnia 20 Setialie. Yogyakarta: Andi.
Porter, M. E. (1985). Competitive Advantage: Creating and Sustaining Superior Performance. Free Press.
Purnomo, D., & Yuliani, E. (2018). Faktor-faktor Penghambat Penggunaan E-Commerce oleh Usaha Kecil Menengah di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, 33(1), 45-56. https://doi.org/10.22146/jieb.v33i1.43972
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i12.5314-5321
Refbacks
- There are currently no refbacks.