PEMBERDAYAAN IRT USAHA KUE KERING FARAZ MELALUI MANAJEMEN USAHA DAN PEMASARAN BERBASIS DIGITAL UNTUK OPTIMALISASI PENJUALAN
Abstract
Pemberdayaan yang dilakukan pada industri rumah tangga Keripik Faraz bertujuan untuk optimalisasi penjualan melalui peningkatan manajemen usaha dan pemasaran berbasis digital. Tahapan dalam kegiatan meliputi analisis situasi dan permasalahan dari mitra, penyusunan rancangan kegiatan, koordinasi tim dan diskusi serta implementasi kegiatan pelatihan manajemen usaha dan pemasaran digital. Pendampingan setelah pelatihan dilakukan secara terstruktur sebagai penguatan manajemen usaha pada segi brand identity dan penerapan teknologi digital pada pemasaran produk sehingga dapat diaplikasikan secara mandiri. Capaian dari kegiatan ini meliputi penguatan brand identity, pengaplikasian teknologi digital dalam pemasaran, dan peningkatan kapasitas dari mitra dalam manajemen usaha dan pemasaran. Evaluasi program menunjukkan adanya sentimen positif dari anggota mitra terhadap implementasi, pelatihan dan pendampingan yang dilakukan yang terindikasi pengabdian dapat meningkatkan penjualan dan kesadaran pentingnya pengelolaan manajemen usaha dengan baik dan memasarkan produk secara digital. Capaian dari kegiatan ini berupa logo usaha baru, inovasi kemasan, website company profile, optimasi platform media digital, pengajuan paten desain, dan draf artikel ilmiah yang akan dipublikasikan. Selain itu, tidak hanya berhasil membantu pengaplikasian pemasaran digital, tetapi juga memperkuat kapasitas dari semua anggota mitra untuk melahirkan produk yang memiliki keunggulan bersaing.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asiyah S, Rahmadi KS. (2022). Digitalisasi Pemasaran Melalui Sosial Media Marketing pada Pelaku UMKM Guna Peningkatan Pendapatan. Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 3 No. 2.
Edison, E. D. (2023). Pengantar Manajemen: Pendekatan Manajemen Kontemporer. Jakarta: Media Sains Indonesia.
Edison, E. D. (2024). Studi Kelayakan Bisnis. Jakarta: Eureka Media Aksara.
Lutfiyani IQ, Hastadi AY, Wahyuningsih F, Wahyuni AT, Fauzi GF, Nurfaizah A, Mustofa, Rohimah T, Yanuar R. (2022). Pengembangan UMKM melalui Optimalisasi Branding dan Penggunaan Media Digital di Desa Sindangbarang Villange, Cilacap. Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat. Vo. 4 No. 1.
Ningsih, S.R., Edison, ED., Aisyah, H., Azizah, N., Tasnim. (2024). Digital Marketing untuk Penjualan Produk Kampung Akrilik Menggunakan Metode Cross Selling. Journal of Development Economics and Digitalization, Tourism Economics. Vol. 1 No. 3.
Rohmayanti, Rahmatian BY, Syahrian RA, Pitaloka DA, Yasmin S, Febriyani P. (2023). Pengembangan Digital Marketing dan Manajemen Keuangan bagi UMKM untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat. Jurnal Pengabdian Masyarakat UNMA. Vol. 8 No.1.
Saudah S, Adi DS, Triono MA, Suoanto F. (2021). Optimalisasi Usaha Kecil Menengah melalui Pelatihan Digital Marketing. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang. Vol. 6 No. 3.
Widyastuti U, Usman O, Monoarfa TA, Aditya S, Noviarni D, Berutu MB. (2022). Peningkatan Literasi Keuangan dan Pemasaran Digital Bagi UMKM di Jakarta Timur. Indonesian Collaboration Journal of Community Services. Vol. 2 No. 4.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i12.5203-5209
Refbacks
- There are currently no refbacks.