MENINGKATKAN KESIAPSIAGAAN BENCANA PADA ANAK USIA DINI MELALUI PEMBELAJARAN INTERAKTIF

Ellida Novita Lydia, Eka Mutia, Meilandy Purwandito

Abstract


Program literasi kesiapsiagaan bencana pada anak usia dini sangat penting, terutama di Indonesia, yang merupakan wilayah rawan bencana alam. Program Pembelajaran Interaktif Kesiapsiagaan Bencana (PIKB) diimplementasikan di TK Negeri Nurul A’la untuk meningkatkan pemahaman anak-anak tentang bencana dan mitigasinya. Kegiatan ini melibatkan senam gempa, permainan ular tangga siaga bencana, dan presentasi visual mengenai berbagai jenis bencana. Hasilnya menunjukkan peningkatan pengetahuan yang signifikan di kalangan siswa, dengan rata-rata peningkatan dari 41% menjadi 81% setelah kegiatan. Kegiatan fisik seperti senam gempa juga berhasil membantu siswa menginternalisasi tindakan perlindungan yang harus diambil saat terjadi bencana. Permainan ular tangga, yang menggabungkan konsep mitigasi bencana dalam bentuk permainan interaktif, berhasil menarik minat siswa dengan tingkat jawaban benar mencapai 98% terkait tindakan yang harus diambil dalam situasi gempa bumi. Partisipasi aktif siswa dalam program ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran interaktif efektif dalam meningkatkan kesiapsiagaan mereka. Program ini juga didukung oleh para guru yang menyatakan bahwa kegiatan ini membantu meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran kesiapsiagaan bencana.

 


Keywords


kesiapsiagaan bencana, anak usia dini, pembelajaran interaktif, senam gempa, mitigasi bencana

Full Text:

PDF

References


Anggarasari, N.H. & Dewi, R.S. 2019. Mitigasi Bencana pada Anak Usia Dini. 3, 1.

Atmojo, M.E. 2020. Pendidikan Dini Mitigasi Bencana. URL: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas.

Lasaiba, M.A. 2023. Implementasi Program Sekolah Siaga Bencana Dalam Meningkatkan Kesiapsiagaan dan Mitigasi Bencana Longsor. GERVASI : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7, 2, pp. 634–649.

Lilianti, L., Bian, Y., Jaya, A., Mokodompit, M., Juhadira, J. & Herlian, H. 2023. Transformasi Siaga Bencana: Membangun Safety Culture melalui Pendidikan Kebencanaan di Satuan PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7, 5, pp. 6215–6223. URL: https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5348.

Lukman, S., Sumarmi, Bachri, S., Utomo, D.H. & Triwahyuni, E. 2021. Relationship of knowledge and attitudes with disaster preparedness in high school students. Perspektivy Nauki i Obrazovania, 51, 3, pp. 261–272. URL: https://doi.org/10.32744/pse.2021.3.18.

Mustofa, M. & Handini, O. 2023. Implementasi Tanggap Wilayah dalam Mitigasi Bencana Gunung Api di Sekolah Dasar. International Journal of Community Service Learning, 7, 2, pp. 151–154. URL: https://doi.org/10.23887/ijcsl.v7i2.60106.

Nasrullah, Y., Akbar, Z. & Supena, A. 2021. Pengembangan Media Komik untuk Meningkatkan Pemahaman Kesiapsiagaan Bencana Banjir pada Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6, 2, pp. 832–843. URL: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1540.

Nurani, Y., Hapidin, H., Wulandari, C. & Sutihat, E. 2022. Pengenalan Mitigasi Bencana Banjir untuk Anak Usia Dini melalui Media Digital Video Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6, 6, pp. 5747–5756. URL: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2940.

Purnamawati, R.N., Afifah, St. & Ariswan, A. 2022. Student Perceptions of Volcanic Eruption Disaster Preparedness in Sleman. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8, 4, pp. 2013–2017. URL: https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i4.1267.

Rahiem, M.D.H., Husna, K., Syarif, U. & Jakarta, H. 2020. Buku Cerita Bergambar untuk Pembelajaran Mitigasi Bencana Gunung Meletus bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3, 2.

Safitri, R.W., Syarifah, M.N., Rhomadhoni, M.N., Studi, P., Keselamatan, D.-I. & Kerja, K. 2023. Sosialisasi Penerapan Sekolah Aman Bencana Pada Guru UPT SD Negeri 339 Gresik.

Suarmika, P.E. & Utama, G. 2017. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia Volum 2 Nomor 2 bulan. pp. 18–24.

Suciati, R.D., Mahardani, A.J. & Kristiana, D. 2022. Mitigasi Bencana untuk Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan pada Anak Usia Dini. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran (JDPP), 10, 2, pp. 124–129.

Tahmidaten, L., Krismanto, W., Pendidikan, K. & Ri, K. 2019. Implementasi Pendidikan Kebencanaan di Indonesia (Sebuah Studi Pustaka tentang Problematika dan Solusinya).

Ulya, S., Hapidin, H. & Akbar, Z. 2023. SIGANA Banjir: Game Edukasi Kesiapsiagaan Bencana Banjir Untuk Anak Usia 5-6 Tahun. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4, 2, pp. 151–164. URL: https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.311.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i12.5122-5132

Refbacks

  • There are currently no refbacks.