IDENTIFIKASI DAN EDUKASI LITERASI KESEHATAN MENTAL REMAJA DI DESA KLAMBIR LIMA KEBUN, DELISERDANG

Wardiyah Daulay, Mahnum Lailan Nasution

Abstract


Literasi  kesehatan  mental  merupakan  kemampuan  yang  dimiliki  seseorang  untuk  dapat mengakses, memahami, menilai dan menerapkan informasi kesehatan sehingga dapat membuat penilaian dan mengambil keputusan dalam kehidupan sehari-hari mengenai perawatan kesehatan, pencegahan dan promosi kesehatan untuk menjaga dan meningkatkan kualitas hidup. Adapun tujuan akhir yang ingin dicapai melalui pengabdian ini adalah teridentifikasinya literasi kesehatan mental remaja dan meningkatnya literasi remaja tentang masalah kesehatan mental. Metode yang digunakan pada kegiatan identifikasi literasi kesehatan mental remaja adalah pretest dengan metode quiz, yaitu memberikan lembar pertanyaan yang diisi oleh remaja. Kemudian untuk kegiatan edukasi dengan metode ceramah, diskusi dan brainstorming pada 60 remaja yang bersekolah di SMP Swasta PAB 9 Klambir Lima Kebun. Hasil pengabdian dapat dilihat bahwa literasi remaja mengenai konsep kesehatan mental masih kurang yaitu sebesar 43% remaja menjawab salah pertanyaan. Diharapkan edukasi tetap diberikan oleh pihak sekolah secara berkesinambungan untuk dapat memantau status kesehatan mental remaja. Dan petugas kesehatan dapat bekerjasama dengan pihak sekolah dalam pengembangan program kesehatan mental remaja

Keywords


Literasi, kesehatan mental, remaja

Full Text:

PDF

References


Altweck, L., Marshall, T. C., Ferenczi, N., & Lefringhausen, K. (2015). Mental health literacy: a cross-cultural approach to knowledge and beliefs about depression, schizophrenia and generalized anxiety disorder. Frontiers in Psychology. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2015.01272

Faridasari, I. (2020). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Tingkat Pengetahuan Remaja Tentang HIV/AIDS. Jurnal Kesehatan. https://doi.org/10.38165/jk.v10i2.17

Furnham, A., Annis, J., & Cleridou, K. (2014). Gender differences in the mental health literacy of young people. International Journal of Adolescent Medicine and Health. https://doi.org/10.1515/ijamh-2013-0301

Hayati, M., & Supriyadi, E. (2022). Pembelajaran Literasi Dan Numerasi Di Smp Islam Nurul Yaqin Dalam Pembelajaran Seni Budaya. Papanda Journal of Mathematics and Science Research. https://doi.org/10.56916/pjmsr.v1i1.162

Kieling, C., Salum, G. A., Pan, P. M., & Bressan, R. A. (2022). Youth mental health services: the right time for a global reach. In World Psychiatry. https://doi.org/10.1002/wps.20.

Notoatmojo. (2014). Pengukuran Pengetahuan & Sikap. Applied Microbiology and Biotechnology.

Putri, D. D. M. (2018). Disfungsi Keluarga Pada Remaja Korban Penyalahgunaan Narkoba di Badan Narkotika Nasional Provinsi Kalimantan Timur. EJournal Sosiatri/Sosiologi.

Santrock, J. W. (2019). Life-Span Development, Seventeenth Edition. In Life-span development, 7th ed.

Siregar, K. Z. B., Wahyuni, E., & Marjo, H. K. (2024). Literature Review: Intervensi untuk Meningkatkan Literasi Kesehatan Mental. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 8(3), 1706-1715.

Widyasari, D. C., & Yuniardi, M. S. (2019). The Prevalence of Psychological Distress among Adolescents: An Initial Study of Adolescents’ Mental Health in Malang, Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i10.4128-4133

Refbacks

  • There are currently no refbacks.