STRATEGI PENINGKATAN CAPACITY PRODUCTION DAN DIGITAL MARKETING UMKM RINJANI SNACKS MELALUI PENERAPAN TEKNOLOGI TEPAT GUNA

Sri Andaiyani, Dessy Yunita, Hamira Hamira

Abstract


Perekonomian indonesia saat ini tentunya terus menerus berkembang di era digital ini. Sektor industri pengolahan terutama subsektor industri makanan dan minuman terus menerus dikembangkan karena mampu mendayagunakan penduduk usia produktif. Mitra UMKM Rinjani Snack yang bertempat di kota Palembang, merupakan sasaran mitra yang menjadi perhatian khusus dalam pengembangannya di aspek produksi, manajemen usaha, dan juga literasi keuangan. Mitra rinjani snack memiliki potensi yang baik untuk dikembangkan melalui metode yang dilakukan baik dari sosialisasi, pelatihan, penggunaan teknologi tepat guna, dan juga evaluasi. Hasil dari pengabdian PKM ini ialah bahwa mitra telah mampu untuk memasarkan produknya lebih jauh dan lebih luas lagi melalui media sosial dan e-commerce. Serta mitra mampu melakukan peningkatan kapasitas produksi dalam jumlah yang lebih besar dengan menggunakan teknologi tepat guna yang diberikan. 


Keywords


Kapasitas Produksi, Pemasaran digital, Teknologi Tepat Guna, UMKM

Full Text:

PDF

References


Amalia, S., Hanapia, A. Y., Kadarisman, E., & Sukarso, A. (2023). ANALISIS PENGARUH SEKTOR INDUSTRI PANGAN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA TAHUN 2001-2022.

Andaiyani, S., Adnan, N., Yunisvita, Y., & Riswan, M. (2022). Does financial inclusion reduce income inequality in South Sumatra, Indonesia? Journal of Enterprise and Development (JED), 4(1).

Andaiyani, S., Yunisvita, Y., & Hidayat, A. (2022). Peningkatan Manajemen Usaha Industri Kue Kering Melalui Hampers Pack Di Desa Kota Daro. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 6(1), 258–265. https://doi.org/10.29407/ja.v6i1.16106

BPS. (2024). Sumatera Selatan dalam Angka 2024. 2024 DALAM ANGKA, 42, 2024.

Effendi, R. (2023). SOSIALISASI PEMANFAATAN TEKNOLOGI TEPAT GUNA BAGI USAHA INDUSTRI SEKALA RUMAH TANGGA. Communnity Development Journal, 4(4).

Eliza Noviriani, Lailatul Mukaromah, Ee Zurmansyah, & Munandar. (2023). Studi Literatur Industrialisasi Dalam Perekonomian Indonesia. Jurnal Ekuilnomi, 5(1). https://doi.org/10.36985/ekuilnomi.v5i1.587

Hamirah, H. (2020). The Influence of Labor and Investment in Small Scale Industry to the GDRP in South Sumatra Province.

Mubarokah, S., Widhiyanta, N., Usniyah Sari, M., Safik Ritonga, A., Dewi, S., Muhandhis, I., Atmojo, S., Harist Murdani, M., Studi Teknik Mesin Universitas Wijaya Putra, P., Raya Benowo No, J., & Timur, J. (2023). PEMANFAATAN MESIN TEKNOLOGI TEPAT GUNA UNTUK MENINGKATKAN PRODUKSI UMKM KUE KEMBANG GOYANG DI DAERAH SIDOARJO (Vol. 02, Issue 01).

Muthia, F., Dewi, N., Saputri, M., Andaiyani, S., & Novriansa, A. (2022). Can Risk Tolerance Moderate Financial Literacy and Internet Banking Behavior During Covid-19. Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 26, 2443–2687. https://doi.org/10.26905/jkdp.v2i2.6814

Novalia, N., Maulana, A., Kurniawan, M., & Arriyanto, M. N. (2023). Kinerja Industri Kecil Pengolahan Kopi Di Kota Palembang. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Ekonomika/index

Nurendah, Y., Mekaniwati, A., & Husaeni, F. (2023). Pelatihan Digital Marketing Dalam Mendukung Bauran Promosi UMKM Kota Bogor. https://doi.org/10.37641/jadkes.v4i1.1643

Pitaloka, C. P., Jumiati, A., & Wibisono, S. (2020). Analisis Keterkaitan dan Multiplier Efek Sektor Industri Pengolahan Terhadap Perekonomian Nasional. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEK

Silajadja, M., Magdalena, P., Nugrahanti, T. P., Ekonomi, F., & Bisnis, D. (2023). Pemanfaatan Media Sosial (Digital Marketing) untuk Pemasaran Produk UMKM Utilization of Social Media (Digital Marketing) for MSME Product Marketing. Jurnal Pengabdian Masyarakat Global, 2(2).

Sonhaji Arif, K., Febrianti, D., Arif, S., Nur Fitriyah, R., Purwanti, L., Nur Indah Sari, V., & Al Akhyar, Z. (2023). Nusantara Community Empowerment Review Rebranding UMKM Desa Watugolong: Meningkatkan Brand Awareness dari UMKM Keripik Gadung. NCER, 1(1), 1–6. https://journal.unusida.ac.id/index.php/ncer/

Syafi’i, A., Shobichah, S., & Mulyani, M. (2023). PENGARUH DIVERSIFIKASI PRODUK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KEUNGGULAN BERSAING: STUDI KASUS PADA INDUSTRI MAKANAN DAN MINUMAN. Jurnal Impresi Indonesia, 2(6), 592–599. https://doi.org/10.58344/jii.v2i6.3140

Yunita, D. (2020). The Effect of Social Media Users Behavior on Customer Engagement.

Zunaidi, A. (2024). METODOLOGI PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Pendekatan Praktis untuk Memberdayakan Komunitas.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i12.5133-5140

Refbacks

  • There are currently no refbacks.